Rambut rontok merupakan salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu karena akan mempengaruhi penampilan rambut.

Rambut rontok disebabkan karena berbagai macam hal, seperti hormon, genetik atau salah pilih dalam menggunakan produk perawatan rambut. Namun, rambut rontok bisa kita cegah yaitu dengan memperkuat akar rambut dari dalam.

Baca Juga:

Cara alami dianggap cara paling tepat dan aman yang bisa kita lakukan untuk memperkuat akar rambut karena tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Cara alami yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan dimana bahan-bahan tersebut bisa kita temukan dengan mudah dan bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Seperti apa cara memperkuat akar rambut dengan memanfaatkan bahan alami? Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

CARA MEMPERKUAT AKAR RAMBUT DENGAN TEH

Cara Memperkuat Akar Rambut dengan Alami dan Tradisional Untuk Mencegah Rambut Rontok

Buah Alpukat

Selain enak untuk dikonsumsi, buah berwarna hijau dengan tekstur daging yang lembut ini juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut, yang mana salah satunya yaitu membantu menguatkan akar rambut. Buah alpukat mengandung lemak nabati, dimana kandungan tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker yang kemudian kita gunakan untuk bahan creambath alami.

Caranya yaitu, siapkan buah alpukat yang sudah matang. Lalu ambil setengah buah alpukat yang sudah anda siapkan tersebut. Lalu tumbuk atau hancurkan sampai buah alpukat tersebut benar-benar halus. Ketika menghaluskannya, usahakan anda jangan menambahkan air atau campuran apapun.

Sebelum mengaplikasikan masker buah alpukat ini pada rambut, alangkah lebih baiknya jika anda mencuci terlebih dahulu rambut anda dengan mengunakan air hangat agar pori-pori kulit kepala terbuka. Sesudah itu, anda bisa langsung mengaplikasikan masker rambut  dari buah alpukat tersebut ke seluruh bagian kulit kepala anda. Jika sudah, anda bisa langsung membungkus rambut anda dengan menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, anda bisa langsung mencuci rambut anda sampai bersih.

Kelapa

Sari buah kelapa atau santan memiliki manfaat lebih dalam menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok. Kelapa yang baik untuk dijadikan penyubur rambut yaitu kelapa hijau, yang mana kelapa hijau memiliki santan kental lebih banyak.

Caranya yaitu, parut kelapa hijau yang sudah anda siapkan. Lalu ambil santannya, masak santan tersebut untuk dijadikan minyaknya. Sebenarnya, kita bisa membeli langsung minyak kelapa murni. Namun, saat ini menemukan minyak kelapa murni cukup sulit sehingga alternatifnya kita harus membuatnya sendiri di rumah.

Jika minyak kelapa murni sudah didapatkan, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit kepala dan rambut. Lalu pijat kulit kepala anda dengan lembut agar kandungannya bisa terserap sempurna. Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas rambut anda sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa melakukannya secara rutin.

Teh

Menguatkan rambut secara alami dan paling mudah yaitu dengan menggunakan teh. Teh yang dimanfaatkan untuk menguatkan rambut bukanlah teh kantung, melainkan daun teh yang langsung diseduh.

Siapkan daun teh secukupnya saja, lalu seduh daun teh tersebut hingga sedikit kental, biarkan salama kurang lebih satu malam. Ketika pagi hari, air teh tersebut bisa anda gunakan untuk membilas rambut dan kulit kepala sambil diiringi dengan pijatan halus. Lakukan perawatan ini setiap hari di rumah untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Demikian cara menguatkan akar rambut untuk mencegah terjadinya kerontokan. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...