Cara Memeriksa Kecepatan Internet

Memeriksa kecepatan internet pada komputer akan sangat membantu anda. Terutama jika saat anda melakukan aktivitas dengan internet, baik menjelajahi internet maupun melakukan download atau hal lainnya dan tiba-tiba jaringan mengalami gangguan. Tentunya mengetahui kecepatan internet akan membuat anda mengetahui penyebab terganggunya koneksi jaringan. Selain itu, mengetahui kecepatan internet adalah hal yang berguna untuk memecahkan masalah koneksi internet anda. Dan berikut kami bisikan tata cara memeriksa kecepatan internet, simak berikut ini.

Metode 1: Periksa Dari Komputer

Gunakan PC untuk mengetahui seberapa cepat komputer Anda berinteraksi dengan internet. Sebelum Anda memulai, pastikan komputer Anda terhubung ke internet. Caranya bisa anda lakukan dengan :

Baca Juga:

1.    Buka menu Start kemudian pada kolom search bar di menu ini ketikan "Network."

2.    Jika sudah didapat, klik pada meu ‘Network’ tersebut.

3.    Kemudian pilih menu ‘View status’ untuk bisa mendapatkan informasi mengenai kecepatan internet anda.

Metode 2: Metode Alternatif

1.    Tutup semua aplikasi yang sedang dijalankan, sebelum memeriksa kecepatan internet. Anda tentunya tidak ingin jika aplikasi lamban mengganggu pengukuran kecepatan internet anda. Dan jangan lupa untuk selalu memastikan jika internet Anda selalu terhubung.

2.    Pergi online dan lakukan pencarian untuk ‘internet speed tests’ (tes kecepatan internet). Anda akan menemukan sejumlah sumber dari mana anda bisa memilih.

3.    Pilihlah  beberapa untuk menjalankan tes tersebut. Sebagian besar situs tes kecepatan internet akan menjual sesuatu. Namun hal ini bukanlah masalah besar. Namun jika anda diminta untuk mencoba menjalankan test melalui PC anda sebelum anda bisa menjalankan test kecepatan internet yang sederhana, sebaiknya carilah website lain yang lebih mudah.

4.    Anda akan menemukan Speakeasy dan PC Pitstop yang memiliki tujuan test yang mudah dipilih. Hal ini baik, karena dengan begini anda bisa membandingkan keduanyanya dari city yang sama, dan membandingkan hasilnya.

5.    Jika diminta, pilihlah server yang lokasinya dekat dengan anda. Jarak anda yang terlalu jauh dari server, bisa jadi salah satu alasan melambatnya koneksi internet anda.

6.    Bandingkan kecepatan internet anda dengan rata-rata. Bandingkan seberapa cepat internet Anda berjalan dengan kecepatan khas untuk ukuran internet.

  • Dial-up modem: 10- 40 kB/detik.
  • DSL atau kabel: 500 kB / detik.
  • T-1: 1000 + kB / detik

7.    Jalankan tes kecepatan internet untuk membantu menentukan apakah Anda mengalami masalah, atau hanya untuk menjaga penyedia layanan internet Anda jujur.

  • Hasil tes kecepatan internet akan bervariasi dari satu tester ke tester lainnya. Ada banyak alasan untuk mengapa hal ini terjadi yakni, jarak dan metric untuk uji server menjadi dua yang utama. Sering kali, Anda akan tidak tahu di mana tujuan tes, jadi ingatlah hal ini. Beberapa tes memungkinkan Anda memilih lokasi untuk menguji. Biasanya, tes terbaik untuk menjalankan adalah lokasi server yang paling dekat dengan anda. Hal ini karena Anda mencoba untuk menguji koneksi Anda dan memastikan  bahwa PC Anda / koneksi baik-baik saja.

8.     Hubungan ISP jika anda sudah tidak bisa lagi menangani masalah pada jaringan. Dengan begini, perbaikan yang dilakukan pada koneksi internet setidaknya akan lebih aman dan terpercaya.

Loading...

Loading...