Meski bukan budaya yang dikenal sejak dulu, namun masyarakat Indonesia cukup kenal dengan tradisi ngeteh. Momen ngeteh umumnya banyak dinikmati pada saat pagi hari, bertemankan udara pagi yang dingin menyeruput secangkir teh akan membantu menghangatkan tubuh yang kedinginan.

Selain bermanfaat memberikan energi pada saat pagi hari, siapa menyangka bila teh adalah salah satu peredam insomnia yang tak banyak dikenali. Membiasakan minum teh sebelum tidur akan membantu anda tidur lebih nyenyak saat malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam teh akan membuat anda merasa lebih tenang dan nyaman. Akibatnya, tidak ada alasan bagi tubuh anda tetap melek saat malam hari.

Baca Juga:

Nah, sebelum mengetahui jenis teh apa saja yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Di bawah ini mari kita simak terlebih dahulu manfaat teh untuk tidur yang lebih nyenyak. Apa sajakah khasiat yang bisa diraih? Simak langsung informasinya di bawah ini.

teh-bantu-para-insomnia.jpg

Manfaat Teh Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Insomnia adalah keadaan dimana seseorang kesulitan tidur pada saat malam hari. Waktu malam yang seharusnya menjadi waktu tenang untuk seseorang bisa mendapatkan tidur yang nyenyak tidak dialami oleh penderita insomnia. Karena beberapa alasan penderita insomnia akan kesulitan tidur. Sementara rasa kantuk baru akan datang menjelang subuh atau pagi hari. Pola tidur seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu, terutama anda yang punya aktivitas sibuk di pagi hari seperti hari pergi bekerja, ke kantor atau melakukan kegiatan lainnya.

Rasa kantuk yang menyertai pagi hari anda sebab anda tidak bisa tidur di malam hari akan sangat menyiksa. Hal ini biasanya akan dapat mempengaruhi mood anda, anda pun akan cenderung menjadi kurang produktif ketika mengalami kurang tidur di malam hari. Belum lagi, ada banyak risiko yang bisa didapatkan dari kurang tidur, salah satunya adalah kegemukan.

Namun tenang, untuk bisa mensiasati waktu tidur anda di malam hari teh bisa membantu anda untuk tidur lebih nyenyak dan nyaman. Konsumsi teh apabila memperhatikan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya akan memberikan anda rasa kantuk sehingga membantu anda tidur dengan normal pada saat hari sudah mulai gelap. Penting sekali memperhatikan waktu konsumsi teh, hal yang harus diingat adalah teh juga memiliki kandungan kafein seperti yang ditemukan pada kopi, hanya saja kadarnya lebih sedikit.

Kafein adalah zat yang bisa meningkatkan kewaspadaan. Dimana senyawa ini memiliki efek yang berbanding terbalik dengan theanine. Theanine adalah sejenis asam amino yang akan membantu tubuh meningkatkan kualitas tidurnya dengan lebih baik.

Nah, agar minum teh tidak mengganggu waktu tidur anda, maka sebaiknya anda mengkonsumsinya tidak tepat sebelum tidur. Melainkan konsumsi terhadap minuman ini bisa dilakukan pada saat sore hari atau setidaknya 2 jam sebelum anda bergegas ke kasur. Tak hanya waktunya, porsi teh yang anda konsumsi pun perlu diperhatikan dengan baik. Cukup konsumsi segelas teh hangat untuk membantu anda merasa lebih nyaman.

Selain itu, untuk mengimbangi konsumsi minum teh dan membantu anda merasa lebih nyaman tidur di malam hari, anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat. Penggunaan air hangat akan membantu anda merasa lebih nyaman sehingga tidur pun akan terasa jauh lebih nyenyak.

Nah, itulah dia manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi teh sebelum tidur. Sementara itu, anda pun perlu tahu apa saja jenis teh yang baik dan direkomendasikan untuk membantu anda merasa lebih nyaman di malam hari.

Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi Untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Teh Hijau

Jenis teh pertama yang akan dapat anda konsumsi sebelum tidur adalah teh hijau. Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal Nutrients, menjelaskan bahwa salah satu kandungan pada teh hijau yakni theanine akan dapat membantu anda merasa nyaman di malam hari. Hal ini dikarenakan theanine yang ada di dalamnya akan membantu menurunkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh.

Penting diketahui bahwa kadar hormon kortisol dalam jumlah tinggi yang ada dalam tubuh punya indikasi bahwa anda sedang mengalami stres. Ketika hal ini terjadi maka otak anda akan cenderung menjadi lebih aktif akibatnya anda akan semakin sulit tidur di malam hari. Orang yang stres memang pada dasarnya punya banyak beban dalam pikirannya sehingga jangankan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, tingkah laku mereka sajapun biasanya sangat was-was.

Nah, agar kadar hormon kortisol di dalam tubuh menjadi turun maka perlu dilakukan stimulasi pada bagian otak sehingga membuatnya menjadi lebih rileks dan santai. Perasaan tenang inilah yang kemudian akan membantu anda tidur lebih nyenyak dan nyaman pada saat malam hari.

Dalam teh hijau inilah terdapat kandungan yang amat sangat baik dalam menurunkan kadar hormon kortisol yang ada di dalam tubuh. Jadi konsumsi secangkir teh hijau hangat tanpa tambahan apapun sebelum tidur akan membantu anda menghindari gangguan tidur atau insomnia yang seringkali anda hadapi.

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa porsinya cukup satu cangkir saja. Karena disamping kandungannya yang baik untuk kesehatan, bagaimanapun teh ini pun memiliki kandungan kafein yang apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa membuat anda malah semakin sulit tidur.

Chamomile

Anda mungkin sudah sering mendengar nama teh Chamomile namun belum terlalu jelas sebenarnya seperti apa itu tanaman dari teh yang satu ini. Teh Chamomile adalah teh yang terbuat dari tanaman yang dinamakan dengan asteraceae. Teh ini diambil dari bunga tanaman asteracea yang dikeringkan kemudian nantinya seperti kebanyakan teh diseduh dengan menggunakan air hangat. Sudah sejak lama, tanaman chamomile dikenal sebagai salah satu obat penenang yang ringan.

Tak heran bila bahan ini banyak digunakan sebagai perawatan untuk mengurangi rasa gelisah, kecemasan, peradangan atau bahkan insomnia sekalipun. Salah satu kandungan yang paling banyak ditemukan pada teh chamomile adalah apigenin dan juga antioksidan yang begitu berlimpah. Di dalam tubuh, antioksidan akan baik untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang juga penyebab kanker.

Sementara apigenin menurut sebuah studi berikatan dengan reseptor di otak sehingga berfungsi untuk mengurangi kecemasan yang akan membuat seseorang menjadi lebih tenang. Anda yang punya gangguan tidur di malam hari cobalah menenggak teh chamomile sebelum tidur. Membiasakan gaya hidup sehat ini akan bermanfaat baik untuk menghilangkan gangguan tidur di malam hari. Sehingga pada saat pagi hari anda akan merasa lebih bugar sebab jam biologis anda di malam hari terpenuhi dengan baik.

Lavender

Jenis teh selanjutnya yang akan dapat anda manfaatkan khasiatnya untuk mengurangi gangguan tidur pada saat malam hari adalah dengan konsumsi teh lavender. Pada dasarnya, teh lavender punya khasiat yang sangat mirip dengan teh chamomile yakni kedua bahan teh ini sama-sama punya sifat aromaterapi yang menenangkan.

Ya, sebenarnya ada banyak faktor yang membuat seseorang mengalami gangguan tidur pada saat malam hari. Insomnia adalah bentuk kesulitan tidurnya, sementara untuk penyebabnya sendiri bisa beragam, salah satu yang paling umum adalah kecemasan yang membendungi benak dan pikiran seseorang sehingga ia merasa berat untuk bisa berpikir tenang dan beristirahat pada waktunya tidur.

Di zaman Yunani kuno banyak orang memanfaatkan lavender untuk dimasukkan ke dalam bak mandi mereka. Tujuannya adalah aroma yang dihasilkan lavender memang mampu memberikan perasaan nyaman dan membuat siapa saja tenang ketika berusaha beristirahat dan berfokus pada aroma yang dihasilkan oleh bunga dengan warna ungu khas ini.

Lantas siapa mengira bahwa selain dinikmati sebagai produk kecantikan, saat ini ada banyak produk lavender dalam bentuk teh yang juga bisa dinikmati untuk memberikan anda rasa tenang dan nyaman. Selain menenangkan pikiran, konsumsi terhadap teh lavender pun punya manfaat untuk menenangkan bagian otot dan juga syaraf anda.

Lemon Balm

Lemon balm dikenal pula dengan sebutan melissa, ini adalah jenis tanaman mint dengan aroma yang khas. Bagian daun dari tanaman melissa biasanya diekstrak untuk dijadikan sebagai aromaterapi. Tak hanya itu, ekstrak dari daun melissa pun dapat dimanfaatkan untuk dijadikan teh dan dikonsumsi dengan cara diseduh. Sifat aromaterapi yang ada di dalamnya lagi-lagi menjadi bahan yang ampuh untuk melawan insomnia.

Meski sekilas mirip dengan daun mint, namun tidak terlalu sulit membedakan lemon balm dengan daun mint. Tanaman ini punya ciri khas daun yang berbentuk bulat hati apabila dihancurkan akan tercium bau lemon. Aroma yang khas ini cukup lembut sehingga mampu membuat siapa saja yang menghirupnya dibuat tenang dengan aroma yang satu ini.

Tak hanya bermanfaat memerangi insomnia, lemon balm pun punya manfaat untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri. Hal ini dikarenakan di dalamnya terkandung sifat anti-inflamasi sehingga tanaman ini akan dapat membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan rasa nyeri.

Tak hanya itu, lebih jauhnya lagi manfaat yang bisa didapatkan dari lemon balm adalah bahan ini mampu mencegah penyakit ganas seperti kanker. Hal ini dikarenakan di dalam lemon balm terkandung efek sitotoksik pada sel kanker payudara bahkan konsentrasinya cukup rendah. Studi lain menemukan bahwa menghirup minyak esensial dari lemon balm akan dapat menghambat beberapa faktor penyebab proliferasi sel kanker hati yang menyeramkan.

Teh Kayu Manis

Rempah memasak yang selama ini kita jumpai di dapur ini siapa sangka bisa menjadi salah satu jenis teh yang ampuh untuk menjaga kesehatan anda dan menghindarkan masalah gangguan tidur yang seringkali menimpa banyak orang. Aroma kayumanis yang begitu khas dan nyaman memberikan siapa saja yang menghirupnya menjadi tenang. Nah, anda dapat memanfaatkan bahan ini untuk membantu anda tidur lebih nyenyak pada saat malam hari.

Cara penggunaannya cukup mudah dan sederhana. Kayumanis yang sudah dijemur dan dikeringkan tinggal direbus dalam sebuah panci dengan sejumlah air. Setelah mendidih kemudian anda bisa menuangkannya dalam cangkir untuk kemudian jadikan konsumsi teh harian anda sebelum menjelang tidur.

Tak hanya bermanfaat untuk memerangi insomnia yang menjengkelkan. Kayumanis rupanya punya banyak manfaat untuk kesehatan yang lebih banyak. Diantaranya adalah mengontrol kadar gula di dalam darah. Hal ini dikarenakan kayumanis punya kandungan antioksidan yang dapat membantu mengontrol tingkat gula yang ada di dalam darah.

Tak hanya itu, kayu manis apabila dikonsumsi secara rutin akan pula membantu melancarkanproses pencernaan terutama setelah makan. Pada pasien diabetes, manfaat kayumanis akan dapat memperbaiki respon insulin, terutama pada pasien dengan riwayat diabetes tipe 2. Mencengangkannya lagi, dalam 1 gram kayu manis saja diketahui mampu menurunkan tingkat gula di dalam darah, menurunkan kolestrol yang buruk dan trigliserida penyebab jantung.

Teh Pisang

Mendengar namanya saja anda mungkin mengerenyitkan dahi, bagaimana bisa pisang dibuat menjadi teh? Bukankah daging buah pisang itu lembek dan mudah hancur? Tenang dulu, penggunaan teh pisang yang digunakan kali ini bukanlah berasal dari daging buah pisangnya. Melainkan kulit pisang yang dikeringkan kemudian diekstrak dan ekstrak inilah yang nantinya akan dijadikan teh untuk diseduh dan dinikmati.

Konsumsi terhadap teh pisang punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Terutama anda yang mengalami insomnia atau gangguan tidur di malam hari. Kulit pisang memiliki kandungan yang kaya akan potasium dan juga magnesium. Adapun kandungan yang mampu meningkatkan kualitas tidur adalah magnesium. Konsumsi terhadap teh ini akan membantu tubuh anda menjadi lebih rileks termasuk juga otot-otot yang ada dalam tubuh anda.

Bahkan menurut sebuah studi menjelaskan bahwa manfaat dari teh pisang akan baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Hal ini dikarenakan buah pisang yang punya rasa manis yang ringan membuatnya menjadi panganan yang juga aman meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Selain itu, pisang pun mengandung beberapa nutrisi yang larut di dalam air. Sehingga mengkonsumsi teh pisang sangat dianjurkan untuk dinikmati sebelum anda tidur untuk membantu anda istirahat dengan lebih nyenyak di malam hari.

Lebih jauhnya lagi, manfaat dari konsumsi teh pisang adalah untuk daya tahan tubuh. Kandungan vitamin B6 di dalam teh pisang berperan dalam perkembangan sel darah merah dan diwaktu yang bersamaan bahan ini pun akan dapat meningkatkan kekebalan di dalam tubuh.

Untuk anda yang sedang dalam proses penurunan berat badan, konsumsi teh pisang akan menjadi menu yang wajib dikonsumsi. Apalagi sering terjaga hingga larut malam biasanya membuat risiko kegendutan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan pada saat anda sering terjaga sampai malam, rasa lapar seringkali menyerang. Konsumsi banyak makanan saat menjelang tidur membuat risiko kegendutan berlipat ganda lebih besar.

Itulah mengapa penting sekali memperhatikan pola makan dan kebiasaan ngemil di malam hari. Nah, dengan konsumsi teh pisang bahan ini akan baik untuk membantu menurunkan berat badan anda. Selain itu, karena buah pisang punya rasa manis yang alami rasa dari teh pisang tidak akan terlalu buruk.

Loading...

Loading...