Menurut sebagian orang pertengakaran yang muncul dalam sebuah hubungan pernikahan merupakan salah satu bumbu penyedap yang akan memberikan rasa layaknya ketika anda memasak. Ya, anggapan tersebut memang benar adanya. Namun, dikatakan sebagai bumbu penyedap jika pertengkaran tersebut masih dalam batas yang wajar. Justru jika terjadi secara terus menerus dan berlebihan maka alhasil akan berdampak buruk pada hubungan pernikahan yang dijalankan.

Pertengkaran ini biasanya terjadi karena adanya kesalahpahaman atau kurangnya komunikasi antara suami dan istri. Selain kesalahpahaman dan kurangnya komunikasi, mungkin perbedaan yang ada di antara anda berdua pun merupakan salah satu penyebab yang memicu terjadinya pertengakaran. Dan biasanya anda sering memiliki anggapan bahwa perbedaan yang terjadi antara anda dan pasangan merupakan sebuah pengalaman yang buruk. Namun, sebenarnya anggapan seperti itu tidaklah benar adanya. Pasalnya jika anda berdua bisa memandang perbedaan yang membentang di antara anda berdua dengan kaca mata positif maka anda dan pasangan bisa saling mengerti, mengasihi bahkan akan semakin menambah erat pernikahan anda. Tetapi jika sebaliknya, dimana anda merasa stres dengan perbedaan yang ada serta memaksa pasangan anda mengikuti semua gaya hidup anda, maka perbedaan-perbedaan tersebut justru akan membuat pernikahan anda menjadi bertambah pelik.

Baca Juga:

Oleh sebab itu, jika anda mengharapkan pernikahan anda selalu bahagia meskipun ada perbedaan yang membentang, maka sebaiknya anda simak beberapa cara di bawah ini guna mengatasi perbedaan yang ada dalam pernikahan.

Cara Atasi Perbedaan Dengan Pasangan Untuk Pernikahan Bahagia

1. Bicarakan perbedaan yang ada

Perbedaan yang ada dalam pernikahan memanglah hal yang wajar. Namun, janganlah sampai perbedaan tersebut merusak pernikahan anda. Ingatlah dengan perbedaan tersebut maka anda dan pasangan bisa saling melengkapi, bahkan akan menjadi lebih baik lagi. Tetapi jika perbedaan yang ada antara anda dan pasangan tidak bisa ditoleran lagi dan justru menyebabkan pertengkaran, maka diharapkan anda berdua bisa membawa permasalahan yang ada dengan baik. Selesaikan semua masalah tersebut pada waktu dan tempat yang tepat. Dengan melakukan hal ini, maka akan memberikan dampak positif. Dimana ketika anda berdua sama-sama membicarakan perbedaan yang ada dengan suasana yang baik, maka curhat anda berdua akan berhasil tanpa menimbulkan masalah yang baru lagi.

2. Bahaslah satu masalah dalam setiap pembicaraan

Perbedaan antara anda dan pasangan tentunya akan memicu permasalahan. Ketika permasalah tersebut muncul, maka carilah solusi dari masalah tersebut dan bicarakan hanya satu permasalahan saja dalam satu kesempatan. Ketika anda dan pasangan sedang membahas masalah, tidak heran jika muncul ide-ide yang dapat menggoda perhatian. Namun, jika anda ingin berhasil membahas permasalahan yang ada, maka sebaiknya anda abaikan godaan-godaan tersebut.

3. Bicarakan kenyataan yang ada

Ketika membicarakan perbedaan yang ada, maka pembicaraan harus membuat anda dan pasangan anda merasa nyaman, bisa diterima dengan baik serta tidak akan membuat bingung. Sebisa mungkin janganlah anda bertele-tele atau menarik ulur alur cerita dan permasalahan. Kemukakanlah masalahnya dengan jelas, hal ini dilakukan agar terhindar dari kesalahpahamanan. Dan jika anda menemukan solusi yang tepat, maka solusinya harus bisa diterima oleh anda ataupun pasangan anda.

4. Cari akar permasalahan

Jika terjadi kebuntuan ketika anda dan pasangan sedang membahas perbedaan yang terjadi dalam pernikahan, maka untuk mengatasinya diperlukan kemauan dari ke dua belah pihak untuk memeriksa atau mencari tahu akar dari permasalahan. Tidak hanya itu, anda berdua juga harus mengenali dengan baik hal-hal penting dari masing-masing demi kelangsungan hubungan anda dan pasangan.

5. Hindari kata benar dan salah, namun bicarakan pendapat dan solusinya

Perbedaan yang membentang seringkali dijadikan sebagai tolok ukur untuk menentukan hal yang lebih benar atau kurang benar. Dengan kebiasaan tersebut, maka anda pun akan merasa orang yang paling benar dibandingkan dengan pasangan anda. Namun, seharusnya anda berdua bisa berbicara dengan baik demi menentukan solusi yang baik pula. Dengan demikian berbicara secara terbuka dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah yang menjadi sumber pertengkaran.

6. Saling membantu dan berkorban

Ketika anda dan pasangan anda bisa saling membantu ataupun berkorban, maka hal ini akan menolong anda agar tidak memikirkan diri sendiri, karena anda bisa berkorban untuk pasangan anda dengan sukarela. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk menyelesaikan perbedaan yang ada di antara anda berdua.

7. Saling memuji

Sering memuji pasangan anda, maka akan membuat dirinya merasa dihargai dan ia juga tentunya akan menghargai anda. Perlu anda ketahui bahwa di dunia ini tidak ada orang yang sempurna. Dalam hal ini anda membutuhkan seseorang yang bisa menghargai dan menerima semua kekurangan anda serta memuji kelebihan yang anda miliki. Dengan memuji antara satu sama lain, maka bisa membuat hubungan anda semakin erat meskipun terbentang perbedaan antara anda dengan pasangan anda.

8. Ciptakan hubungan yang menyenangkan

Perbedaan yang ada antara anda dan pasangan, seharusnya bisa digunakan untuk menciptakan keseimbangan dalam hubungan pernikahan anda. Anda dan pasangan harus bisa saling melengkapi, memahami serta menghargai kekurangan dan kelebihan masing-masing yang dimiliki. Jadikanlah perbedaan yang ada tersebut sebagai suatu hal yang bisa membuat hubngan pernikahan anda dengannya semakin kuat. Anda dan pasangan bisa bertukar pendapat untuk membuat hubungan semakin aktif dan juga tidak monoton.

9. Miliki tujuan yang sama

Untuk merubah sifat pribadi yang ada pada masing-masing orang tentunya sangat sulit. Tetapi jika hal tersebut dibicarakan dari hati ke hati, maka cepat atau lambat masing-masing bisa menerima perbedaan yang ada. Dua pribadi boleh saja berbeda, namun harus memiliki satu tujuan yang sama. Oleh sebab itu, satukanlah semua tujuan dan harapan anda berdua. Capailah semua cita-cita dan impian anda berdua bersama-sama untuk kehidupan pernikahan yang langgeng dan bahagia.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perbedaan dalam hubungan pernikahan. Ingatlah perbedaan bukanlah suatu penghalang. Anda dan pasangan harus bisa mengatasi perbedaan yang ada dengan cara dan solusi yang terbaik. Jika perbedaan tersebut bisa diatasi dengan baik, maka akan berdampak pada hubungan pernikahan anda sendiri dimana pernikahan anda akan awet dan bahagia selamanya.

Loading...

Loading...