Pernahkah Anda bertanya-tanya apa sih perbedaan komedo, jerawat dan bisul? Jika dilihat dari bentuknya, sekilas komedo, jerawat dan bisul memiliki karasteristik bentuk yang sama, benar kan? Iya, sama-sama berbentuk bulat, ada yang bernanah putih, dan membengkak sehingga menimbulkan rasa sakit. Tapi Ladies, sebenarnya komedo, jerawat dan bisul adalah tiga tipe penyakit kulit yang berbeda. Mau tahu cara membedakanya? Yuk kita simak pembahasanya berikut ini.

Komedo adalah tingkatan paling rendah jerawat. Jadi pada dasanya komedo adalah asal mula bentuk jerawat. Komedo timbul akibat menyumbatan minyak di pori-pori kulit. Biasanya komedo ini menyerang daerah T wajah, yaitu dahi bagian atas alis, hidung serta dagu. Kenapa ya di bagian ini? Hal ini dikarenakan bagian T wajah adalah bagian dimana kelenjar minyak banyak aktif berproduksi. Maka tidak mengherankan jika di daerah ini, wajah sering sekali berminyak. Komedo sering juga disebut sebagai jerawat ringan. Hal ini dikarenakan komedo tidak mengalami peradangan seperti jerawat. Saat komedo diangkat, bentuknya biasanya berbentuk gumpalan kecil berbentuk bulat berwarna putih kekuningan. Komedo juga sering disebut sebagai jerawat kering. Hal ini dikarenakan biasanya pada proses pembentukan jerawat tidak melibatkan bakteri, sehingga tidak terjadi infeksi seperti nanah. Itulah mengapa komedo sering juga disebut jerawat kering.

Baca Juga:

Disisi lain, jerawat adalah komedo yang telah lama membusuk dan melibatkan kuman masuk ke dalam penyumbatan. Dengan kata lain, jerawat disebabkan oleh penyumbatan minyak hasil dari produksi kelenjar minyak di pori-pori kulit dengan melibatkan kuman. Pada saat minyak dihasilkan oleh kelenjar minyak, minyak akan secara perlahan ikut membawa sel kulit mati. Biasanya pada situasi ini, bakteri akan ikut masuk menyerap bersama minyak. Saat minyak tersumbat di pori-pori kulit, minyak akan menumpuk dan bakteri akan berkembang. Nah pada situasi seperti ini, jerawat mulai berkembang membentuk benjolan menggembung seperti bentol. Itulah mengapa jika jerawat lama tidak diobati, maka jerawat akan berubah menjadi semakin meradang. Pada saat proses peradangan ini, biasanya ditandai dengan titik putih di tengah jerawat. Proses peradangan biasanya menghabiskan waktu sekita 3-4 hari.

Sedangkan bisul atau abses adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphyloccocus Aureus. Gejala awalnya berbentuk bulat seperti jerawat tanpa nanah namun lama kelamaan akan berubah menjadi kemerahan dan memiliki puncah nanah berwarna putih. Puncak nanah berwarna putih ini adalah sel darah putih dan protein yang sedang melawan bakteri Staphyloccocus Aureus. Pada kasus seperti ini, bisul akan merembet ke jaringan kulit disekitarnya. Maka tidak heran biasanya bisul ini sering terasa nyut-nyutan, dan tubuh pun merasa demam. Hati-hati ya Ladies, kalo Anda mengalami bisul jangan dimainkan dengan jari atau jarum yang tidak steril. Lebih baik Anda periksa ke dokter, terutama bagi penderita diabetes atau gula, biasanya abses ini bisa jadi salah satu pertanda bahwa kadar gula Anda sedang tinggi naik.

Loading...

Loading...