Buang Uang ke Salon? Inilah Tips Medicure Pedicure di Rumah

Selain rambut dan wajah, kuku menjadi bagian yang penting untuk dirawat. Terutama pada diri seorang perempuan karena tangan-tangan yang indah hadir dari kuku yang senantiasa terawat dengan baik.

Kuku yang cantik tidak selalu berarti kuku yang panjang dan lancip. Dan tidak pula semua orang cocok memiliki kuku yang panjang. Pada beberapa wanita yang seringkali bekerja di rumah biasanya mereka lebih memilih menjaga kuku mereka tetap pendek. Agar pekerjaan rumah bisa terselesaikan dengan baik tanpa merusak kuku-kuku yang sudah dipanjangkan.

Biasanya, untuk melakukan perawatan kuku dan tangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan medicure dan pedicure. Banyak wanita akan lebih mempercayakan masalah ini ke salon. Namun tidak dipungkiri bahwa biaya untuk satu kali perawatan kuku ini bisa ratusan ribu bahkan jutaan.

tips-medi-pedi-di-rumah.jpg

Tips Medicure Pedicure di Rumah

Oleh karenanya, daripada membuang banyak uang ke salon sebenarnya perawatan medi-pedi bisa juga dilakukan di rumah dengan sederhana. Berikut ini kami berikan tips medicure dan pedicure di rumah dan peralatan apa saja yang perlu untuk dipersiapkan.

Menentukan Bentuk Kuku yang Sesuai

tips-medi-pedi-di-rumah-1.jpg

Mendapati jari tangan ditumbuhi dengan kuku yang panjang dan lancip tentu merupakan pemandangan yang menyenangkan. Selain kuku terlihat cantik dan menarik, kuku yang panjang biasanya akan terlihat begitu manis. Namun demikian, hal ini tidak berarti jika semua orang akan cocok menggunakan kuku yang panjang.

Oleh karenanya, penting sekali bagi anda untuk menentukan dan memilih bentuk kuku seperti apa yang akan cocok dengan jari tangan anda. Bila anda adalah tipikal orang yang banyak mengerjakan pekerjaan dengan menggunakan tangan. Maka model kuku yang bulat akan menjadi pilihan yang cocok.

Bentuk kuku bulat akan lebih kecil resikonya terhadap beberapa kondisi tidak terduga. Semisal kuku yang patah atau kuku yang tersangkut. Sementara itu untuk anda yang ingin memiliki kuku yang panjang. Maka sebaiknya sesuaikan agar jangan sampai ukuran kuku menghambat pekerjaan anda.

Jangan lupa pula untuk mengikir bagian pinggir dan ujung kuku. Cara ini dilakukan agar kuku yang sudah anda bentuk tidak runcing dan tetap halus.

Siapkan Kuku Bersih dan Basah Bila Akan Dibentuk/Dipotong

tips-medi-pedi-di-rumah-2.jpg

Bila anda sudah sering melakukan perawatan kuku di salon biasanya mereka akan merendam kuku terlebih dahulu didalam air panas. Tujuannya adalah agar kuku menjadi lebih mengembang dan lebih mudah untuk dipotong. Karena kuku yang direndam dengan air akan membuat kuku cenderung lebih lunak. Hal ini pun akan memudahkan proses pemotongan kuku.

Nah, cara yang serupa ini akan dapat anda contek di rumah ketika anda hendak memotong atau membentuk kuku-kuku anda. Sebelumnya, pastikan bila anda merendam kuku-kuku anda sementara selama beberapa saat pada air hangat didalam baskom.

Baru setelah itu, siapkan pemotong kuku dan alat pengikir untuk membentuk kuku bila memang anda membutuhkan alat pembentuk kuku. Prosesnya yang lebih mudah akan pula menghindarkan kemungkinan gagalnya membentuk kuku baik pada jari tangan ataupun jari kaki anda.

Siapkan Kuku Bersih dan Kering Ketika Akan Diwarnai

tips-medi-pedi-di-rumah-3.jpg

Lain halnya dengan pada saat anda akan memotong kuku. Ketika hendak mewarnai atau mengaplikasikan pewarna kuku sebaiknya kuku perlu dipersiapkan dalam keadaan kering dan bersih. Hal ini dikarenakan merendam kuku pada air sebelum mewarnai kuku akan membuat pewarna kuku lebih sulit menempel.

Kondisi ini terjadi sebab kuku ketika direndam akan mengembang dan membuat kuteks atau pewarna kuku tidak menempel dengan baik. Bahkan akan nampak retakan pada kuku ketika merendam kuku terlebih dahulu.

Adapun alternatif yang lebih baik yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengusapkan tissue basah terlebih dahulu. Lalu bersihkan kuku sambil menunggunya sampai kering. Dengan begini maka anda tidak perlu merendam kuku dengan menggunakan air. Selain tissue basah, anda pun akan dapat memanfaatkan alcohol.

Jangan Mengocok Botol Pewarna Kuku

tips-medi-pedi-di-rumah-4.jpg

Banyak orang melakukan kesalahan fatal saat melakukan perawatan kuku di rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang enggan merawat kuku sendiri. Padahal, bila kekeliruan tersebut bisa dihindari dengan baik sebenarnya perawatan kuku di salon dan di rumah sama saja.

Salah satu kekeliruan yang seringkali dilakukan tanpa sadar pada saat merawat kuku di rumah adalah kebiasaan mengocok botol pewarna kuku. Baik botol yang baru ataupun botol yang lama ketika dikocok meskipun akan tercampur dengan merata.

Namun akan muncul gelembung udara yang muncul setelahnya. Hal inilah yang akan membuat hasil dari kutek yang digunakan menjadi retak dan berantakan.

Sementara itu, bila anda secara tidak sengaja mengocoknya maka tunggulah beberapa saat sampai gelembung yang ada didalam botol pewarna kuku menghilang. Dan untuk menjaga agar tidak ada gelembung udara pada kuteks maka sebaiknya buka botol kuteks dengan perlahan.

Perhatikan Lapisan Cat Kuku

tips-medi-pedi-di-rumah-5.jpg

Menumpuk lapisan cat kuku dengan warna-warni yang berbeda memang akan dapat membuat kuku menjadi lebih berwarna dan terlihat menarik. Akan tetapi, hal penting yang perlu diperhatikan dengan baik adalah jangan menumpuknya lebih dari 3 lapisan. Selain itu, perhatikan pula untuk mengoleskan cat kuku dengan tipis saja.

Pemilihan warna cat kuku pun perlu diperhatikan dengan baik. Apabila warna cat kuku pudar maka cukup berikan satu lapisan saja dan jangan terlalu tebal. Sebaliknya, apabila anda memilih warna cat kuku yang terang maka anda bisa melapisinya dengan beberapa kali.

Segera Perbaiki Bila Ada Kesalahan

tips-medi-pedi-di-rumah-6.jpg

Melakukan Kegagalan pada saat mengaplikasikan cat kuku adalah hal yang wajar. Apalagi bila anda baru pertama kali melakukannya. Ketika anda melakukan kesalahan sewaktu mengaplikasikan cat kuku maka jangan dulu panik. Segera perbaiki dengan cepat agar pada saat itu cat kuku masih dalam keadaan basah sehingga lebih mudah dibersihkan.

Setelah memoles kuku dengan menggunakan kuteks maka anda perlu menunggu dengan sabar sampai kuteks benar-benar mengering dengan merata. Baru selanjutnya anda akan dapat mengaplikasikan lapisan selanjutnya. Dengan begini maka lapisan warna cat kuku tidak akan bercampur dan terlihat lebih kontras.

Peralatan dan Bahan Medicure Pedicure di Rumah

Nah, setelah menyimak beberapa cara atau tips medi-pedi diatas dibawah ini adalah daftar beberapa alat dan bahan yang perlu untuk anda persiapkan dengan baik ketika hendak melakukan perawatan ini di rumah.

  • 2 baskom ukuran sedang dan besar
  • Handuk ukuran sedang
  • Alat manicure dan pedicure seperti gunting kuku ukuran besar dan kecil, gunting kutikula, alat kikir, nail buffer
  • Minyak zaitun, garam, dan lemon
  • Cat kuku
  • Hand cream, krim perawatan kaki, dan anti jamur
  • Batu apung dan sikat
  • Sabun cair
  • Base coat untuk menguatkan kuku
Loading...

Loading...

Popular Tags (2)