Cara Mematikan Koneksi Internet di Android

Pengguna android seringkali mengeluhkan penggunaan pulsa yang terpotong terus menerus sejak menggunakan ponsel atau tablet yang berbasis android. Perlu anda ketahui bahwa ponsel berbasis android akan selalu memberikan notifikasi yang menghubungkan aplikasi dengan koneksi internet. Sehingga untuk anda yang ingin menghemat pulsa maka sebaiknya mematikan koneksi internet.

Mematikan koneksi internet di android sebenarnya cukup sederhana akan tetapi bagi kebanyakan pengguna baru kurang mengetahui cara yang untuk mematikan koneksi internet tersebut. Pada tutorial kali ini, kami akan membisikan cara untuk mematikan koneksi internet akan tetapi sebelumnya kami akan memberi tahu pengaruh yang akan terjadi apabila koneksi internet terputus.

Baca Juga:

Apabila ponsel android anda terhubung ke internet atau server aplikasi android lainnya maka secara otomatis akan melakukan sinkronisasi data. Sedangkan apabila anda mematikan koneksi internet maka ponsel atau tablet yang berbasis android tidak dapat menerima notifikasi atau pemberitahuan terbaru dari setiap aplikasi yang membutuhkan koneksi internet. Tentu saja anda tidak dapat menerima pemberitahuan terbaru melalui email, jejaring social atau update terbaru lainnya yang anda unduh.

Sedangkan bagi anda yang menggunakan aplikasi yang diunduh secara gratis di android market seringkali disertai dengan iklan yang mengharuskan anda menggunkan koneksi internet. Faktor ini pula yang dapat menyebabkan anda kehilangan pulsa. Dengan demikian penting untuk anda mengetahui cara untuk mematikan koneksi internet di ponsel anda sehingga dapat menghemat pulsa anda :

Cara Pertama mematikan koneksi internet Android :

Bagi beberapa tipe ponsel yang berbasis android cara untuk mematikan koneksi internet yaitu degan cara menekan dan tahan power (tombol on/off) maka akan menampilkan pilihan untuk mematikan koneksi internet (disable data connection).  

Cara Kedua mematikan koneksi internet Android :

Meskipun cara pertama sangat mudah akan tetapi tidak semuanya dapat menggunakan cara tersebut. Apabila tidak terdapat di ponselnya maka anda dapat melakukan settings <wireless & Networks < Mobile Networks < Pada bagian use packed data , sebaiknya anda jangan mencentang atau dikosongkan saja. Bila terdapat tulisan Use Packed Data tidak ditemukan carilah tulisan  Data Enabled.

Cara Ketiga mematikan koneksi internet Android :

Sedangkan untuk mematikan internet Android dapat juga dengan menggunakan APN duplikat atau settingan internet palsu dengan cara berikut :

1.    Anda dapat menekan tombol HOME kemudian tombol MENU, setelah itu pilihlah Settings (pengaturan)

2.    Pilihlah untuk Wireless & Networks (Nirkabel & Jaringan)

3.    Kemudian pilih Mobile Networks (jaringan selular)

4.    Selanjutnya pilih menu Access Point Names (APN)

5.    Kemudian setelah masuk ke menu APN, lanjutkan dengan menekan tombol Menu lalu pilih New APN (APN Baru).

6.    Selanjutnya masukkan data secara “asal-asalan”, misalnnya :

  • Name (Nama): apn palsu
  • APN:  apnoff
  • Yang lainnya tidak perlu diisi

7.    Kemudian setelah selesai kemudian menekan tombol MENU kemudian pilih Save / Simpan

8.    Selanjutnya pilih “APN Palsu” yang baru saja dibuat dengan menyentuh lingkaran.

Loading...

Loading...