Jerawat Batu? Pernahkah Anda mendengar istilah itu? Seram juga ya. Jerawat batu adalah istilah yang populer yang sebenarnya adalah merupaka jerawat kista. Jerawat kista atau jerawat batu adalah jerawat yang memiliki ciri-ciri berwarna merah meradang dan ditengahnya ada nanah perwarna putih. Jerawat ini merupakan jerawat yang dikategorisasikan sebagai jerawat dalam tingkat yang cukup parah karena muncul peradangan dan nanah. (Artikel menarik lainnya: Cara menghilangkan jerawat)

Pada jerawat ini, bakteri dan kuman yang berkembang biak sehingga jerawat mengalami peradangan, sementara warna putih di puncah jerawat adalah sel darah putih yang bekerja melawan bakteri serta infeksi. Jika Anda mengalami jerawat seperti ini sebaiknya jangan di pijit atau dimainkan dengan kuku dan jari karena jerawat mudah pecah dan nanah mudah keluar. Biarkanlah nanah keluar dengan sendirinya. Jika di paksa maka pori-pori akan terbuka. Maka bukan sembuh yang Anda dapatkan tapi jerawat mungkin saja terangsang untuk tumbuh lagi. Nah jika Anda mengalami ini tutup jerawat dengan bahan-bahan yang mampi membunuh bakteri.

Baca Juga:

Mengamati penjelasan diatas, rasanya jerawat batu itu sangat mengganggu ya. Maka sebaiknya Anda mulai menjaga kebersihan kulit wajah Anda. Jerawat batu adalah komedo yang membusuk dan lama tidak diobati. Biasanya terjadi saat Anda malas mencuci wajah setelah melakukan aktifitas diluar ruangan. Jadi polusi menempel di wajah Anda di tambah dengan paparan sinar matahari. Sehingga minyak, polusi, dan bakteri berkumpul di pori-pori kulit dan mengalami penyumbatan. Maka kami sarankan untuk sering mencuci wajah Anda minimal 2 kali sehari. Boleh menggunakan sabun atau milk cleanser. Jika Anda berkeringat dan wajah Anda berminyak, hapuslah dengan tissu kering atau basah untuk menghidari jerawat.

Selain itu, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat batu dengan bahan-bahan alami. Jadi Anda tidak perlu pergi jauh-jauh karena tips ini lebih praktis, ekonomis dan juga jitu. Pertama, gunakanlah masker madu dan telur. Madu dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang mampu meredakan peradangan dan menobati infeksi. Sementara putih telur mampu mengencangkan kulit, menjaga kelembaban kulit serta mengecilkan pori-pori. Maka kedua campuran antara madu dan putih telur di percaya ampuh untuk mengatasi jerawat batu. Caranya putih telur di pisahkan lalu diberikan 3-5 tetes madu lalu dikocok dan aplikasikan ke wajah. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kedua, masker kunyit dan jeruk nipis. Khasiatnya adalah mampu mengurangi peradangan dan infeksi pada kulit. Caranya adalah ambil kunyit sebesar telunjuk lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu peras jeruk nipis lalu airnya masukan dengan kunyit yang sudah bubu. Campur hingga merata lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 20 menit atau tunggu samapai kering. Setelah itu bilas bersihkan. Niscaya jerawat batu Anda akan kempes dan peradangan akan mereda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Loading...

Loading...