Ketika dua insan memutuskan untuk melanjutkan hubungan asmaranya pada tahap yang serius, maka mereka pun pastinya akan merencanakan sebuah pernikahan. Pernikahan adalah sebuah hubungan yang sangat sakral. Dalam melangsungkan pernikahan kedua insan yang merajut tali kasih harus benar-benar teguh pada komitmen awal yang sudah mereka ambil.

Masa awal pernikahan merupakan masa-masa yang paling membahagiakan untuk semua pasangan suami istri. Mengapa tidak, pada masa-masa tersebut rasa cinta yang menggebu dan kasih sayang yang tiada batas tentunya akan masih terasa sekali. Masa awal pernikahan adalah masa baru bagi sepasangan suami istri dalam mengaruhi bahtera rumah tangga. Untuk itulah, pada masa itu perasaan yang muncul adalah perasaan yang masih baru, belum ada perasaan yang akan mengecewakan satu sama lainnya, karena pastinya anda dan pasangan akan menjaga sikap agar tidak mengecewakan.

Baca Juga:

Cara-memelihara-keharmonisan-hingga-akhir-hayat

Ketika anda telah sah menikah dengan suami anda, maka pada saat itu juga perjalanan pernikahan baru dimulai. Di dalam menjalani sebuah hubungan pernikahan pastinya anda akan mengharapkan semuanya berjalan dengan baik dan mulus, tidak ada permasalah dan tidak akan ada rintangan yang menghampiri. Namun keinginan tersebut hanyalah keinginan semata, pasalnya dalam pernikahan kita tidak akan terlepas dari yang namanya perselisihan, perbedaan pendapat, pertengkaran dan yang lainnya. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pernikahan akan menyatukan dua orang yang berbeda menjadi satu tujuan.

Ketika perbedaan dan perselisihan pendapat mulai terjadi, anda jangan merasa heran. Mendapatkan pernikahan bahagia dan harmonis untuk selamaya bukanlah hal yang mudah, dimana dibutuhkan ketabahan dan juga kesabaran yang lebih. Dalam perjalanan pernikahan, anda akan menemui banyak kesenangan serta kebahagiaan bersama pasangan anda, namun dibalik itu semua anda pun akan mendapatkan kesulitan.
Semua itu akan anda lalui bersama dengan pasangan pendamping hidup anda. Karena sebelum memtuskan untuk menikah, pastinya anda sudah menentukan pasangan yang benar-benar tepat dan pasangan yang anda cintai tanpa adanya paksaan apapun. Bila anda sudah nyaman dengan pilihan anda, maka anda harus bisa meyakini bahwa perjalanan pernikahan anda akan lebih mudah untuk dijalani. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda simak dan lakukan agar pernikahan yang anda jalani bersama pasnagan selalu harmonis dan bahagia selamanya hingga akhir hayat.

Cara Membuat, Menjaga dan Memelihara Rumah Tangga Agar Tetap Harmonis Hingga Akhir Hayat

1. Selalu ingat komitmen yang telah anda dan pasangan buat di awal

Mengingat janji suci yang telah anda dan pasangan ucapkan dihadapan Tuhan dan keluarga merupakan salah satu cara ampuh agar pernikahan tetap terpelihara. Pada saat anda dan pasangan sudah memutuskan berjanji untuk setia, menerima kekurangan serta kelebihan pasangan, dan akan menerima pasangan dalam keadaan apapun baik itu susah ataupun senang, maka lakukanlah janji anda berdua tersebut.
Anda dan pasangan sudah siap untuk menikah, maka anda pun sudah siap untuk hidup bersama sepanjang masa. Oleh sebab itu, jadikanlah komitmen yang telah anda berdua ucapkan di awal sebagai landasan untuk memelihara hubungan pernikahan agar keadaan tetap sama seperti masa awal pernikahan.

2. Selalu pupuk cinta anda dalam setiap waktu

Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna, termasuk juga anda. Rasa cinta dan sayang yang anda rasakan kepada pasangan pun akan setiap saat berubah menjadi sebuah kebencian ketika pasangan anda menyakiti dan mengecewakan anda. Keadaan ini memanglah sangat manusiawi, namun semuanya pun akan tergantung kepada anda berdua tentang bagimana harus menghadapi dan menyikapi masalah yang menghadang, serta mencari cara untuk memperkuat lagi cinta di antara anda berdua yang hampir memudar.

Untuk mengatasi semua itu, maka cobalah untuk menanamkan dan memupuk rasa cinta anda setiap saat agar cinta yang anda tanamkan tersebut tetap subur dan tumbuh sebagaimana harusnya. Katika anda memupuk rasa cinta setiap saat, maka kejenuhan dan kebosanan yang memang sebelumnya anda rasakan akan lambat laun memudar dan justru yang ada perasaan cinta anda kepadanya akan semakin besar dan mengebu-gebu. Hal ini akan membawa keharmonisan serta kebahagiaan pada hubungan pernikahan anda berdua.

3. Rencanakan pernikahan dan jalankan semuanya itu dengan tepat

Sebelum anda hendak memulai membuka usaha, pastinya anda pun telah merencanakan hal-hal apa saja yang harus anda lakukan agar anda tidak salah sasaran dan akan tetap berjalan agar usaha yang anda bangun tersebut memberikan keuntungan bagi anda. Nah, sama halnya dengan sebuah hubungan pernikahan. Dimana sebelum memulai pernikahan, pastikan anda sudah membangun fondasi pernikahan dan pastikan juga anda telah menyusun rencana serta strategi yang harus dilakukan agar pernikahan yang akan anda jalankan selalu harmonis. Ketika anda telah membuat itu semua, maka hal yang harus anda berdua lakukan yaitu menjalankannya dengan baik dan tepat. Saling menghormati, menghargai, memahami, tulus, jujur, terbuka dan menjaga komunikasi yang baik adalah beberapa strategi baik yang bisa anda lakukan.

4. Jangan mengeluh dan nikmati hidup bersama pasangan anda setelah menikah

Saat sebelum menikah, pastinya anda pun tahu bagaimana caranya untuk menikmati hidup sendiri agar selalu bahagia. Dan setelah menikah cobalah anda pun belajar untuk memahami setiap sudut dalam kehidupan pernikahan. Karena pada saat anda masuk ke dalam kehidupan pernikahan, maka kehidupan anda pun akan berubah secara drastis. Namun meskipun begitu tetaplah pahami itu semua dan jangan sampai mengeluh terlebih lagi dihaapan pasangan anda sendiri. Setelah menikah, cobalah untuk menyesuaikan setiap keadaan atau moment indah yang anda lalui bersama dengan pasangan anda. Cobalah untuk melibatkan pasangan dalam setiap kebahagiaan yang anda rasakan. Pernikahan yang harmonis dan bahagia akan selalu menyertai anda, jika anda tahu bagimana caranya menikmati kehidupan bersama pasangan anda sendiri.

5. Menjaga romantisme

Ada kalanya, sepasang suami istri yang sudah lama berada dalam mahligai rumah tangga tidak lagi memperhatikan dan peduli pada masalah yang satu ini. Jika sebelum menikah atau pada masa awal pernikahan selalu ada kata-kata pujian dan melakukan apapun bersama-sama, namun setelah cukup lama menjalin hubungan maka kegiatan seperti itu sudah tidak dipedulikan lagi. Bahkan perhatian pun seperti barang mahal. Padahal perlu anda ketahui, bahwa menjaga romantisme atau kemesraan sangat dibutuhkan oleh pasangan suami istri sampai kapan pun, tidak cuma ketika pacaran dan pada masa awal pernikahan saja.

Sekedar memberikan bunga, menggandeng tangan, saling melontarkan pujian atau hanya berjalan-jalan menyusuri tempat romantis akan membuat hubungan pernikahan menjadi selalu harmonis. Hal-hal seperti itu akan kembali memercikan rasa cinta di antara anda berdua.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat, menjaga dan memelihara pernikahan agar tetap harmonis selamanya. Keharmonisan dalam hubungan pernikahan hanya anda dan pasanganlah yang bisa menciptakannya. Untu itu, berusahalah agar pernikahan anda tetap kekal dan bahagia sampai akhir hayat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...