Cara Meminimalisir Penggunaan CPU Pada Komputer

Central processing unit (CPU) pada sebuah komputer bekerja mengendalikan tugas dan proses yang berjalan pada komputer pada waktu tertentu. Jika komputer Anda rendah pada memori, atau menjalankan beberapa tugas dan program secara bersamaan, CPU pada komputer bisa saja mengalami masalah. Salah satu factor penyebabnya dipicu kerena komputer terlalu banyak bekerja, yang sering menyebabkan komputer Anda berjalan lebih lambat atau terlalu panas secara fisik.

Untuk mengurangi penggunaan daya pada CPU komputer, Anda harus terlebih dahulu menentukan untuk mengeleminasi proses atau aplikasi yang memakan daya CPU terlalu besar. Anda kemudian dapat berhenti menjalankan proses-proses tertentu atau menghentikan proses lain yang berjalan pada saat yang bersamaan namun tidak anda gunakan, untuk membantu mempercepat proses pada komputer dan CPU.

Baca Juga:

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak memori (RAM) pada komputer Anda untuk memungkinkan proses tertentu dan menjalankan aplikasi secara lebih efisien tanpa mengkonsumsi daya CPU dalam jumlah besar. Ingin tahu bagaimana cara meminimalisir pengunaan CPU pada komputer anda? Berikut kami bisikan tata-caranya, simak berikut ini.

1.    Akses daftar dari proses yang sedang berjalan di komputer anda. Dengan demikian Windows Task Manager akan memungkinkan Anda untuk melihat daftar semua proses yang sedang berjalan pada komputer dan jumlah setiap aplikasi yang memakan daya pada CPU.

  • Klik kanan pada taskbar utama di layar komputer Anda dan pilih "Start Task Manager."
  • Klik pada tab "Processes". Anda kemudian akan diberikan  daftar lengkap dari proses yang sedang berjalan pada komputer Anda.

2.    Menentukan proses menggunakan CPU.

  • Klik langsung pada "CPU" kolom dalam Windows Task Manager. Ini akan mengurutkan proses komputer Anda dalam urutan dengan jumlah penggunaan CPU.

3.    Akhiri proses yang memakan daya CPU dalam jumlah besar. Dengan menghentikan proses tertentu yang paling banyak memakan daya CPU, dengan bagini Anda dapat meningkatkan kecepatan dan waktu loading dikomputer Anda.

  • Klik langsung pada setiap proses ditampilkan dalam jendela Task Manager akan menyoroti bahwa proses tertentu.
  • Klik pada tombol "End Process" yang terletak di bagian bawah jendela Task Manager. Pilih dengan hati-hati program yang akan dihentikan, karena beberapa dari mereka diperlukan untuk menjalankan fungsi dasar, gunakan mesin pencari internet untuk definisi tugas. Selanjutnya, komputer akan merelokasi sumber daya CPU dari proses yang anda hentikan untuk semua proses yang saat ini anda jalankan.

4.    Tentukan jumlah RAM komputer Anda. Prosedur ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan berapa banyak RAM yang Anda butuhkan untuk menjalankan proses tertentu yang mengkonsumsi lebih banyak daya pada CPU.

  • Klik pada "Start" menu dari desktop komputer Anda, kemudian klik kanan pada "Computer" atau "My Computer."
  • Pilih "Properties" dari menu yang muncul, kemudian tinjau jumlah RAM di sebelah kolom berjudul "Installed memory (RAM)."

5.    Tentukan jumlah RAM yang Anda butuhkan.
•    Konsultasikan dengan produsen perangkat lunak yang Anda gunakan atau produsen komputer Anda untuk menentukan jumlah RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan proses tertentu. Misalnya, jika Anda perlu untuk mengurangi penggunaan CPU untuk memainkan game pada komputer tertentu, lihatlah  instruksi manual game atau kemasan untuk menentukan berapa banyak RAM yang diperlukan untuk bisa secara efisien bermain game.
6.    Belilah RAM tambahan jika diperlukan.
•    Konsultasikan dengan ahli komputer atau orang yang mengerti masalah untuk menentukan jenis RAM yang dapat Anda beli serta  metode untuk menginstal RAM. Agar kinerja komputer anda bisa lebih maksimal.

Loading...

Loading...