Cara Ampuh Meyakinkan Orangtua Bahwa Anda dan Pasangan Sudah Layak Ke Jenjang yang Lebih Serius

Bagi dua sejoli yang sedang merajut tali kasih tentunya ingin hubungan yang dijalankannya maju ke tahap selanjutya yaitu tahap yang lebih serius yakni pernikahan. Ya, tujuan dua manusia jatuh hati dan saling menambatkan hatinya pada masing-masing pasangannya yaitu tidak lain tidak bukan untuk mencari pasangan yang akan menemani hidup di masa depan. Oleh sebab itu, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kini banyak sekali orang-orang yang menjalin hubungan dengan lawan jenisnya dengan maksud yang demikian.

Jika anda dan pasangan anda sudah berkomitmen dan sepakat untuk tidak main-main lagi dengan hubungan yang anda berdua jalani tentunya itu merupakan tanda yang baik. Entah itu sudah bertahun-tahun atau hanya beberapa bulan saja, apabila anda dan pasangan sudah benar-benar yakin satu sama lain maka pernikahan akan berada dihadapan mata. Ditambah lagi jika kondisi masing-masing sudah mendukung, misalkan anda dan pasangan anda sudah lulus kuliah serta mendapatkan pekerjaan yang layak.

Namun, sebelum resmi untuk menapaki jenjang yang lebih serius tentunya ada satu hal yang perlu anda dan pasangan anda ingat yaitu mendiskusikannya terlebih dahulu kepada orang tua. Pasalnya, menikah itu bukan hanya menyatukan dua insan yang saling mencinta, tetapi lebih pada menyatukan dua keluarga yang memiliki latar belakang berbeda.

Lantas bagaimana cara memulai pembicaraan tentang pernikahan dengan orang tua atau keluarga inti yang lainnya? Bagaimana cara membuktikan bahwa anda dan pasangan anda sudah layak ke jenjang yang lebih serius? Pastinya persoalan seperti ini akan membuat anda bingung, entah itu karena anda belum siap untuk berbicara kepada keluarga anda, atau mungkin anda belum tahu bagaimana cara meyakinkan mereka bahwa pasangan anda merupakan pilihan yang terbaik. Namun, setelah membaca artikel ini anda jangan khawatir lagi, karena kami disini akan memberikan tips kepada anda untuk meyakinkan orangtua bahwa anda dengan pasangan anda sudah layak untuk menikah.

Cara Meyakinkan Orangtua Bahwa Anda dan Pasangan Sudah Layak Ke Jenjang yang Lebih Serius

1. Tunjukan sikap dewasa dihadapan orangtua

Karena sudah bersama dan mengurusi anaknya dari kecil, maka tidak sedikit orang tua yang merasa tidak sadar bahwa anaknya tersebut sudah tumbuh menjadi wanita dewasa. Di mata orang tua, anak ya tetaplah anak-anak. Oleh sebab itu, mereka selalu merasa ragu apakah anaknya tersebut sudah benar-benar bisa hidup mandiri dan menanggung tanggung jawab besar ataukah masih manja seperti yang selama ini mereka kenal.

Oleh sebab itu, jika anda ingin meyakinkan mereka bahwa anda sudah pantas untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius bersama pasangan anda, maka sebisa mungkin anda harus menjaga sikap dihadapan mereka. Tunjukan kepada mereka bahwa anda sudah menjadi pribadi yang dewasa. Anda bisa menunjukannya kepeda orang tua dalam hal-hal yang sederhana saja.

2. Kenalkan pasangan anda kepada orangtua

Jika ke dua orangtua anda tidak benar-benar kenal dengan pasangan anda, maka mustahil jika mereka akan menyetujui hubungan anda berdua. Perkenalkanlah pasangan anda pada orangtua anda. Maksud memperkenalkan disini bukanlah hanya memperkenalkan namanya saja, melainkan memperkenalkan kepribadiannya juga. Buatlah orangtua anda dan pasangan anda melakukan kegiatan yang sama agar mereka bisa mengobrol dan saling mengenal satu sama lain.

3. Memperkenalkan diri anda kepada keluarga pasangan anda

Tidak hanya pasangan anda saja, namun anda juga perlu beradaptasi dengan keluarga pasangan anda. Jika anda dan pasangan sudah bersepakat untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius, maka mintalah pada pasangan untuk melibatkan anda dalam acara keluarganya. Cobalah anda sedikit demi sedikit mengenal kebiasaan keluarga mereka.

Nah, ketika anda hendak pergi ke acara keluarga pasangan anda, maka janganlah lupa untuk pamit kepada orangtua anda. Dengan begitu maka orangtua anda akan tahu bahwa anda sudah diterima dikeluarganya.

4. Tunjukan bahwa anda dan pasangan sudah bijak dalam urusan finansial

Apabila anda ingin membina hubungan yang lebih serius dengan pasangan tentunya anda dan pasangan anda harus memikirkan kondisi finasial masing-masing. Apakah anda dan pasangan sudah benar-benar mampu hidup tanpa bantuan dari finansial orang tua atau belum? Dalam kondisi seperti ini bukan maksud matrealistis, namun namanya orang tua pastinya mereka ingin melihat anaknya hidup bahagia dan berkecukupan. Selama ini mereka telah berjuang mati-matian untuk memenuhi hidup anaknya agar bisa berkecukupan. Oleh karena itu, jika anda mohon restu kepada mereka untuk menikah dan setelah menikah hidup anda kekurangan tentunya orang tua anda tidak akan menyetujuinya.

Untuk meyakinkan orangtua anda, anda bisa membantu mereka seperti membayar uang sekolah adik, membayar tagihan telepon rumah atau yang lainnya. Tunjukan kepada mereka bahwa anda tidak hanya bisa menghamburkan uang saja, tetapi anda bisa menghabiskan sebagian gaji anda untuk menabung. Dengan begitu maka anda telah mempersiapkan masa depan dengan baik. Tidak hanya itu, orang tua anda pun akan meyakini bahwa anaknya ini sudah siap untuk menikah.

5. Ceritakan kepada orangtua bahwa teman-teman anda semuanya sudah menikah

Anda bisa memanfaatkan musim pernikahan dan undangan yang berdatangan dari teman kerja, kuliah atau teman sekolah anda dulu. Inilah saatnya anda meyakinkan orangtua anda bahwa memang sudah waktunya anda menikah. Pada saat jam makan malam ceritakan kepada orangtua anda bahwa besok anda akan menghadiri acara pernikahan teman-teman sebaya anda. Anda juga perlu mengatakan bahwa anda akan pergi ke acara tersebut dengan pasangan.

6. Temani orangtua untuk mengunjungi saudara yang baru saja melahirkan

Mendengar kabar dari salah satu saudara yang baru saja melahirkan tentunya orangtua anda akan ikut bahagia. Jika orangtua anda hendak menengoknya maka usahakan anda menemaninya. Lontarkan candaan-candaan kecil kepada orangtua anda bahwa kini ayah dan ibu anda sudah sah dipanggil kakek dan nenek. Kemudian, sambil bercanda cobalah tanyakan kepada mereka apakah anda sudah pantas punya anak atau belum. Dengan begitu maka orang tua anda pun akan memutar otak untuk berfikir. Jika saudara anda yang seumuran dengan anda sudah menikah dan mempunyai anak, mengapa anda tidak bisa.

7. Katakan dengan pelan-pelan bahwa anda dan pasangan sudah siap untuk menikah

Setelah anda memberikan sinyal-sinyal kepada orang tua anda seperti di atas, maka mulailah berusaha dengan pelan-pelan untuk menyatakan kepada orang tua anda secara langsung. Ingat, jangan sampai anda mengatakannya di waktu yang sembaragan, anda harus bisa mengatakan masalah penting ini pada waktu yang tepat. Terlebih dahulu anda harus memahami mood orang tua anda. Jika perlu ajaklah mereka untuk makan malam di luar, atau anda bisa memasakan mereka makan malam. Mulailah obrolan dengan sebuah pembukaan yang hangat sehingga akan membuat anda dan orangtua anda merasa santai. Setelah itu, berceritalah bahwa anda dan pasangan anda memiliki sebuah rencana untuk masa depan.

Itulah beberapa cara untuk meyakinkan orang tua bahwa anda dan pasangan sudah pantas unntuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Selamat mencoba, semoga sukses.

Loading...

Loading...