Pernah kah Anda mendengar istilah mata panda? Bukan mata yang dimiliki oleh seekor panda, tapi istilah ini biasanya merujuk pada kondisi seseorang yang memiliki lingkar hitam disekitar lingkar matanya. Lingkar mata ini bisa saja terjadi pada wanita dan pria. Kebanyakan mereka mengeluhkan kehadiran lingkar hitam ini. Hal ini dikarenakan lingkar hitam di mata bisa sangat mengganggu penampilan seseorang. Bagaimana tidak,  lingkar hitam akan membuat wajah Anda menjadi kusam dan bagian mata Anda terlihat lebih gelap dari warna kulit lainya. Sebagian orang percaya bahwa lingkar mata berkaitan erat dengan hobi begadang. Benarkah itu? Anda penasaran? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Katung mata berwarna hitam di sekitar mata sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan kantung mata bisa membuat seseorang menjadi terlihat lebih kusam dan lebih tua dibanding dengan umur yang sebenarnya. Ternyata kantung mata ini adalah sebuah pertanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan cairan.Selain itu kantung mata juga bisa menjadi sebuah pertanda bahwa Anda tidak punya waktu yang cukup untuk tidur. Adapun faktor-faktor lain seperti faktor keturunan atau bawaan dari lahir serta faktor banyak fikiran atau stress.

Baca Juga:

Untuk mengatasi kantung mata sebaiknya hindari makanan-makanan atau minuman yang banyak mengandung kafein. Hal ini dikarenakan minuman yang mengandung kafein memperlambat tubuh untuk menyerap cairan dari makanan. Kafein juga mampu membuat badan menjadi dehidrasi. Itulah mengapa saat Anda mengkonsumsi banyak kafein biasanya kulit akan lebih kusam ketimbang dengan mereka yang tidak. Selain kafein, hindarilah minuman bersoda. Hal ini memicu kulit disekitar mata untuk lebih menghitam.

Anda tidak perlu khawatir memikirkan bagaimana cara mengatasi lingkar hitam di mata. Karena sekarang sudah banyak solusi yang menawarkan untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

1.  Mentimun

Mentimun dipercaya dapat mengobati masalah lingkar hitam yang ada disekitar mata. Hal ini dikarenakan mentimun memiliki kandungan astrigent yang mampu melancarkan peredara darah serta membantu mencerahkan kulit yang kusam. Caranya adalah iris tipit-tipi mentimun lalu diamkan pada sekitar lingkar mata yang hitam. Tunggu sampai layu sekitar 30-40 menit. Lakukan setiap hari.

2.  Es batu

Untuk mengatasi lingkar mata yang hitam, gunakan es batu pada malam hari. Caranya adalah siapkan es batu dan balut dengan kapas atau sapu tangan. Lalu kompres area mata dengan es batu.

3.  Kentang

Gunakan masker kentang dengan cara mengiris tipis-tipis kentang. Lalu tempelkan pada area mata. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Kentang memiliki kandungan asam sitrat dan asam fosfat yang dapat mengurangi bintik-bintik serta inflamasi. Selamat mencoba sempga bermanfaat!

Loading...

Loading...