www.top-websitebuilders.com

Saat ini umat muslim yang ada diseluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Ketika puasa kita dituntut untuk menahan rasa lapar, haus serta menghindari perbuatan-perbuatan yang tercela. Nah seringkali saat puasa bau mulut menghampiri. Dan bau mulut yang menyangat saat puasa dianggap sebagai masalah.

Penyebab munculnya bau mulut saat puasa yaitu karena mulut mengalami kekeringan yang disebabkan karena kurangnya cairan ludah atau saliva. Karena jumlah saliva berkurang, maka bakteri yang ada di dalam mulut menjadi bertambah banyak sehingga akan muncul bau mulut yang tidak sedap. Sakit gigi dan infeksi gusi pun sebenarnya bisa menyebabkan bau mulut, karena bakteri yang ada pada sisa-sisa makanan akan bersarang dan mengendap di sela-sela gigi berlubang. Bahkan penyakit saluran pernapasan pun akan memicu bau mulut seseorang, karena pada saat puasa mulut tidak mengunyah makanan apapun. Selain itu sebenarnya masih banyak sekali penyebab terjadinya bau mulut saat puasa.

Baca Juga:

Cara menghilangkan bau mulut saat puasa

Nah, karena bau mulut ini akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan minder terhadap orang-orang yang ada di sekelilingnya, oleh sebab itu mengatasi bau mulut saat puasa adalah hal yang harus dilakukan. Dan di bawah ini merupakan cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut saat puasa secara alami yang bisa anda lakukan.

Cara Alami Menghilangkan Atau Mengatasi Bau Mulut/Napas yang Tidak Sedap Saat Puasa dengan Cepat

1. Menggosok gigi

Menjaga kebersihan mulut dengan cara menggosok gigi adalah langkah yang harus dilakukan. Anda bisa menggosok gigi setelah makan sahur dan saat sebelum tidur. Selain itu, anda pun wajib menggunakan obat kumur karena obat kumur ini dapat membantu menghilangkan bakteri yang bersarang di dalam mulut yang menjadi penyebab bau mulut muncul. Namun hal yang perlu anda ingiat yaitu jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena akan mempengaruhi produksi air liur.

2. Menggunakan herbal alami

Selain cara di atas, anda pun bisa menghilangkan bau mulut dengan menggunakan herbal alami yaitu dengan menggunakan cengkeh, adas ataupun biji adas. Setelah anda makan saat berbuka atau makan sahur, anda bisa mengunyah bahan herbal yang telah disebutkan tadi.

3. Mengkonsumsi sayur dan buah

Sahur dan buah efektif mengurangi bau napas yang tidak enak saat berpuasa. Oleh sebab itu, setelah sahur sempatkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah. sayur dan buah pun secara alami dapat membersihkan gigi karena mampu menghilangkan plak pada gigi anda.

4. Hindari makanan yang menjadi penyebab bau mulut

Penyebab bau mulut muncul saat puasa salah satunya yaitu karena anda mengkonsumsi makanan yang menjadi penyebab bau mulut. Dimana makanan yang dapat menyebabkan bau mulut yaitu jengkol, daging, ikan, produk susu dan makanan yang banyak mengandung bawang merah serta bawang putih.

5. Konsumsi air putih

Minum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari dapat membantu menghilangkan bau mulut secara alami. Anda bisa minum air putih ketika berbuka puasa dan sahur. Selain untuk menjaga kesegaran mulut, minum air putih pun dapat membantu untuk memelihara kesehatan tubuh.

6. Konsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat

Kurangnya karbohidrat dalam tubuh dapat menyebabkan bau yang tidak enak pada mulut. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti pisang, biji-bijian dan gandum.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Bagikan artikel ini kepada teman dan saudara terdekat anda dengan cara klik tombol share.

Loading...

Loading...