Tidak hanya bisa dimakan, pisang juga bisa diolah menjadi masker rambut. Ada banyak manfaat masker pisang untuk kecantikan rambut. Nah, untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa membuat masker pisang di rumah seperti berikut ini.

Cara-membuat-masker-pisang-untuk-rambut.jpg

Baca Juga:

Cara Membuat Masker Pisang

Coba perawatan rambut dengan masker pisang untuk mendapatkan manfaatnya yang bagus. Nah, berikut ini cara membuat masker pisang untuk rambut.

Cara Membuat Masker Pisang dan Madu

Masker pisang dan madu ini bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe pada rambut. Pasalnya, pisang dan madu mengandung antioksidan sehingga akan membantu membuat kulit kepala lembab.

  • Siapkan pisang sebanyak 1 hingga 2 buah. Pastikan anda menyiapkan pisang yang sudah matang. Siapkan juga madu sebanyak kurang lebih ½ hingga 1 sendok makan.
  • Selanjutnya kupas pisang dan haluskan hingga membentuk pasta. Lalu campurkan dengan madu. Aduk hingga merata.
  • Silakan masker dioleskan pada rambut, terutama pada bagian kulit kepala, serta ujung rambut anda yang bercambung. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membilas rambut dengan menggunakan air hangat. Jika ingin rambut lebih lembut, anda bisa mengaplikasikan kondisioner.

Cara Membuat Masker Pisang dan Telur

Masker pisang dan telur akan membuat rambut nampak berkilau, serta tumbuh dengan lebat. Yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

  • Pertama, silakan siapkan terlebih dahulu bahan-bahan seperti buah pisang sebanyak 1 hingga 2 buah, serta telur 1  butir.
  • Kemudian silakan kulit pisang dikupas dan haluskan pisang hingga membentuk pasta.
  • Jika sudah, silakan masukan telur ke dalam adonan pisang. Aduk hingga tercampur dengan merata.
  • Selanjutnya aplikasikan pada rambut dan pusatkan di bagian kulit kepala, serta pada bagian ujung rambut bercabang. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  • Terakhir anda bisa membilas rambut dengan menggunakan air hangat.

Manfaat Masker Pisang Untuk Rambut

Pada pisang terkandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Pada buah pisang terkandung vitamin B dan kalium yang cukup tinggi. Pada pisang juga diketahui mengandung silika, yang merupakan senyawa mineral yang bisa menjadi silikon. Dimana silikon ini merupakan unsur kimia yang akan membuat rambut lebih kuat dan tebal. Anda bisa memanfaatkan pisang untuk dibuat menjadi masker rambut untuk mendapatkan manfaatnya seperti berikut.

Menjadikan Rambut Berkilau

Masker pisang akan membantu membuat rambut menjadi lebih berkilau. Pada pisang terkandung antioksidan tinggi yang akan mencegah rambut kusam. Selain itu, antioksidan juga akan melindungi rambut kita dari radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, serta polusi.

Mengurangi Ketombe

Ketombe merupakan permasalahan rambut yang umum dialami. Rambut berketombe disebabkan karena kulit kepala terlalu kering atau berminyak, serta jamur. Masker pisang mengandung antibakteri yang bermanfaat untuk mengurangi pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Tidak hanya itu, masker pisang juga akan menjaga kelembaban kulit kepala sehingga ketombe akan berkurang.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Masker pisang juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Masalah rambut rontok yang kita alami bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti stres yang bisa menyebabkan rambut rontok. Efeknya rambut akan rapuh, serta sulit untuk diatur.

Masker pisang yang kaya akan kandungan antiokisdan akan menyerap pada kulit kepala, serta membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Tidak hanya itu, rutin menggunakan masker pisang juga akan membuat folikel rambut kuat dan pertumbuhan rambut menjadi cepat.

Itulah cara membuat masker pisang dan manfaatnya untuk rambut. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...