Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang seringkali dialami oleh banyak orang, baik itu wanita ataupun pria, dimana masalah rambut ini sangat mengganggu terlebih lagi menggangu penampilan.

Untuk mengembalikan kesehatan rambut, berbagai macam cara dan usaha dilakukan, baik itu menggunakan cara modern atau cara tradisional.

Baca Juga:

Berbagai faktor diduga menjadi penyebab rambut rontok, seperti produk perawatan rambut yang tidak cocok, sering mengganti model rambut, produk pewarna rambut atau kebiasaan menggunakan alat pengering rambut dan lain sebagainya. Rambut rontok jika dibiarkan akan menyebabkan kebotakan, sehingga dengan begitu perlu lebih awal untuk mengatasinya.

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK DENGAN JAHE

Cara modern merupakan cara yang banyak ditempuh untuk mengatasi rambut rontok, karena cara tersebut diyakini akan memberikan hasil yang instan. Namun, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan cara tradisional atau alami, karena cara ini diyakini lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping apapun untuk kesehatan rambut.

Cara tradisional atau alami dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, salah satu bahan alami  yang bisa dimanfaatkan karena kandungannya yaitu jahe.

Jahe merupakan rempah alami yang biasanya kita gunakan sebagai bumbu masakan atau bahan minuman. Namun, selain itu jahe juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut salah satunya yaitu mengatasi rambut rontok. Di dalam jahe mengandung senyawa  keto atau yang lebih sering disebut dengan Zingeron. Yang mana senyawa ini biasanya berfungsi untuk mengobati flu, sariawan dan mengatasi rambut rontok. Di dalam jahe juga terdapat kandungan yang dapat membuat rambut menjadi berkilau dan lembab. Tidak hanya itu, zat antiseptik yang dikandung jahe juga bisa mengatasi dan mencegah timbulnya ketombe yang membandel. Kelebihan lainnya yaitu jahe tidak memerlukan bahan tambahan untuk dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok.

Nah, untuk apa menggunakan cara yang sulit dan mahal, jika ada cara yang lebih mudah dan murah? Untuk mengetahui seperti apa cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan jahe, anda bisa simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Cara Cepat dan Alami Mengatasi Rambut Rontok dengan Menggunakan Jahe

  1. Langkah pertama yaitu, anda harus menyiapkan terlebih dahulu satu ruas jahe. Lalu, bersihkan jahe tersebut dari berbagai macam kotoran yang menempel.
  2. Jika sudah, anda bisa langsung mengupas kulit jahe.
  3. Kemudian, haluskan jahe dengan cara digiling atau ditumbuk.
  4. Setelah itu, ambil jahe yang sudah anda haluskan tersebut secukupnya. Lalu aplikasikan atau oleskan pada kulit kepala atau area rambut yang rontok.
  5. Pijat-pijat bagian tersebut dengan perlahan dan lembut. Usahakan ketika memijatnya tangan anda menyentuh kulit kepala.
  6. Diamkan selama kurang lebih 30 menit agar nutrisi yang dikandung jahe bisa menyerap dan menstimulasi sel-sel yang ada di akar rambut.
  7. Jika sudah, anda bisa langsung mencuci atau membilas rambut anda sampai bersih dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak satu kali dalam seminggu selama kurang lebih 3 bulan. Baru setelah itu, anda bisa langsung melihat hasilnya.

Jika rambut rontok anda sudah mulai berkurang, anda bisa melakukan langkah pencegahan. Yang mana salah satu langkah yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin dalam setiap harinya untuk menjaga tingkat kelembaban rambut anda agar tidak mudah rontok.

Demikian cara mengatasi rambut rontok dengan menggunakan jahe. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...