Cara Membuat Masker Mangga Untuk Kesehatan Kulit WajahMangga, tentunya semua orang tahu akan buah yang satu ini, buah yang segar serta lezat ini banyak di favoritkan oleh semua orang. Buah ini berbentuk lonjong serta memiliki daging dengan tekstur yang halus. Buah ini bisa kita makan secara langsung dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Selain bisa dimakan langsung mangga juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman misalkan diolah menjadi jus, manisan mangga, puding mangga dan lainnya.

Mangga merupakan buah yang berasal dari india dan memiliki bentuk yang berubah-ubah tergantung jenisnya mulai dari bulat telur sampai lonjong memanjang. Varietas mangga sangatlah beraneka ragam diantaranya yaitu mangga gadung, mangga gedong, mangga harum manis, mangga golek, mangga indramayu dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga:

Mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, di dalam mangga terdapat kandungan karotenoid yang berfungsi untuk mencegah kanker. Selain itu kandungan asam galat yang terdapat pada buah mangga pun sangat baik untuk pencernaan, dan kandungan riboflavinnya efektif untuk menjaga kesehatan mulut, tenggorokan dan mata.

Namun selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, di dalam mangga juga terdapat kandungan seperti vitamin A, C, dan E yang sangat efektif untuk kulit, seperti mencerahkan kulit, mengatsi kulit kering dan kusam, serta melembabkan kulit. Oleh sebab itu sangat bagus melakukan perawatan kulit dengan menggunakan mangga. Cara perawatan kulit dengan buah mangga sangatlah mudah, anda bisa mengkonsumsi buah mangga secara langsung atau menjadikan mangga sebagai masker. Mangga merupakan salah satu buah yang efektif untuk dijadikan masker. Berikut akan kami jelaskan cara membuat masker dari mangga untuk kesehaatn kulit.

Masker lumpur mangga

Salah satu masker dengan memanfaatkan buah mangga yaitu masker lumpur mangga. Caranya yaitu, Siapkan mangga dan kupas  kulitnya. Setelah itu haluskan seperempat dari buah mangga tersebut dengan menggunakan blender atau food processor. Usahakan ketika menghaluskan  jangan terlalu halus. Selanjutnya, anda tambahkan 1/4 cangkir susu beserta madu sebanyak 1 sendok makan. Untuk mengentalkannya anda bisa menambahkan bubuk lumpur atau oat halus . Bahan yang telah di campurkan tersebut kemudian anda aduk secara merata, dan yang terakhir anda bisa mengaplikasikannya pada wajah dan leher tunggu selama 15 menit dan bersihkan wajah anda dengan air hangat.

Masker mangga dan madu

Selain masker lumpur mangga anda juga bisa membuat masker mangga dan madu.  Caranya yaitu potong mangga dengan ukuran kecil-kecil. Lalu campurkan empat sendok makan mangga yang telah di potong tersebut dengan 1 hingga 2 sendok makan madu beserta 1 1/2 sendok olive oil. Setelah itu anda bisa menggunakannya sebagai masker pada wajah anda selama 15-20 menit, kemudian bilas wajah anda menggunakan air hangat. Masker ini bertujuan untuk melembabkan kulit wajah anda, namun selain itu juga berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menyumbat pori-pori.

Masker AHA

Yang terakhir yaitu masker AHA. AHA ini biasanya sering ditemukan pada buah-buahan. AHA merupakan jenis asam yang sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Pada buah mangga yang banyak mengandung AHA justru pada kulitnya. Cara membuat masker AHA ini yaitu dengan mencuci terlebih dahulu buah mangga kemudian kupas. Kulit buah mangga tersebut janganlah anda buang, karena untuk masker ini kita hanya memanfaatkan kulitnya saja. Dengan masker ini anda tidak perlu repot-repot mengolahnya terlebih dahulu tetapi cukup mengusapkan bagian dalam dari kulit mangga ke seluruh wajah anda, diamkan selama 15-20 menit setelah itu anda bisa membersihkan wajah anda. Pada saat keluar rumah anda di anjurkan untuk menggunakan sunblock karena asam alami pada buah sangat rentan membuat kulit terkena efek buruk dari sinar matahari.

Demikian cara membuat masker buah mangga untuk kulit sehat. Melakukan perawatan kulit di rumah sendiri menggunakan bahan alami tentunya lebih menghemat biaya dan juga aman untuk dilakukan.

Loading...

Loading...