Keberadaan ketombe pada kulit kepala akan membuat tidak nyaman karena menimbulkan gatal. Serpihan putih pada rambut akan dapat menurunkan rasa percaya diri anda. Untuk mengatasi ketombe yang membandel, anda bisa memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya sebagai salah satu bahan alami yang memiliki khasiat untuk menghilangkan ketombe.

Cara-menghilangkan-ketombe-dengan-lidah-buaya.jpg

Baca Juga:

Manfaat Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Ketombe

Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu meredakan peradangan dan luka bakar ringan, serta dapat mempercepat luka kecil sembuh. Selain itu, lidah buaya juga sering digunakan untuk perawatan rambut karena dapat membantu pertumbuhan rambut.

Pada lidah buaya terkandung aneka nutrisi yang dapat membantu pemulihan jaringan. Gel lidah buaya akan melembabkan kulit dan memberikan efek sejuk.

Ketombe itu sendiri disebabkan karena penumpukan minyak, sel kulit mati yang kering dan kotoran. Saat lidah buaya digunakan pada kulit kepala, lidah buaya akan dapat membantu mengatasinya dengan cara:

  • Melembabkan kulit kepala kering, efeknya kulit kepala tersebut tidak menjadi ketombe
  • Membersihkan kulit kepala dan rambut dari minyak yang berlebih
  • Melalui kandungan enzim, serta senyawa antiperadangan lidah buaya akan membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit kepala
  • Berkat kandungan antioksidannya, lidah buaya dapat melindungi sel kulit kepala dari kerusakan
  • Membantu mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri yang dapat membuat ketombe semakin parah

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe dengan Menggunakan Lidah Buaya?

Untuk membantu menghilangkan ketombe dengan lidah buaya, beberapa cara di bawah ini bisa anda ikuti.

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi ketombe mudah dilakukan. Yuk simak caranya berikut ini.

  • Silakan sediakan lidah buaya secukupnya saja. Kemudian anda bisa memanfaatkan gelnya.
  • Gel lidah buaya silakan dioleskan pada kulit kepala anda dengan merata.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 hingga 60 menit supaya menyerap.
  • Terakhir anda bisa membersihkan rambut memakai sampo sampai gel pada rambut hilang.
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin atau 2 hingga 3 kali seminggu.

Masker Lidah Buaya

Selain dengan menggunakan gel lidah buaya, anda bisa mengolah lidah buaya menjadi masker. Lidah buaya bisa dicampurkan dengan minyak eukaliptus untuk menghilangkan ketombe, caranya yaitu dengan mencegah peradangan yang terjadi pada kulit kepala. Yuk simak caranya di bawah ini.

  • Silakan sediakan gel lidah buaya sebanyak 4 sendok makan dan minyak eukaliptus sebanyak 2 hingga 3 tetes. Campurkan kedua bahan ini hingga merata.
  • Kemudian campuran bahan ini bisa anda oleskan pada kepala, anda bisa mengoleskannya mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Anda juga harus mengoleskannya pada kulit kepala dengan merata.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 hingga 60 menit. Jika sudah, anda bisa membersihkannya dengan air. Anda bisa mengulanginya 2 hingga 3 kali dalam setiap minggu.

Masker Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Anda juga bisa membuat masker lidah buaya dengan menggunakan campuran minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan yang bisa melembabkan kulit kepala. Selain itu, minyak zaitun mengandung antimikroba yang dapat membantu menghambat bakteri dan jamur tumbuh yang akan membuat ketombe menjadi semakin parah.

  • Silakan gel lidah buaya sebanyak 2 sendok makan dicampurkan dengan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan, beserta yogurt sebanyak 1 sendok makan.
  • Setelah itu, oleskan campuran bahan ini pada rambut dan kulit kepala. Lalu tutupi kepala menggunakan shower cap. Tunggu selama 30 hingga 40 menit. Jika sudah, anda bisa membilasnya sampai bersih.

Baca juga : Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus Dipotong

Selama tidak terdapat reaksi alergi atau iritasi, gel lidah buaya aman dipakai untuk kulit kepala. Jika ketombe anda semakin parah, sebaiknya hentikan penggunaan lidah buaya dan konsultasikan pada dokter.

Loading...

Loading...