Cara Cerdas Mempersiapkan Pesta Pernikahan Agar Tidak Terlalu Banyak Mengeluarkan Uang

Melangsungkan atau menggelar acara pernikahan itu tidak semudah yang dibayangkan, dan yang pasti tidak murah. Ketika melangsungkan pernikahan tentunya semua orang mengharapkan semua yang terbaik agar momen sakral tersebut bisa dikenang sepanjang masa. Agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar tentunya hal yang dilakukaan oleh anda maupun pasangan yaitu mempersiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Menikah merupakan momen spesial yang terjadi hanya sekali dalam hidup, untuk itulah tidak heran jika banyak orang mengharapkan acaranya tersebut digelar dengan spesial.

Spesial yang dimaksud yaitu tidak harus serba mewah atau mahal, karena segala sesuatu yang spesial bukan berarti mahal. Jika diamati ternyata anda dan pasangan bisa menemukan hal-hal yang sebenarnya bisa membuat pernikahan anda berdua menjadi spesial meskipun tanpa harus banyak mengeluarkan uang. Dan di bawah ini merupakan tips-tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan pesta pernikahan tanpa harus menguras semua uang anda.

Cara Cerdas Mempersiapkan Pesta Pernikahan Agar Anda Tidak Terlalu Banyak Mengeluarkan Uang

1. Hindari tanggal pernikahan dimana orang banyak yang menikah

Disadari atau tidak disadari manusia juga memiliki musim nikah. Biasanya orang-orang di Indonesia melangsungkan pernikahan pada tanggal yang dipilih berdasarkan penanggalan Hijriyah ataupun penanggalan Jawa. Karena pada bulan tersebut pasangan yang menikah banyak, maka tidak heran jika biaya pernikahan mulai dari gedung ketring dan keperluan pernikahan lainnya bisa tiba-tiba naik. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki dana terbatas ada baiknya jika anda menghindari musim nikah ini dan memilih waktu lainya. Tidak hanya itu, biaya gedung pun akan menjadi mahal pada hari Sabtu dan Minggu. Namun, jika hari bukanlah masalah untuk anda, maka anda bisa memilih hari atau tanggal dimana saat pertama kali anda dan pasangan berkomitmen untuk menjalin hubungan asmara.

2. Memanfaatkan fasilitas publik atau menggelar acara pernikahan di rumah

Biaya untuk menyewa gedung bisa saja menjadi pengeluaran terbesar ketika anda hendak melangsungkan acara pernikahan. Jika anda berhasil menekan biaya sewa gedung maka anda bisa menghemat lebih besar dana. Dibandingkan harus menggelar acara pernikahan digedung hotel mewah dengan menghabiskan uang hingga ratusan juta rupiah, mengapa tidak anda mencoba untuk memanfaatkan fasilitas publik yang jauh lebih murah, misalkan di taman kota atau diadakan direstoran pun bukanlah pilihan yang buruk, dan yang ada justru anda bisa mendapatkan fasilitas tempat serta ketering dalam satu paket.

Bahkan jika rumah orang tua anda sendiri lebih memadai untuk digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan, maka tidak ada salahnya jika anda melangsungkan resepsi di rumah. Meskipun cara ini adalah cara lama tetapi tidak akan mengurangi arti dan makna dari pernikahan yang berlangsung. Dengan cara ini juga anda, pasangan dan keluarga tidak akan stres lagi memikirkan gedung. Dan jika diadakan di rumah maka anda akan merasa lebih dekat, pasalnya resepsi diadakan ditengah-tengah keluarga besar.

3. Meminjam atau menyewa perlengkapan

Tidak semua perlengkapan atau barang-barang yang digunakan dalam acara pernikahan bisa digunakan ulang. Sebelum anda terburu-buru untuk membeli semua perlengkapan seperti gaun, jas, pakaian adat dan yang lainnya, maka cobalah anda ingat-ingat kembali pesta pernikahan yang baru-baru ini anda datangi. Mungkin saja ada di antaranya beberapa perlengkapan atau barang yang bisa anda pinjam dari teman atau keluarga yang lebih dulu menikah.

Atau anda juga bisa membongkar kembali lemari ibu anda, mungkin saja di sana anda bisa menemukan sebuah gaun vintage yang masih layak untuk anda pakai. Dengan sedikit modifikasi anda bisa membawa dan mengikusertakan kenangan sewaktu dulu orangtua anda menikah. Dan tentunya selain meminjam, anda juga bisa menyewa semua perlengkapan. Dengan cara ini maka resepsi pernikahan tidak akan menjadi mubazir.

4. Meminta teman yang ahli dalam masalah hiburan dan dokumentasi

Memiliki teman banyak dan koneksi yang luas memang sangat bermanfaat. Dan salah satu manfaatnya yaitu bisa anda ambil ketika hendak melangsungkan resepsi pernikahan. Manfaatkanlah teman atau temannya teman anda yang ahli dalam urusan hiburan seperti menyanyi atau memainkan alat musik sebagai penghibur di resepsi pernikahan anda. Meskipun mereka bukanlah spesialis penghibur di acara pernikahan, tetapi jika harga yang ditawarkan cocok mengapa tidak memanfaatkan mereka.

Tidak hanya hiburan saja, tetapi anda juga bisa memanfaatkan teman anda yang jago dalam memotret atau ia yang memiliki hobi menyunting video. Meskipun anda tidak akan mendapatkan jasa gratis, tetapi setidaknya anda bisa mendapatkan potongan harga dari teman anda sendiri.

5. Memilih makanan dengan tepat

Ketika memilih makanan untuk resepsi pernikahan maka anda diharuskan memilih makanan dengan tepat. Pilihlah makanan sesuai dengan uang yang anda miliki bukan dengan selera yang anda sukai. Tujuan menyajikan makanan yaitu untuk membuat para tamu undangan kenyang. Untuk itu diharapkan anda mengutamakan memilih menu utama yang bisa mengenyangkan seperti nasi dan lauk pauknya, sebelum anda memikirkan menu pelengkap lainnya seperti bakso, es krim dan lain sebagainya. Bahkan jika perlu, gunakan anggaran buat makakan pelengkap tersebut hanya untuk menu utama saja. Dengan begitu, meskipun pengeluaran terbatas tetapi anda masih bisa mengundang banyak tamu.

6. Membuat pernak pernik pernikahan sendiri

Pada saat mempersiapkan pernikahan tentunya anda dan pasangan akan dihadapkan pada kartu undangan atau souvenir untuk para tamu undangan. Jika anda ingin lebih menghemat maka anda perlu bekerja lebih ekstra lagi. Kerjakanlah semua yang anda rasa bisa anda kerjakan sendiri, misalkan mendesain kartu undangan sendiri dan mencetaknya sendiri sesuai dengan format yang anda dan pasangan sukai. Anda jangan memutuskan untuk membuat undangan dipercetakan jika hasil yang anda dapatkan lebih bagus ketika anda buat sendiri.

Jika masih memiliki banyak waktu, anda dan pasangan juga bisa membuat souvenir sendiri dengan memanfaatkaan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Meskipun dari barang bekas tetapi bukan berarti itu tidak bisa menghasilkan barang yang berkualitas. Dan yang terpenting ketika anda membuatnya anda jangan asal-asalan agar barang yang dihasilkan pun tidak asal-asalan. Atau jika kemampuan anda terbatas, anda bisa meminta bantuan teman atau saudara terdekat anda untuk membuatnya. Dan intinya, apapun itu jika bisa dilakukan sendiri maka lakukanlah dengan sendiri. Selain menghemat cara ini juga bisa membuat anda lebih kreatif lagi.

7. Membandingkan antara vendor yang satu dan yang lainnya

Jika sebelum menjelang hari pernikahan anda ditawarkan oleh salah satu penyedia barang atau jasa perlengkapan resepsi pernikahan, maka berusahalah untuk tidak langsung memutuskan memilihnya. Pasalnya anda berhak untuk mendapatkan semua yang berkualitas sesuai dengan dana yang anda keluarkan. Jika anda telah bertemu dengan pihak penyedia barang atau jasa yang pertama, maka janganlah pernah ragu untuk mencari yang lainnya sebagai pembanding. Bisa saja penyedia barang dan jasa kedua atau ketiga lebih murah dan berkualitas dibandingkan dengan yang pertama.

Itulah cara mempersiapkan pesta pernikahan tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Meskipun memiliki dana yang pas-pasan tetapi tidak mustahil untuk anda bisa menggelar pesta pernikahan yang spesial. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)