Mencintai dan dicintai merupakan hal yang paling membanggakan. Ketika kita mencintai seseorang maka kita dapat mengekspresikan seluruh cinta dan kasih sayang kepada seseorang. Begitu juga ketika kita dicintai, ketika dicintai maka kita akan merasa bangga dan bahagia karena ternyata selain keluarga ada orang lain yang bisa menyayangi kita dengan tulus. Nah, ketika dua sejoli saling mencintai maka mereka menganggap bahwa dunia ini adalah milik berdua. Bahkan karena saking bahagianya mereka tidak melihat dan mempedulikan orang-orang disekitarnya. Hal-hal yang sebelumnya pahit pun terasa manis jika dilalu berdua. Ya itulah gambaran dan keindahan ketika sedang merasakan jatuh cinta.

Namun, pada kenyataannya hubungan asmara tidak hanya diwarnai oleh momen-momen indah dan romantis saja. Ketika menjalani hubungan percintaan, tentunya semua pasangan pasti memiliki masalah ataupun kesalahan yang dilakukan berdua hingga berujung pada pertengkaran. Biasanya ketika bertengkar segala perasaan yang membuat gundah diluapkan dengan menggunakan emosi, sehingga hubungan akan semakin rumit dan yang lebih parahnya hingga berakhir pada perpisahan. Pertengkaran yang dihadapi dengan emosi pun dapat membawa masalah kecil menjadi besar.

Baca Juga:

Bertengkar pada dasarnya merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Namun bagaimana pun keadaan atau kejadiannya, ketika kesal anda harus bisa menyeimbangkan emosi yang dirasakan agar perdebatan bisa tetap sehat dan tidak sampai berujung pada perpisahan. Jikalau sampai berpisah pun bukan tenang yang dirasakan melainkan bisa jadi anda menyesal. Untuk itu agar perpisahan tidak sampai terjadi anda harus bisa meredam amarah ketika sedang bertengkar bersama pasangan. Meredam amarah memanglah sangat sulit, namun jika anda benar-benar menginginkan hubungan asmara tetap bertahan dan awet maka anda harus mengetahui cara meredam amarah ketika sedang bertengkar bersama pasangan anda. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredam amarah ketika bertengkar bersama pasangan.

Cara Efektif Meredam Amarah Ketika Bertengkar

1. Bersikap tenang

Semua orang di dunia ini tidak ada yang sempurna kecuali Tuhan. Setiap orang tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing termasuk dalam hubungan asmara. Nah, anda dan pasangan anda tentunya sering melakukan beberapa kesalahan baik itu disadari ataupun tidak disadari. Ketika pasangan anda tidak sesuai dengan keinginan anda, ataupun melakukan kesalahan pastiany anda kesal, merasa ingin marah dan emosi pun meledak-ledak. Tetapi ingatlah mengungkapkan amarah ketika anda sedang kesal kepada pasangan anda bukanlah merupakan jalan yang terbaik karena mungkin hal tersebut akan membuat keadaan tambah panas. Cobalah untuk bersikap lebih tenang ketika menghadapi amarah. Berfikir rasionalah sambil anda mengingat penyebab anda marah tersebut. Nah, setelah anda merasa lebih nyaman, cobalah untuk selesaikan masalah diantara anda dan pasangan anda dengan baik-baik.

2. Bersikap toleransi

Bersikap toleran ketika sedang bertengkar merupakan taktik yang bagus untuk menenangkan dan mendinginkan suasana yang sedang tegang dan panas. Meskipun anda merasa sangat kesal kepada pasangan anda itu bukan berarti anda bisa meluapkan amarah dengan sesuka hati anda. Cobalah redam amarah anda dengan berkata lembut dan halus kepada pasangan anda. Bersikaplah lebih toleran, sabar dan tempatkan diri anda pada posisi yang tepat.

3. Mengingat hal-hal baik

Ketika sedang marah, pastinya semua orang berfikir dan berbicara dengan hati yang panas, bahkan ada diantaranya beberapa orang yang justru memikirkan hal-hal yang tidak baik akan hubungan asmara yang dijalankannya. Oleh sebab itu, cobalah untuk berfikir positif dengan mengingat semua hal yang baik tentang pasangan anda, misalkan ketika ia selalu ada ketika anda membutuhkan, pengorbanan cinta yang besar kepada anda, memberikan semua yang anda inginkan dan yang lainnya. Ketika mengingat hal-hal tersebut otomatis hati anda akan menjadi luluh, setelah itu introspeksi diri kenapa anda bisa marah kepada pasangan anda.

4. Jangan ucapkan kata-kata yang dapat memperparah suasana

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ketika sedang marah maka kita sering sesuka hati meluapkan amarah yang dirasakan dengan mengungkapkan kata-kata yang tidak terkontrol. Nah, hal yang perlu anda ingat ketika sedang marah janganlah sampai mengucapkan kata-kata yang dapat memperkeruh suasana, seperti "kamu selalu begitu" atau " kamu gak pernah mengerti aku" kepada pasangan anda.

Ketika hati sedang panas pun jangan pernah anda mengucapkan bahwa anda benci kepada pasangan anda, ya kerana ucapan seperti itu jstru akan membuat pasangan anda tersinggung yang kemudian akan kembali marah kepada anda, dengan begitu amarah anda bukannya redam malah akan semakin meledak-ledak. Hindarilah kata-kata seperti itu dan berfikirlah kembali sebelum anda akan mengucapkan sesuatu ketika sedang marah.

5. Jangan ngotot

Nah hal inilah terkadang yang bisa membuat hubungan yang sebenarnya sudah baik-baik saja dan marah sudah semakin mereda akan terpicu kembali. Untuk itu, ketika pasangan anda sudah mengaku kesalahannya atau pembicaraan sudah selesai, jangan pernah ngotot untuk menanyakan hal-hal yang masih mengganjal.

6. Melampiaskan kemarahan

Jika amarah dan emosi yang anda rasakan memang benar-benar tidak bisa terbendung lagi, maka anda bisa melampiaskan amarah anda. Namun, hal yang perlu anda ingat janganlah pernah melampiaskan amarah pada hal-hal yang negatif, namun lampiaskanlah semua amarah anda pada hal-hal yang positif seperti melakukan kegiatan atau hobi yang anda senangi seperti berenang, memasak, membaca buku dan yang lainnya.

7. Pergi bersama teman

Nah cara ini merupakan cara yang sangat ampuh untuk meredam amarah kepada pasangan. Ketika amarah sedang memuncak cobalah anda ajak teman-teman anda untuk pergi berlibur ataupun hanya sekedar jalan-jalan saja. Ketika pergi bersama teman-teman anda bisa melepaskan pikiran dan kekesalan sejenak. Selain itu, anda juga akan bisa merasa lebih tenang ketika menghadapi masalah.

8. Menunda

Jika anda benar-benar sedang dalam emosi yang memuncak, cobalah untuk menunda pembahasan suatu hal bersama pasangan anda. Pasalnya jika anda memakasakan maka hal itu justru akan memicu sebuah pertengkaran dan emosi anda pun akan semakin memuncak. Tenangkanlah terlebih dahulu diri anda. Jika perlu catatlah hal-hal apa saja yang akan anda bicarakan kepada pasangan anda agar tidak keluar dari topik pembahasan.

9. Ungkapkan yang anda rasakan

Ketika sedang marah cobalah anda katakan semua perasaan dan unek-unek anda kepada pasangan anda dan berhenti untuk menyalahkan dan memojokannya. Jika pasangan anda menanggapi keluhan anda dengan baik maka otomatis amarah yang anda rasakan pun akan meredam.

Demikianlah cara efektif meredam amarah kepada pasangan ketika sedang bertengkar. Kesimpulannya, ketika sedang marah pilihlah kata-kata bijak agar bisa meredakan tingkat emosi anda ataupun pasangan anda dan hindari segala macam bentuk kata-kata kasar. Kemampuan mengontrol diri dan mengendalikan emosi dalam memilih kata-kata peredam emosi kuncinya yaitu kesadaran serta kemauan kuat dari dalam diri masing-masing pasangan agar bisa membuat hubungan semakin harmonis dan romantis.

Loading...

Loading...