Beberapa Rahasia yang Perlu Diceritakan dalam Sebuah Perkawinan Agar Tercipta Keharmonisan

Pernikahan adalah sebuah penyatuan antara dua insan yang berbeda dalam satu ikatan hubungan pernikahan. Menyatukan atau menjalin hubungan pernikahan yang harmonis dengan penuh kekompakan dan seusuai dengan yang didambakan, nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Berbeda sewaktu masih berpacaran, gejolak cinta dan asmara yang anda rasakan bersama dengan pasangan mungkin terasa begitu bergejolak dan senantiasa bersemi, sehingga anda mungkin mengira jika kekurangan yang ada pada pasangan bisa dengan mudah anda terima dan anda sanggupi apapun kekurangannya. Namun seiring berjalannya waktu dan semakin bertambahnya usia pernikahan, perlahan namun pasti gejolak cinta yang anda rasakan akan semakin memudar seiring dengan kekurangan pasangan yang mulai nampak dan seolah mendominasi hubungan pernikahan yang anda jalani. Apalagi, tuntutan hidup dan keuangan membuat anda harus mementingkan dan lebih berfokus pada bagaimana mendapatkan penghidupan yang layak dan memiliki masa depan yang lebih baik.

Sebelum mengarungi bahtera rumah tangga dan menyetujui janji suci pada pernikahan, anda mungkin sudah paham akan adanya banyak perbedaan yang anda rasakan bersama dengan pasangan yang pernah anda alami dan anda ketahui. Masing-masing dari anda mungkin memiliki masa lalu yang dijalani sebelum keduanya bertemu dan terikat dalam sebuah hubungan yang saling mencintai. Kejujuran dalam berumah tangga tentunya patut diceritakan dan diungkapkan. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing pasangan bisa saling terbuka dan tidak mencoba menutup-nutupi sebagian urusannya yang pada akhirnya akan berujung pada ketidakpercayaan dan perseilisihan yang akan membuat hubungan berumah tangga menjadi kacau dan berantakan.

Lantas, hal apa sajakah yang perlu diceritakan dan dicurahkan pada pasangan, agar masing-masing invidunya bisa saling terbuka dan saling memahami satu sama lain. Rahasia-rahasia tersebut tentunya mencakup masa lalu, masa saat ini dan masa yang akan datang.

Beberapa Rahasia yang Perlu Diceritakan dalam Sebuah Perkawinan Agar Tercipta Keharmonisan

1. Bercerita Tentang Masa Lalu

Setiap orang tentu memiliki cerita masa lalu dan mungkin sebagian besarnya seringkali memiliki banyak alasan untuk menutupinya, entah karena malu mengungkapkan atau mungkin mereka menganggap jika hal tersebut tidak perlu diceritakan. Namun disadari atau tidak, ketika kita sudah berumah tangga, menutupi masalah pribadi sekalipun itu adalah masa lalu. Hal ini akan mengakibatkan banyak mempengaruhi keharmonisan hubungan yang kini dijalani dengan pasangan. Ada begitu banyak konsekuensi yang harus dijalani meskipun didalammnya terapat banyak kekecewaan dan sakit hati. Hal inilah yang menunjukan jika sebuah perkawinana tidak selalu mengalami hal-hal yang indah namun juga harus mengalami berbagai rintangan yang meliputi ketidakjujuran, kesabaran, pengorbanan dan pengkhianatan yang tentunya beberapa hal itu bisa sangat menyakitkan.

Untuk itulah, jangan pernah merasa canggung untuk mengungkapkan rahasia masa lalu ana kepaa kekasih karena hal ini akan sangat mempengaruhi perjalanan perkawinan anda. Tak sedikit orang yang merasa malu dan merasa canggung untuk mengungkapkan sisi buruk masa lalunya sewaktu dirinya masih lajang atau pun saat ia menjalani perkawaniann keduanya. Mereka memilih memendam dan menutup rapat rahasia-rahasia yang mereka miliki. Namun sebenarnya, mengungkapakan rahasia dan kebenaran masa lalu perlu sekali dilakukan untuk lebih mengetahui dan mengenali latar belakang pasangan, diterima atau tidaknya, hal ini tentunya akan bergantung pada masing-masing individu pasangan. Semakin pasangan anda mengenal masa lalu anda, maka rasa cintanya kepada anda akan semakin besar, meskipun rahasia yang anda ungkapkan terlalu berat untuknya.

2. Bercerita Mengenai Masa Sekarang

Jangan pernah menyembunyikan rahasia besar maupun rahasia yang kecil dalam sebuah hubungan pernikahan yang anda jalani saat ini bersama dengan pasangan. Kejujuran adalah fondasi utama agar sebuah hubungan perkawinan dapat tercipta dan terjaga dengan baik. Setiap pasangan tentunya ingin menjadi orang yang paling dipercaya oleh pasangannya. Jika anda masih menyembunyikan rahasia-rahasia dari pasangan anda, itu artinya anda tidak cukup mempercayai pasangan anda. Dan jika pasangan mengatahui hal ini maka mereka akan sangat tersakiti dan merasa tidak dipercayai.

Mungkin anda sudah banyak mendengar atau melihat kejadian miris dalam perkawinan yakni kekerasan dalam berumah tangga. Hal ini juga merupakan dampak dari ketidakjujuran dalam berumah tangga. Emosi pasangan akan mungkin tersulut, sewaktu anda masih menyimpan rahasia-rahasia yang mana harusnya anda bisa terbuka dengan pasangan. Pernikahan adalah hubungan antara dua insan, jika anda masih melibatkan orang lain atau cinta masa lalu anda, maka sebaiknya lupakan semuanya dan mulailah mencintai dan pahami pasangan anda.

3. Usahakan Untuk Bersikap Jujur dan Tidak Menutupi Segala Hal di Masa yang Akan Datang

Menutupi sesuatu atau menyimpan sebuah rahasia dalam hubungan berumah tangga tentu bukan hal yang bijak dilakukan. Pada masa kni, sudah diterapkan sebuah hal yang menjadi aturan dalam perbedaan tanggung jawab yang diterapkan sebagai kebijakan sang suami kepaa istrinya. Namun pada praktiknya, hal ini masih saja mengalami kekeliruan. Contoh, ketika sang suami bekerja disebuah perusahaan dengan gaji yang cukup. Si suami beranggapan bahwa dirinya telah mencukupi semua kebutuhan rumah tangga termasuk kebutuhan semua anggota keluarganya, lalu pada saat itu sang suami mendapatkan kabar hendak mendapatkan sejumlah uang tambahan yang cukup besar dan ia berinisiatif untuk menyimpan uang tersebut tanpa sepengetahuan sang istri. Nah, tindakan yang seperti inilah yang tidak sepantasnya dicontoh, sebab apa yang dilakukan sang suami bisa saja menimbulkan kesalahpahaman dalam berumah tangga. Baik buruknya, setidaknya sang istri perlu mengetahui setiap hal yang berhubungan dengan kebaikan dan kemajuan keluarga yang nantinya hal ini akan berimbas menjadi sebuah kebiasaan baik dalam berkeluarga.

Semakin lengkaplah sikap positif yang diterapkan dalam perkawinan dengan menghilangkan segala kebiasaan buruk dalam menutupi rahasia atau menyimpan sebuah rahasia, baik dimasa lalu, masa kini maupun masa yang akan datang. Mengantisipasi segala tindakan yang dapat membuahkan sifat kerahasiaan adalah dengan selalu berperilaku jujur dan terbuka terhadap pasangan. Hal ini tentunya akan menciptakan kebiasaan baik yang terus terbawa hingga nanti. Sehingga keharmonisan dan saling mempercayai antara pasangan akan bisa tercipta dan terjalin dengan baik. Selain itu, sebuah kejujuran dan keterbukaan merupakan landasan yang baik demi menciptakan huungan yang baik dalam keluarga yang diharapkan bisa dan mampu dicontoh oleh keturunan dan anak-anak kita kelak.

Loading...

Loading...