Rambut adalah mahkota untuk para wanita, tak heran bila banyak orang mendamba memiliki rambut indah dan sehat. Selain paras wajah yang menarik, kecantikan rambut pun akan senantiasa memberikan kesan yang lebih mempesona pada seorang wanita. Itulah mengapa ketika rambut mengalami masalah maka tentu hal ini akan menjadi beban yang cukup berat untuk sebagian perempuan.

Terutama rambut yang rusak dan bermasalah. Biasanya sebagian orang akan memilih memotong rambut untuk mengatasi permasalahan rambut yang rusak. Meskipun tidak terlalu ingin memotong rambut, akan tetapi cara ini seringkali dianggap lebih ampuh dan cepat untuk menghilangkan kerusakan pada bagian rambut dengan merata.

Baca Juga:

Akibatnya, rambut panjang yang sudah dinanti begitu lama harus dengan rela dipotong dengan mudah sebab rambut yang rusak sulit sekali untuk disembunyikan. Namun sebenarnya, mengatasi rambut yang rusak tidak melulu harus pergi ke salon dan dengan terpaksa memotong bagian ini. Sebab anda bisa memperbaikinya dengan memperhatikan beberapa langkah dibawah ini. Penasaran seperti apa? Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Rambut Rusak Tanpa Harus Dipotong

Jangan biarkan impian memiliki rambut panjang yang indah dan sehat terkendala hanya karena permasalahan rambut rusak yang sulit dihindari. Sebab rambut yang rusak sendiri bisa kita perbaiki dengan mudah. Yang terpenting adalah perhatikan perawatan rambut baik dari luar maupun dari dalam. Penasaran seperti apa saja cara memperbaiki rambut rusak tanpa harus dipotong? Mari simak beberapa informasi menariknya dibawah ini.

1. Deteksi Sejak Awal Penyebab Kerusakan Rambut Anda

Seharusnya cukup mudah untuk mendeteksi sejak dini mengenai masalah apa yang memicu kerusakan pada bagian rambut anda. Hanya dengan melihat atau memperhatikan, kerusakan rambut akan bisa terlihat. Hanya saja, bila mungkin anda masih belum yakin dengan pemicu tersebut maka mari perhatikan beberapa jenis pemicu kerusakan rambut yang bisa terjadi.

Split Ends (Rambut Bercabang)

Ada banyak kondisi atau keadaan suatu rambut yang bisa dikategorikan sebagai rambut rusak. Nah, split end atau rambut bercabang dibagian ujung adalah salah satu tanda dari kerusakan rambut yang memang penting untuk segera ditangani dengan baik. Sebab selain berpotensi merusak kesehatan rambut. Bagian ujung rambut yang bercang akan tentu terlihat kurang menarik pada saat rambut diikat atau digerai.

Hal ini memungkinkan bagian rambut terlihat ceriwis atau tipis. Ujung rambut pun biasanya terlihat seperti ada bagian putih yang kurang menarik. Salah-salah melihat orang mungkin mengira ini adalah telur dari kutu rambut yang kurang enak dipandang.

Nah, kendati demikian penting sekali memperhatikan pemicu dari kerusakan rambut anda dengan jelas. Penyebab yang jelas pun akan memudahkan anda untuk mengetahui bagaimana penanganan yang terbaik sesuai dengan penyebab yang dialami.

Sementara itu, guna memudahkan anda melihat lebih jelas ujung rambut yang bercabang maka anda bisa melakukannya dengan cara tarik sebagian rambut dan lilit dengan merata. Jika terdapat helai kecil yang tidak merata mencuat dari kumpulan rambut. Maka inilah yang dinamakan dengan rambut bercabang. Jangan abaikan kondisi rambut demikian sebab penting sekali untuk anda mengatasi permasalahan yang satu ini dengan cepat.

Rambut Rontok

Pemicu lain yang bisa membuat rambut menjadi rusak bisa jadi disebabkan oleh adanya ketombe. Ketombe adalah sekumpulan kulit kepala yang mati dan mengering yang apabila digaru maka akan timbul seperti serbuk atau pecahan berwarna putih kekuningan. Modelnya hampir seperti kerak kepala yang kita kenal dengan sebutan craddle cap.

Kondisi rambut berketombe tidak bisa dianggap remah atau dibiarkan begitu saja. Sebab rambut berketombe bisa mungkin disertai dengan rambut rontok. Yang mana tentunya jelas hal ini merusak rambut dan menghilangkan keindahan rambut. Rambut yang berangsur menjadi tipis tentu membuat keindahan rambut semakin berkurang.

Untuknya, penting sekali segera mengatasi permasalahan yang satu ini dengan baik. Atasi rambut berketombe dengan gunakan shampo bebas ketombe. Atau sesuaikan produk perawatan rambut anda dengan keluhan rambut yang anda miliki. Selain itu, hindari pula terlalu sering menggunakan gel rambut dan membiarkan rambut dalam keadaan kotor terlalu lama.

Sebab hal ini akan mungkin membuat ketombe pada rambut menjadi semakin parah. Karena keringat dan kotoran dari rambut akan mungkin bercampur bersama dengan ketombe. Dimana ketika hal ini terus menerus terjadi maka kotoran akan bercampur menjadi kerak kepala yang menjijikan. Maka dari itu, jaga dengan baik kebersihan rambut dan hindari penggunaan produk rambut yang memicu kondisi ini menjadi lebih parah.

Rambut Kusam

Siapa yang tidak jengkel dengan tampilan rambut kusam? Terutama untuk para wanita yang senantiasa ingin tampil menarik dengan rambut yang indan berkilau. Namun pada gilirannya kecantikan rambut malah terlihat kusam dan kurang menarik. Hal semacam ini tentu saja akan menurunkan rasa percaya diri dan membuat kita ogah tampil dengan rambut yang terbuka.

Rambut yang kusam rupanya adalah bagian dari kondisi rambut yang tidak sehat. Yang mana tentunya hal ini penting untuk segera diatasi dengan baik. Sebab bila tidak maka tentunya rambut yang kusam dan kurang menarik ini akan menghilangkan rasa percaya diri anda.

Adapun penyebab dari rambut kusam bisa mungkin dipicu sebab adanya penumpukan produk rambut. Atau kondisi lain yang bisa terjadi adalah rambut yang kehilangan kelembabannya. Akibatnya rambut jadi nampak kurang menarik hal ini pun umumnya membuat tampilan wajah menjadi kurang segar.

Maka dari itu, segera atasi permasalahan rambut kusam dengan memperhatikan penggunaan produk. Saat ini ada banyak produk perawatan rambut untuk rambut berkilau dan sehat. Selain itu, perhatikan pula kelembaban rambut anda agar senantiasa terjaga. Bila perlu aplikasikan minyak rambut dengan merata.

Rambut Kering dan Rapuh

Terlepas dari apapun tekstur dan jenis rambut seseorang, rambut seharusnya lembut dan berkilau. Sebab kondisi rambut yang semacam ini adalah tanda bahwa kelembaban rambut terjaga dengan baik sehingga memberikan kesan yang berkilau dan halus secara merata. Sebaliknya, rambut yang kering dan rapuh adalah tanda dari adanya kerusakan rambut yang harus segera diatasi dengan baik.

Hal ini dikarenakan rambut kering akan tentu membuat seseorang enggan untuk menyentuhnya. Belum lagi, rambut yang rapuh tentu menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Hal ini bisa mungkin menyebabkan rambut tipis dengan tidak merata. Akibatnya, tampilan rambut bisa terlihat tidak simetris atau kurang menarik.

 

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan rambut yang satu ini adalah dengan menghindarkan produk pengering rambut dan segala hal peralatan rambut yang menyebabkan rambut kering dan rusak. Selain itu, penting sekali untuk senantiasa menjaga kelembaban rambut dengan mengaplikasikan kondisioner atau vitamin rambut dengan merata.

2. Menyesuaikan Perawatan Rambut Sesuai dengan Musim

Sama halnya seperti dengan kulit, perawatan rambut sehat pun butuh penyesuaian dengan musim. Hal ini dikarenakan lain musim maka ada banyak pengaruh yang membuat perawatan rambut pun perlu dibedakan. Misalkan ketika musim panas, anda mungkin akan cenderung seringkali menguncir rambut kebagian atas dengan merata. Yang mana tentunya kebiasaan yang satu ini akan dapat menyebabkan penarikan rambut secara konstan. Akibatnya hal semacam ini akan dapat membuat rambut menjadi stress.

Ada banyak pengaruh yang bisa disebabkan dari kondisi rambut yang stres. Seperti halnya rambut rontok, rambut lepek, rambut yang sulit diatur dan lain sebagainya. Sementara itu, pada musim dingin tentunya ada perawatan lain yang penting untuk diperhatikan dengan baik.

Ketika musim dingin seseorang akan cenderung mengabaikan perawatan rambut. Hal ini dapat terjadi sebab pada saat cuaca dingin seseorang cenderung enggan merawat rambut apalagi membersihkannya lewat keramasan sebab menganggap udara yang terlalu dingin membuat mereka jarang berkeringat. Sehingga rambut dianggap selalu bersih.

Itulah mengapa banyak orang yang yang akan cenderung menarik kelembapan rambut, meninggalkannya kering, keriting, kusam dan bahkan kondisi bercabang akan sulit untuk dihindari sebab perawatan rambut sendiri dibiarkan begitu saja. Nah, untuk itulah melihat setiap musim perawatan rambut yang dilakukan senantiasa berbeda.

Maka demikian, perhatikan dengan baik agar anda selalu menyesuaikan perawatan ini dengan musimnya sendiri. Selain itu, jangan biarkan pergantian musim membuat anda meninggalkan perawatan rambut anda. Meski anda tak berkeringat secara berlebihan namun bukan berarti hal ini membuat anda bebas meninggalkan perawatan rambut dengan baik.

3. Tinggalkan Penata Rambut yang Melibatkan Alat Pemanas

Sudah bukan rahasia lagi jika untuk mendapatkan rambut yang cantik dengan model yang berbeda-beda. Seseorang akan cenderung memilih metode tatanan rambut yang melibatkan alat pemanas. Seperti halnya catokan, mesin pengeriting rambut, hairdryer dan masih banyak lagi. Tanpa memperhatikan seberapa panas suhu yang diaplikasikan pada rambut. Dengan tanpa pikir panjang setiap saatnya rambut selalu diubah-ubah gaya dan bentuk.

Nah, tanpa disadari kebiasaan yang satu inilah yang menjadi penyumbang terbesar masalah kerusakan pada rambut. Produk penataan rambut dengan suhu yang panas perlahan akan merusak kesehatan rambut dan membuatnya menjadi kering. Tak heran bila kerusakan rambut seperti rambut kering dan bercabang, juga rapuh adalah kondisi yang sulit untuk dihindarkan.

Untuknya, melihat kondisi yang satu ini maka penting sekali untuk anda senantiasa memperhatikan agar menghentikan atau menghindarkan penggunaan mesin catokan atau mesin penataan rambut yang melibatkan suhu panas.

Termasuk dengan penggunaan mesin pengering rambut. Meskipun tujuannya mempermudah proses pengeringan rambut dalam waktu yang lebih singkat. Akan tetapi, rambut yang dipaksa kering dengan menyemprotkan suhu panas akan tentu menjadi pemicu kerusakan rambut.

Biarkan rambut kering dengan sendirinya atau bila anda memang ingin mempercepat proses pengeringan maka tak perlu menggunakan mesin hairdyer. Sebaliknya anda bisa menggunakan bantuan kipas angin yang tentu lebih aman karena tidak ada suhu panas yang ada didalamnya.

4. Hindarkan Mengeringkan Rambut dengan Menggosoknya Menggunakan Handuk

Tanpa disadari mengeringkan rambut dengan menggosok menggunakan handuk adalah kebiasaan yang seringkali dilakukan banyak orang. Seusai mandi ketika masih berselimutkan handuk dengan mudah kita akan mengambil handuk yang lain dan menggosok-gosok rambut kita dengan sesuka hati. Padahal ada banyak kerugian yang bisa didapatkan dari membiasakan kebiasaan buruk yang satu ini.

Menggosok rambut basah dengan menggunakan handuk mungkin memeras dan mengeringkan sebagian air yang ada pada rambut. Namun hal ini nyatanya tidak benar-benar mengeringkan rambut. Sebaliknya, rambut basah yang rapuh akan terlihat seperti benang kusut. Yang apabila bagian ini disisir dengan paksa maka tentu rambut akan terputus dengan perlahan.

Nah, untuk menghindari masalah yang satu ini maka hindari kebiasaan menggosok rambut dengan menggunakan handuk setelah mandi. Anda boleh menggunakan handuk untuk menghindari rambut basah meneteskan air dan berceceran. Hanya saja, cukup tekan-tekan rambut agar airnya meresap, bukan untuk menggulung-gulung rambut yang akan membuat bagian rambut menjadi kusut dan sulit untuk dirapikan.

5. Potong Ujung Rambut yang Bercabang

Hanya karena rambut bercabang bukan berarti anda perlu memutuskan untuk memangkas habis sebagian rambut yang padahal selama ini anda nanti-nanti untuk bisa panjang. Memang sulit mengatasi rambut bercabang selain daripada memotong rambut dengan merata untuk menghentikan kerusakan pada bagian tersebut.

Nah, untuk menengahi solusi penanganan rambut yang bercabang maka cara yang akan dapat anda lakukan adalah dengan hanya memotong sedikit bagian yang bercabang tersebut dengan merata. Memotong sedikit rambut tentu tidak akan meninggalkan bekas yang terlalu kentara.

Sehingga ukuran rambut anda masih terlihat sama dan rambut dengan ujung yang bercabang bisa diatasi dengan cepat dan mudah. Meskipun sebenarnya sayang melakukan hal ini namun apalah mau dikata daripada memotongnya secara keseluruhan dan harus berdaptasi dengan model rambut yang baru. Akan lebih baik untuk menghentikan cabang rambut dengan memotongnya sendiri.

6. Pertimbangkan Untuk Menjaga Rambut Tetap Pendek

Para ahli setuju bahwa rambut yang panjang cenderung lebih rentan dengan yang namanya kerusakan. Apalagi ketika si pemilik rambut tidak rajin memperhatikan perawatan rambut untuk menjaga kesehatannya dengan baik. Maka tentu saja hal ini akan menjadi ancaman yang nyata pada para pemilik rambut yang panjang.

Bila anda memang belum terlalu mahir menata dan merawat rambut sendiri, khususnya untuk anak-anak. Alangkah lebih baik untuk mempertimbangkan untuk menjaga rambut agar tetap pendek. Selain terlihat lebih ringan dan nyaman, rambut yang semacam ini akan tentu membuat anda tidak kesulitan menata dan merawat rambut.

Untuk tetap mempertahankan kesan elegan dan menarik maka perhatikan dengan baik untuk memilih model rambut pendek yang tidak terlalu dekat dengan leher. Pilihan yang aman adalah dengan memilih model rambut sebahu dimana ukuran ini adalah model rambut yang tidak terlalu panjang namun tidak pula terlalu pendek. Sehingga anda akan tentu bisa menata rambut dengan mudah dan perawatan pun akan tentu lebih praktis dilakukan.

7. Perhatikan Produk Rambut yang Digunakan

Tidak semua produk perawatan rambut akan cocok pada semua jenis rambut. Sama halnya dengan ketika merawat kulit ada jenis kulit yang sensitive yang apabila diberikan jenis produk perawatan maka produk ini perlu dipilih dengan baik dan diperhatikan agar tidak memicu kerusakan atau alergi.

Nah, begitupun dengan rambut untuk menghindari permasalahan rambut yang rusak maka penting sekali untuk anda memperhatikan untuk memilih jenis produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut anda. Hindarkan menggunakan produk perawatan yang malah aka memicu kondisi lebih buruk dari keluhan rambut yang anda alami saat ini. Bila perlu lakukan terlebih dahulu survey pada beberapa produk rambut yang sejenis.

Loading...

Loading...