Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu

Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan SusuPada sejatinya, wanita merupakan makhluk tuhan yang selalu ingin tampil sempurna. Biasanya untuk tampil dengan sempurna bukan hanya penampilan saja yang diperhatikan, tetapi kadang kala hal-hal lainnya juga selalu tidak luput dari perhatian wanita yakni masalah barang-barang atau perlengkapan yang dipercaya bisa menunjang kesempurnaan dalam berpenampilan, seperti halnya sepatu, tas, dompet dan barang lainnya.

Nah, meskipun dompet ini selalu disimpan di dalam tas dan diperlihatkan hanya sesekali jika hendak mengeluarkan uang, tetapi tetap saja barang ini selalu menjadi salah satu barang yang tidak pernah diabaikan oleh para wanita. Justru, ada dari beberapa wanita yang rela mengeluarkan kocek yang tidak sedikit demi membeli barang yang satu ini, karena para wanita ini mempercayainya bahwa dengan barang-barang yang cantik dan juga memiliki harga tinggi bisa meningkatkan kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Namun, sebenarnya untuk mendapatkan barang yang digunakan untuk menyimpan uang tersebut tidaklah harus membeli dengan harga yang tinggi. Sebenarnya, jika kreatif anda juga bisa membuat dompet ini dari bahan-bahan bekas seperti karton bekas susu ataupun minuman lainnya. Meskipun terdengar sederhana, tetapi dompet ini tidak akan kalah cantik dengan dompet yang biasa anda beli dengan harga yang mahal. Namun, mungkin yang membedakannya dompet sederhana yang dibuat dengan bahan yang sederhana pula ini juga tidak memiliki merk yang bisa anda pamerkan. Meskipun begitu, percayalah penampilan anda akan tetap sempurna dengan dompet cantik yang sederhana ini.

Nah, anda penasaran bagaimana cara membuatnya? Jika penasaran sebaiknya anda simak langsung tutorialnya di bawah ini. Namu sebelumnya, anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan juga sangat penting untuk anda mengetahui tips sebelum membuat dompet sedehana ini.

Tips atau Saran Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Susu

Pemilihan Karton

Nah, karena pada kesempatan kali ini bahan utama yang digunakan yaitu karton bekas susu, untuk itu pilihlah karton dengan kualitas yang baik. Usahakan anda memilih karton dengan ukuran yang lumayan besar, karena ukuran dari karton akan menentukan besarnya dompet yang akan anda buat.

Pilih Kain yang Menarik dan Cantik

Pada tutorial kali ini kita juga membutuhkan sepotong kain, dimana kain ini digunakan untuk melapisi atau membungkus karton. Nah, agar dompet yang akan dibuat terlihat lebih cantik, untuk itu pilihlah kain dengan motif yang menarik dan anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan, misalkan anda memilih kain dengan motif bunga ataupun motif animasi jika dompet tersebut dibuat untuk adik maupun anak anda.

Kreatif

Nah, dalam hal ini kekreatifan juga sangat diperlukan. Bukan hanya pemilihan kain yang tepat saja agar dompet yang dibuat bisa cantik dan menarik, tetapi anda juga perlu inovasi lain untuk membuat dompet sederhana ini bisa terlihat lebih menarik, misalkan anda tambahkan pernak-pernik atau aksesoris lainnya.  Anda juga bisa menghias dompet ini sesuai dengan selera anda, misalkan menambahkan kancing-kancing ataupun batu-batu hiasan. Atau mungkin saja anda bisa menambahkan tali agar dompet tersebut bisa diselempangkan layaknya tas.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

  • 1 buah karton bekas susu
  • 1 buah gunting
  • 1 buah penggaris
  • Lem secukupnya
  • Kain sisa secukupnya
  • Perekat khusus dompet
  • Aksesoris untuk hiasan seperti batu hias
  • Brush atau kuas
  • Lem panas
  • Bolpoin atau pensil

Jika anda telah mengetahui alat dan bahan yang diperlukan sekarang anda bisa langsung simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu

Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu1. Langkah pertama yaitu, buka karton bekas kemasan susu yang telah disediakan, lalu tekan hingga mengempis. Setelah itu, gunting sedikit bagian dari ujung bawah dan atas karton tersebut. Selanjutnya, lipatkan sisi kiri dan kanan pada karton tersebut seperti pada gambar.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu2. Setelah itu, batasi ujung bawah dengan menggunakan penggaris sepanjang 7 cm. Lalu, garisi dengan menggunakan gunting dan lipatkan ujung bagian bawah yang telah diukur tersebut ke atas.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu3. Setelah itu, garisi batas ujung bagian bawah yang telah dilipatkan ke atas dengan menggunakan gunting, lalu lipatkan karton bagian atas ke bawah. Setelah itu, gunting garis lipatan pada ke dua sisi karton bagian bawah.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu4. Setelah itu buka karton dan potong pada bagian atas seperti pada gambar di atas.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu5. Lalu, lipatkan bagian bawah karton ke atas dan ambil penggaris lalu buat garis menggunakan gunting tepat pada sisi bagian bawah karton yang telah dilipatkan, seperti pada gambar. Lalu, lipatkan bagian atas karton dan bagian tersebut difungsikan sebagai tutup dompet itu.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu6. Setelah itu buka karton seperti pada gambar di atas.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu7. Lalu, aplikasikan lem dengan cukup menggunakan brush atau kuas pada permukaan luar karton tersebut. Setelah itu, siapkan kain yang sebelumnya telah disiapkan lalu simpan karton tersebut di atas kain, dimana bagian karton yang telah dilem berada di bawah. Lalu, tekan karton tersebut secara merata agar karton merekat kuat dengan kain. Setelah itu, potong kain sesuai dengan bentuk karton dan sisakan kain sepanjang 2 cm dari masing-masing sisi. Jika sudah gunting kain dengan arah menyerong pada tiap-tiap sudut karton, dengan tujuan agar lebih mudah untuk dilipatkan. Kemudian, lem pada tiap-tiap sisi karton dan lipatkan kain ke arah dalam mengikuti letak lem, lalu tekan dengan kuat agar kain tidak kembali membuka.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu8. Setelah itu, lipatkan dompet seperti pada gambar di atas, lalu lem bagian salah satu sisinya dengan menggunakan lem panas dan satukan dengan bagian sisi yang lainnya. Setelah itu, lipatkan karton bagian bawah ke atas dan lem dengan menggunakan lem panas pada bagian dalam agar karton yang dilipatkan tidak terlepas kembali. Kemudian aplikasikan perekat pada bagian tutup dompet dan bagian badan, lalu lem dengan menggunakan lem panas.
Cara Membuat Dompet Cantik dari Karton Bekas Kemasan Susu9. Langkah yang terakhir yaitu, aplikasikan aksesoris sebagai hiasan pada dompet yang telah anda buat tersebut dengan menempelkan batu hiasan yang cantik atau hiasan lainnya.

Nah, itulah cara membuat dompet sederhana dari karton bekas kemasan susu. Sangat menarik bukan? Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tutorialnya pada video di bawah ini.

 

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...