Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan oleh setiap umat muslim di dunia ini ketika bulan Ramadhan. Ketika bulan puasa, pola hidup dan pola makan mengalami perubahan. Pada saat kebiasaan makan mengalami perubahan mungkin beberapa masalah akan terjadi pada sistem pencernaan karena sistem pencernaan ikut menyesuaikan dengan pola makan yang baru. Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi ketika puasa yaitu sembelit.

Sembelit itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana penderitanya buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Dengan kata lain penderitanya mengalami kesulitan buang air besar.

Baca Juga:

Mengalami sembelit pada saat puasa adalah hal yang  wajar, yang mana keadaan ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut.

1.CARA-ATASI-SEMBELIT-SAAT-PUASA.jpg

Penyebab Sembelit

Kurang asupan cairan

Seperti yang kita ketahui ketika puasa maka kita tidak makan maupun minum selama seharian. Bahkan setelah berbuka pun asupan cairan untuk tubuh tidak terpenuhi. Hal ini justru tidak baik untuk kesehatan tubuh, yang mana salah satu masalah yang akan datang karena kurangnya asupan cairan yaitu sembelit.

Kebutuhan serat tiak terpenuhi

Saat buka puasa makanan yag dihidangkan biasanya cukup banyak di meja makan. Namun, kebanyakan makanan tersebut bukanlah makanan sehat, makanan yang sering dihidangkan seperti gorengan, makanan berlemak dan makanan kurang sehat lainnya. Dengan adanya makanan tersebut kemungkinan kita lupa dan mengabaikan makanan sehat. Serat yang dibutuhkan justru tidak terpenuhi sehingga akibatnya akan mengalami sembelit.

Kurang bergerak

Ketika puasa badan cenderung lemas dan letih. Karena keadaan tersebut banyak orang merasa enggan untuk melakukan aktivitas dan lebih memilih diam  dan malas malasan. Kurang bergerak justru akan menyebabkan sembelit.

Mengkonsumsi kalsium terlalu banyak

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup banyak atau berlebihan apalagi tidak dibarengi dengan konsumsi magnesium akan menyebabkan kalsium menumpuk dalam tubuh, akibatnya pencernaan akan terhambat.

Mengkonsumsi makanan hasil olahan

Beberapa makanan hasil olahan seperti kue, mie, roti dan gorengan bisa menjadi penyebab terjadinya sembelit.

Lantas seperti apa cara mengatasi sembelit saat puasa? Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Puasa

Hindari minuman berkafein

Jika anda terbiasa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, maka untuk sekarang ini alangkah lebih baik untuk menghindarinya. Minuman berkafein justru akan semakin memperparah keadaan. Kafein yang dikonsumi akan membuat metabolisme di dalam tubuh semakin meningkat. Jika seperti itu, maka sisa metabolisme di dalam tubuh juga akan ikut meningkat.

Melakukan olahraga

Meskipun sedang menjalankan puasa tetapi itu bukan berarti jika kita tidak melakukan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan dan akan membuat tubuh terhindar dari segala macam penyakit, dimana salah satunya yaitu terhindar dari penyakit sembelit. Agar tidak membuat dehidrasi, maka anda bisa berolahraga sebelum berbuka, ketika tubuh membutuhkan air anda bisa memenuhinya ketika buka puasa. Disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti yoga, jalan kaki atau bersepeda keliling komplek sambil menunggu waktu buka puasa.

Cukupi kebutuhan cairan

Mencukupi kebutuhan air adalah hal yang harus dilakukan. Disarankan untuk minum air putih sebanyak 8-10 gelas dalam sehari. Anda bisa memenuhinya pada saat buka puasa sampai sahur. Namun, jangan sampai meminum sekaligus karena akan membuat perut kembung. Air yang anda konsumsi merupakan pertahanan tubuh. Jika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi anda akan terhindar dari berbagai maca penyakit, salah satunya yaitu sembelit.

Konsumsi makanan berserat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat merupakan salah satu cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit. Anda bisa mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan serat seperti alpukat, apel, jeruk, stroberi, semangka, melon, kiwi dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sayuran yang kaya akan serat yaitu, bayam, kacang hijau, kacang polong dan lain sebagainya. Kandungan serat yang terdapat pada buah dan sayur tersebut sangat efektif untuk memperlancar pencernaan seingga sembelit dapat teratasi.

Pilih menu takjil yang tepat

Menu takjil identik dengan makanan manis. Nah, untuk mengatasi sembelit anda bisa memilih menu takjil yang tepat seperti agar agar atau puding. Agar agar atau puding yag terbuat dari rumput laut mengandung serat. Ketika dikonsumsi pada saat buka puasa, menu takjil yang satu ini akan mengembalikan fungsi pencernaan yang sebelumnya beristirahat.

Konsumsi gandum

Gandum merupakan makanan yang kaya akan serat. Jika anda mengkonsumsi gandum selama bulan puasa, maka pencernaan akan menjadi lebih sehat. Masukan gandum ke dalam menu buka puasa atau sahur agar anda bisa terhindr dari sembelit.

Konsumsi kurma

Kurma merupakan buah yang dikenal dengn obat pencahar alami. Buah khas Ramadhan ini mengandung serat tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Anda bisa memasukan buah kurma ke dalam daftar menu buka puasa maupun sahur.

Meskipun dianggap sebagai gangguan yang normal saat puasa, tetapi sembelit jangan dianggap remeh. Pasalnya, jika keadaan ini berlangsung dalam waktu yang lama justru sangat berakibat fatal. Kotoran akan mengendap di di dalam usus, akibatnya usus akan mengalami masalah dan gangguan. Jika anda sudah melakukan cara di atas namun tidak ada perubahan, maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan pada dokter.

Demikian cara mengatasi sembelit saat puasa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...