Ketika waktu liburan telah tiba, tentunya kita semua akan semangat menyambut waktu tersebut dengan segudang rencana rekreasi. Menghabiskan waktu liburan untuk bermain dan rekreasi tentunya sangat menyenangkan. Namun meskipun begitu anda juga harus memperhatikan satu hal, terlebih lagi jika anda memiliki rencana rekreasi yang akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan terlebih lagi di bawah sinar matahari langsung. Anda harus waspada, jangan sampai setelah rekreasi kulit anda menjadi hitam, terbakar, kusam, kotor dan kering.

Perlu diketahui juga, bahwa terlalu lama di bawah paparan sinar matahari tanpa menggunakan pelindung apapun dapat memicup terjadinya kanker kulit. Nah, anda tidak ingin hal tersebut terjadi dan menimpa anda bukan? Oleh sebab itulah anda harus mencegah itu semua. Nah, di bawah ini beberapa cara efektif melindungi kulit dari sengatan matahari. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

Cara melindungi kulit dari sengatan matahari

Cara Efektif dan Mudah Melindungi Kulit Dari Sengatan Matahari Agar Kulit Tidak Gosong dan Terbakar

1. Aplikasikan sunscreen

Alangkah baiknya jika anda menghindari kegiatan di luar ruangan atau di bawah sinar matahari antara pukul 10 pagi sampai pukul 4 sore. Karena sinar matahari pada jam rawan tersebut sangat berbahaya untuk kulit.

Jika pun terpaksa harus melakukan kegiatan pada jam tersebut, maka anda harus menggunakan sunscreen dengan SPF di atas 15 pada seluruh kulit anda 30 menit sebelum keluar ruangan. Sangat dianjurkan juga mengulangi pemakaian sunscreen setelah 3 atau 4 jam, karena seperti yang diketahui sunscreen atau tabir surya hanya mampu bekerja secara maksimal selama 4 jam saja.

Sunscreen ini sangat bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dan tubuh dari sinar UV. Anda bisa mengoleskan suncreen pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari secara langsung. Dan hal yang perlu anda perhatikan adalah hindari menggunakan suncreen di dekat area mata, hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi pada mata.

2. Sedia air mineral

Ketika berada di bawah sinar matahari, tubuh kita tentunya akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Dimana ketika tubuh dehidrasi maka kulit pun akan kering. Nah, alangkah baiknya jika anda menyediakan air mineral untuk membantu menjaga kelembaban kulit anda.

Selain itu, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memang dipercaya bisa memberikan perlindungan dari dalam terhadap kulit anda, seperti misalkan makanan yang banya mengandung vitamin E dan vitamin C.

3. Gunakan pelindung

Ketika berada di luar maka sebaiknya anda menggunakan topi atau payung. Kedua benda tersebut sangat wajib anda bawa ketika keluar rumah terutama ketika berada di bawah sinar matahari. Pilihlah topi yang lebar agar mampu memberikan perlindungan secara maksimal. Selain melindungi kulit, penggunaan topi juga dapat melindungi rambut anda agar tidak kering dan rontok.

Selain kulit anda juga harus melindungi area mata, karena sinar matahari yang mengenai mata langsung mampu meningkatkan terjadinya penyakit katarak. Tidak hanya itu, sinar matahari juga mampu membakar mata beserta area yang ada sekitar mata. Nah, untuk melindungi mata dan area mata anda bisa menggunakan kacamata.

4. Pilihlah busana yang nyaman

Ketika berada di luar ruangan maka anda diharapkan memilih busana dengan bahan katun, hal ini disebabkan karena bahan katun bisa menyerap keringat. Oleh sebab itulah, dengan pemilihan bahan yang tepat tubuh akan menjadi terasa nyaman.

Jika memungkinkan, anda dapat menggunakan busana yang dapat menutupi daerah tangan atau kaki agar tidak terbakar. Anda juga harus menghindari penggunaan busana warna hitam yang lebih mudah menyerap panas dan akan membuat tubuh semakin terasa panas

Itulah beberapa cara melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak gosong atau terbakar. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...