Memiliki rambut yang hitam dan panjang adalah dambaan setiap wanita. Untuk mereka yang ingin memiliki rambut panjang tak jarang menyambung rambut di salon kecantikan. Padahal sebenarnya memanjangkan rambut juga bisa dilakukan dengan cara atau perawatan alami. Selain tidak perlu mengeluarkan uang banyak, menggunakan cara alami juga diketahui lebih aman.

Meskipun saat ini banyak produk rambut untuk memanjangkan rambut, namun tidak ada salahnya anda mencoba perawatan alami untuk memanjangkan rambut. Berikut ini kami hadirkan cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami yang dapat anda simak.

Baca Juga:

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Cara-memanjangkan-rambut-dengan-cepat-1.jpg

Dengan cara ini anda tidak akan langsung mendapatkan rambut panjang seperti yang anda inginkan. Hanya saja, perawatan yang tepat akan membantu pertumbuhan rambut sehingga rambut akan lebih mudah panjang. Simak cara memanjangkan rambut dengan cepat di bawah ini.

Potong Rambut

Banyak anggapan bahwa dengan memotong rambut maka pertumbuhan rambut akan terangsang, serta menjadikan rambut lebih tebal. Hanya saja, anggapan tersebut sepenuhnya tidak benar. Karena memotong rambut tidak akan menjadikan rambut langsung cepat tumbuh. Potong rambut dengan rutin dilakukan bertujuan untuk menjadikan rambut tetap dalam keadaan sehat sehingga akan terhindar dari kerusakan seperti misalkan rambut bercabang dan mudah patah. Agar rambut tetap sehat anda harus dengan rutin memotong  bagian ujung rambut.

Hindari Keramasa Setiap Hari

Keramas setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan rambut. Minyak alami yang dihasilkan oleh rambut akan hilang jika kita melakukan keramas setiap hari. Apabila minyak alami pada rambut hilang akibatnya rambut akan menjadi kering serta pertumbuhannya tidak baik. Agar pertumbuhan rambut tetap sehat dan membuat rambut cepat panjang, anda sebaiknya keramas setidaknya sebanyak 2 sampai 3 hari sekali.

Saat keramas, pastikan anda menggunakan air dingin. Air dingin dapat membuat kutikula rambut menjadi lembut, serta mencegah rambut kering dan rusak yang biasanya terjadi akibat proses menata rambut baik dengan catokan rambut, hairdryer atau alat pengeriting rambut.

Setelah Keramas Gunakan Kondisioner

Setelah keramas sebaiknya anda menggunakan kondisioner.  Anda dapat menggunakan kondisioner selama seminggu minimal 1 kali untuk mengganti lipid dan protein yang semakin menurun pada batang rambut. Tidak hanya itu, menggunakan kondisioner juga akan membuat kutikula rambut menutup supaya kerusakan pada rambut tidak terjadi semakin parah. Saat menggunakan kondisioner, pastikan anda hanya menggunakannya pada bagian ujung rambut saja. Hindari menggunakan kondisioner pada bagian kulit kepala karena akan menyebabkan rambut menjadi rontok.

Setelah Keramas Keringkan Rambut dengan Alami

Setelah keramas banyak wanita yang mengeringkan rambutnya dengan menggunakan hairdryer. Padahal sebenarnya terlalu sering mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer akan menyebabkan rambut menjadi kering, mudah rontok dan patah-patah. Untuk menjaga kesehatan rambut sebaiknya hindari mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdrayer. Anda dapat mengeringkan rambut dengan alami.

Anda cukup mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan. Selain itu, anda juga bisa mengeringkan rambut menggunakan kipas angin. Hanya saja, jika anda harus terpaksa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut karena waktu yang mendesak, sebaiknya gunakan hairdryer dengan jarak yang cukup jauh dengan rambut, serta suhunya tidak terlalu panas. Jarak hairdryer yang dekat dengan rambut, serta suhunya terlalu panas tidak baik untuk kesehatan rambut.

Saat Rambut Masih Basah, Hindari Menyisir Rambut

Setalah keramas dan rambut dalam keadaan basah, sebaiknya hindari menyisir rambut. Perlu anda ketahui rambut yang keadaannya masih basah biasanya cenderung lemah serta lebih mudah rusak apabila dibandingkan dengan keadaan rambut kering.

Hindari menyisir rambut saat basah. Anda bisa menyisir rambut ketika dalam keadaan kering 2 kali sehari, terlebih lagi sebelum tidur. Pemilihan sisir itu sendiri perlu diperhatikan. Sebaiknya pilih sisir dengan gigi jarang atau anda bisa menggunakan sisir dengan bulu halus agar rambut tidak rontok. Untuk menguraikan rambut atau merapikan rambut anda bisa menggunakan jari dengan lembut dan perlahan. Hindari menarik rambut terlalu kencang untuk menghindari rambut dan kulit kepala rusak.

Gunakan Minyak Esensial Rambut

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menumbuhkan atau memanjangkan rambut yaitu dengan menggunakan minyak esensial. Anda bisa mengaplikasikan minyak esensial pada kulit kepala anda. Minyak esensial selain bermanfaat untuk membuat akar rambut lebih kuat, juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat. ( Baca juga : Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus Dipotong )

Perhatikan Asupan Nutrisi

Selain memperhatikan perawatan rambut, anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi. Anda dapat mengosumsi makanan dengan kandungan vitamin B dan vitamin A yang bisa didapatkan dari kacang-kacangan, serta sayuran karena akan membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Hindari Stres

Seperti yang kita ketahui stres akan mempengaruhi kesehatan. Selain itu, siklus pertumbuhan rambut juga akan terganggu akibat stres. Jika stres anda yang alami semakin berat, maka pertumbuhan rambut anda akan semakin lambat. Maka dari itu, agar terhindar dari efek buruk stres anda harus bisa mengelola stres dengan baik.

Meningkatkan Asupan Protein

Rambut terdiri dari asam amino, keratin yang mengandung protein yang akan membuat pertumbuhan rambut semakin meningkat. Jika protein yang anda konsumsi semakin sedikit, maka keratin yang dihasilkan akan menjadi lebih sedikit. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut anda bisa meningkatkan protein yang anda konsumsi setiap harinya.

Untuk memanjangkan rambut anda juga bisa menggunakan cara alami menggunakan masker alami. Berikut ini cara memanjangkan rambut dengan menggunakan masker alami.

Masker Putih Telur

Cara-memanjangkan-rambut-dengan-cepat-2.jpg

Cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami bisa menggunakan masker putih telur. Pada putih telur terkandung nutrisi yang akan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat. Simak cara memanjangkan rambut dengan menggunakan masker putih telur di bawah ini.

  • Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan telur sebanyak 3 butir bersama dengan minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan.
  • Setelah itu manfaatkan bagian putih telurnya saja. Lalu campurkan dengan minyak zaitun. Aduk kedua bahan ini hingga merata.
  • Selanjutnya aplikasikan masker rambut ini pada kulit kepala dan rambut anda sambil diberikan pijatan lembut. Lalu diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit supaya nutrisi yang terkandung pada telur dapat meresap dengan sempurna pada rambut dan kulit kepala agar rambut sehat dan kuat.
  • Terakhir anda bisa membilas rambut sampai benar-benar bersih.

Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit sudah tidak bisa diragukan lagi. Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut. Sebagai cara memanjangkan rambut dengan menggunakan lidah buaya, anda bisa simak di bawah ini.

  • Silakan siapkan lidah buaya secukupnya saja. Lalu cuci bersih lidah buaya tersebut.
  • Setelah itu, ambil bagian gel lidah buaya. Lalu anda bisa mengoleskannya pada rambut dengan menyeluruh.
  • Diamkan selama beberapa saat lalu anda bisa membilas rambut hingga bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Kentang

Cara-memanjangkan-rambut-dengan-cepat-3.jpg

Siapa sangka ternyata sayuran yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut. Kentang diketahui dapat memanjangkan rambut dengan efektif. Berikut cara memanjangkan rambut dengan kentang.

  • Silakan sediakan kentang sebanyak 2 buah, 1 buah telur dan madu sebanyak 1 sendok makan. Lalu kupas kulit kentang dan bersihkan.
  • Setelah itu, haluskan kentang dengan menggunakan blender. Lalu tambahkan madu murni sebanyak 1 sendok makan, serta kuning telur 1 buah.
  • Kemudian oleskan campuran bahan-bahan ini pada rambut anda dengan merata, begitupun pada akar rambut.
  • Tunggu selama kurang lebih 30 menit. Terakhir anda bisa membilas rambut hingga bersih.

Jahe

Jahe memiliki manfaat yang bagus untuk memanjangkan rambut dengan alami. Jahe diketahui dapat merangsang sirkulasi darah, serta folikel rambut dapat terangsang sehingga dapat menyerap oksigen dan nutrisi dengan lebih baik. Efeknya pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan rambut cepat panjang.

Tidak hanya itu, sifat antiseptik dimiliki oleh jahe yang akan memecah ragi yang menjadi penyebab ketombe. Menggunakannya dengan rutin akan membuat pH kulit kepala menjadi seimbang. Selain itu rambut juga akan menjadi lebih berkilau. Berikut ini cara memanjangkan rambut dengan jahe.

  • Siapkan jahe secukupnya saja bersama dengan minyak alpukat, 10 tetes air lemon dan santan sebanyak 1/2 cangkir.
  • Kemudian kupas jahe. Lalu parut dan peras untuk mendapatkan airnya.
  • Setelah itu silakan tambahkan minyak alpukat sebanyak 1 sendok makan ke dalam air perasan jahe. Aduk merata.
  • Selanjutnya silakan tambahkan santan sebanyak 1/2 cangkir. Aduk-aduk kembali hingga merata.
  • Langkah berikutnya silakan tambahkan air jeruk lemon sebanyak 10 tetes. Aduk hingga merata.
  • Kemudian aplikasikan masker ini pada rambut anda dengan merata. Aplikasikan dengan menggunakan sisir supaya lebih mudah. Supaya masker dapat menyerap pada kulit dengan sempurna anda bisa menyisirnya dengan memberikan tekanan pada rambut.

Minyak Jarak

Minyak jarak juga diketahui dapat membantu memanjangkan rambut dengan alami. Simak cara memanjangkan rambut dengan menggunakan minyak jarak berikut ini.

  • Pertama-tama silakan siapkan minyak jarak secukupnya saja.
  • Kemudian sebelum tidur silakan pijat rambut dengan minyak jarak. Pijat rambut dan kulit kepala dengan lembut. Lalu diamkan selama semalaman.
  • Saat pagi harinya anda bisa membilas atau mencuci rambut hingga benar-benar bersih.
  • Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin 1 hingga 2 kali dalam seminggu yang dilakukan selama beberapa minggu.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa manfaatnya sudah terkenal bagus untuk perawatan rambut. Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk memanjangkan rambut. Berikut ini cara memangjangkan rambut dengan menggunakan minyak kelapa.

  • Silakan siapkan minyak kelapa secukupnya saja.
  • Kemudian oleskan minyak kelapa dengan merata pada rambut dan kulit kepala anda.
  • Setelah itu silakan bungkus rambut dengan menggunakan penutup kepala. Lakukan cara ini sebelum tidur.
  • Saat esok harinya anda bisa mencuci rambut hingga benar-benar bersih.
  • Struktur asam lemak dimiliki oleh minyak kelapa, serta bisa dengan mudah meresap pada rambut. Efeknya rambut yang rusak dapat diperbaiki.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran, beserta polusi yang menempel pada rambut. Juga akan menghilangkan residu akibat produk perawatan rambut. Selain itu, sari cuka apel juga diketahui dapat membantu memanjangkan rambut dengan alami. Berikut ini cara memanjangkan rambut dengan alami menggunakan cuka sari apel.

  • Silakan siapkan cuka apel sebanyak 2 sendok makan.
  • Lalu masukan cuka apel ke dalam air sebanyak 1 liter.
  • Kemudian anda bisa membilas rambut dengan menggunakan air yang sudah dicampurkan dengan cuka apel ini.
  • Anda bisa melakukan cara ini sebagai langkah terakhir setelah keramas.
  • Apabila anda tidak kuat dengan aroma cuka, maka anda bisa menambahkan minyak esensial favorit beberapa tetes saja.
  • Hanya saja, jika tidak suka menggunakan cuka sari apel anda bisa menggunakan jus lemon ke dalam air dengan menggunakan takaran yang sama.

Air Mawar

Air mawar bermanfaat untuk memanjangkan rambut, membuat rambut sehat, lebih berkilau dan kuat. Berikut cara yang bisa anda lakukan.

  • Silakan sediakan air mawar secukupnya saja.
  • Kemudian air mawar disemprotkan pada rambut setelah anda selesai keramas.
  • Selanjutnya kulit kepala dipijat dengan lembut menggunakan gerakan melingkar.
  • Setelah itu, silakan oleskan kondisioner rambut yang biasa anda  gunakan pada bagian batang rambut saja.
  • Tunggu selama beberapa menit. Lalu anda bisa mencuci rambut hingga benar-benar bersih dengan menggunakan air hangat.

Minyak Hangat

Cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan minyak hangat. Caranya dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak hangat seperti minyak jojoba, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan atau minyak linen sesuai dengan keinginan. Hal yang harus anda ingat, panaskan sedikit saja minyak, jangan panaskan hingga mendidih namun panaskan minyak hingga sedikit hangat. Untuk mengetahui caranya simak di bawah ini.

  • Silakan sediakan salah satu minyak seperti yang sudah disebutkan di atas. Lalu hangatkan, namun jangan sampai mendidih. Anda cukup menghangatkannya sedikit saja.
  • Apabila minyak sudah sedikit hangat, anda bisa memijat kulit kepala menggunakan pijatan lembut dengan gerakan melingkar.
  • Pijat selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Lalu minyak sisa bisa anda oleskan pada rambut anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir anda bisa mencuci rambut hingga bersih.
  • Cara ini dapat membuat rambut anda cepat panjang, serta menjadikan rambut lebih sehat dan mengkilap. Apalagi jika anda melakukannya dengan rutin. ( Lihat juga :  )

Masker Teh

Masker teh juga bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Simak cara memanjangkan rambut dengan masker teh di bawah ini.

  • Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan teh hijau celup sebanyak 1 kantong dan air panas sebanyak 1 gelas.
  • Setelah itu, kantong teh rendam dalam air panas selama kurang lebih 7 hingga 8 menit.
  • Saat airnya sudah hangat anda bisa mengoleskan teh hijau pada kulit kepala anda. Tunggu selama kurang lebih 1 jam.
  • Selanjutnya bilas rambut dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut serta menghindari rambut rontok. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat menggunakan masker ini dengan rutin 2 kali dalam seminggu. Selain menggunakan kantong teh anda juga bisa menggunakan bubuk daun teh hijau. Pasalnya bubuk daun teh hijau lebih kaya akan kandungan nutrisi sebab tidak mengalami proses produksi yang panjang.

Nah, demikian beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat dan alami yang bisa anda lakukan di rumah. Dengan perawatan yang tepat, selain membuat rambut lebih panjang juga akan menjadikan rambut lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...