Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh. Sama dengan organ lainnya kulit juga rentan akan penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai penyakit parah.

Kapalan merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit. Biasanya kulit yang terserang penyakit yang satu ini yaitu kulit kaki dan kulit tangan. Meskipun terbilang penyakit ringan tetapi kapalan akan membuat penderitanya tidak nyaman dan kekurangan rasa percaya diri. Bahkan jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk untuk kesehatan.

Baca Juga:

Kapalan bisa diobati dengan melakukan perawatan di dokter kulit. Namun, selain itu kapalan juga bisa diobati dengan cara yang sederhana dan mudah di rumah, sehingga tidak harus mengeluarkan uang banyak. Beberapa perawatan alami dan bahan alami diyakini mampu mengatasi kapalan secara tuntas. Anda bisa menemukan bahan bahan alami tersebut dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas apa saja bahan alami yang dimaksud dan seperti apa cara mengatasi kapalan dengan cara alami dan tradisional? Untuk mengatasinya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

CARA ATASI KAPALAN DI KAKI

Cara Atasi Kapalan di Tangan dan Kaki

Rendam kaki dalam air hangat

Cara paling mudah mengatasi kapalan pada kaki yaitu dengan merendam kaki di dalam air hangat. Rendam kaki selama kurang lebih 20 menit di dalam air hangat. Setelah itu, aplikasikan irisan kulit segar pada kaki anda. Agar tidak lepas anda bisa merekatkannya dengan menggunakan plester dan bungkus dengan menggunakan kaos kaki, biarkan selama semalaman. Ketika pagi harinya, anda bisa membuka kaos kaki dan ambil kulit nanas yang ditempelkan tersebut dengan pelan dan hati hati. Untuk hasil terbaik lakukan cara ini dengan rutin sampai sembuh.

Perasan Jeruk Lemon

Seperti yang kita ketahui jeruk lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, salah satunya yaitu untuk mengatasi penyakit kulit kapalan.

Cara memanfaatkan perasan jeruk lemon untuk mengatasi kapalan sangat mudah. Teteskan perasan jeruk lemon yang sudah anda siapkan pada bagian kaki yang kapalan. Namun, sebelumnya anda harus memastikan terlebih dahulu jika kaki anda sudah dibersihkan dengan menggunakan air bersih. Agar kapalan segera sembuh, anda bisa melakukan cara ini dengan rutin.

Getah kamboja

Getah kamboja dipercaya ampuh untuk mengatasi kapalan, bahkan banyak orang yang sudah merasakan khasiatnya.

Sama dengan cara lainnya, memanfaatkan getah kamboja untuk mengatasi kapalan juga sangat mudah. Siapkan getah kamboja secukupnya saja, lalu teteskan getah kamboja pada area kaki yang terdapat kapalan. Diamkan beberapa saat. Kemudian, cuci kaki anda dengan menggunakan air bersih.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang penggunaannya tidak bisa ditinggalkan. Namun, selain untuk bumbu masak bawang putih juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit, salah satunya yaitu kapalan.

Mengobati kapalan dengan menggunakan bawang putih dianjurkan ketika malam hari sebelum anda tidur. Caranya yaitu, siapkan bawang putih secukupnya. Lalu haluskan bawang putih yangsudah anda siapkan tersebut. Jika sudah, oleskan bawang putih yang sudah halus pada kaki anda. Diamkan selama semalaman sampai pagi.

Demikian cara mengobati kapalan dengan menggunakan bahan bahan alami. Sangat mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba.

Share atau bagikan tips ini kepada teman teman anda. Tambahkan juga komentar anda pada kolom komentar di bawah ini.  

Loading...

Loading...