Cara Membuat Partisi pada Hard Disk

Terkadang mungkin terlintas dalam benak  untuk membagi hard disk menjadi beberapa drive. Hal ini disebut partisi atau volume. Anda mungkin menginginkan beberapa partisi untuk memastikan integritas dari beberapa jenis data, untuk menginstal sistem operasi yang berbeda pada satu komputer, atau untuk membatasi jumlah ruang informasi tertentu dapat diisi, seperti musik atau video.

Proses untuk mempartisi hard disk tidak selalu rumit, meskipun risiko hilangnya semua data saat ini berada pada disk tersebut. Untuk alasan ini, sangat penting untuk Anda membuat cadangan semua yang ingin Anda simpan. Dan berikut kami bisikan tata cara bagaimana membuat sebuah partisi pada Windpws XP, Vista dan Windows 7.

Baca Juga:

1.    Buka "Disk Management." Untuk melakukan hal ini, tekan tombol "Windows" dan "R" tombol pada keyboard Anda pada waktu yang sama. Ketik "diskmgmt.msc" ke dalam kotak dialog yang muncul dan tekan "Return."

2.    Tentukan disk yang ingin Anda partisi.

  • Klik kanan pada disk yang diinginkan, dan pilih "Shrink Volume" dari menu konteks.
  • Klik kanan pada "Unallocated Space" dan pilih "New Simple Volume" dari menu konteks.

3.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh Wizard ketika dimunculkan.

  • Masukkan ukuran yang diinginkan dari partisi baru dalam megabyte. Ukuran drive baru tidak dapat melebihi jumlah ruang yang tidak terisi.
  • Tentukan huruf/surat apa  yang anda inginkan untuk mewakili volume yang baru ini.
  • Klik "Next" dalam kotak "Format Partition" untuk memformat partisi segera.
  • Kemudian klik “Finish” jika seluruh step sudah dilewati.
Loading...

Loading...