Selain dengan cara pergi ke dokter, jerawat juga dapat diobati dengan sering mengkonsumsi jamu tradisional. Berikut ini beberapa resep jamu yang bisa Anda buat sendiri di rumah:

1.  Jamu Temulawak

Baca Juga:

Pertama-tama siapkan bahan berikut ini temulawak sebanyak 2 kali ibu jari, kencur sebanyak 2 kali ibu jari, asam satu tangkai, jinten setengah sendok teh, gula aren secukupnya. Kemudian, kupas kulit temulawak dan kencur. Campur temulawak, kencur, asam, jinten dan gula aren dan di rebus dengan satu gelas air dengan api sedang selama 20 menit. Aduk perlahan. Jika sudah mendidih tiriskan. Jamu siap dihidangkan.

2.  Masker Bunga Melati

Selain jamu, adapun masker bahan alami yang dapat digunakan pada mereka yang menderita jerawat. Pertama-tama siapkan bunga melati yang kuncup atau pun yang mekar sebanyak 20 buah, asam jawa 2 ruas, perasan jeruk nipis 2 sendok makan,satu buah belerang sebesar kelereng. Cuci semua bahan dengan bersih kecuali belerang. Campur semua bahan lalu perlahan masukan perasan jeruk nipis. Ulek bahan hingga halus. Setelah halus, oleskan bahan masker ke daerah wajah hindari daerah mata. Diamkan selama 30menit. Setelah selesai,bilas dengan air dingin. Lakukan masker ini pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

3.  Masker Jeruk Nipis

Pertama-tama siapkan 2 buah jeruk nipis, setengah sendok teh belerang dan dua tetes minyak bayi zwitsal. Gerus dan lembutkan belerang ditambahkan dengan perasan air jeruk nipis lalu masukin dua tetes minyak bayi zwitsal untuk meminimalisir bau belerang. Setelah itu, oleskan pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

4.  Masker Putih Telur

Pertama-tama siapkan 1 buah telur ayam sisihkan bagian kuningnya dan sebuah jeruk lemon. Lalu pecahkan putih telur dan pisahkan kuningnya. Kocok hingga berbusa dan tambahkan 4 tetes perasan jeruk lemon. Oleskan putih telur ke wajah namun hindari area mata. Diamkan selama 25-30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

5.  Masker Belimbing

Sebelum Anda meramu masker ini, Anda harus terlebih dahulu memperhatikan jenis kulit Anda. Hal ini dikarenakan masker belimbing tidak diperuntukan untuk jenis kulit yang sensitif. Berikut langkah-langkahnya, pertama-tama siapkan belimbing waluh sebanyak 5 buah lalu garam secukupnya. Lalu cuci bersih belimbing lalu tiriskan. Potong-potong belimbing lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu masukan garam secara perlaha. Setelah halus, oleskan ke bagian wajah kecuali mata. Diamkan selama 15 menit.Setelah selesai, bilah wajah dengan air hangat. Lalu keringkan dengan handuk atau tisu. Selamat mencoba!

Loading...

Loading...