Cara Memperluas Volume Sistem Pada Komputer

Memperluas volume sistem pada komputer Anda dapat menguntungkan Anda, ketika Anda membutuhkan ruang ekstra pada hard drive yang saat ini tengah kehabisan ruang disk. Dengan memperluas volume sistem Anda, atau partisi, komputer Anda akan mengambil ruang ekstra yang tidak digunakan oleh partisi lain, dan menerapkan ruang yang ke drive yang membutuhkan volume yang ekstra. Memperluas volume sistem Anda dapat dilakukan pada setiap komputer dengan sistem operasi Windows atau Macintosh tanpa menggunakan software tambahan. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mempelajari bagaimana Anda dapat memperpanjang volume sistem pada komputer Anda untuk membuat memori tambahan pada partisi tertentu, atau disk.

Cara Memperluas Sistem Volume pada Windows 7 dan Windows Vista

1.    Save dan back up data pada hard drive yang ingin di perluas. Meskipun data Anda tidak akan dirugikan ketika memperluas volume sistem Anda, langkah ini dapat mencegah data tidak dihapus dari komputer Anda saat mengalami masalah yang tidak berhubungan dengan prosedur.

Baca Juga:
  • Copy/salin semua data pada hard drive external atau flash drive, atau gunakan media penyimpanan lain untuk mem-back up data anda.

2.    Login ke komputer Anda menggunakan password administrator. Anda hanya dapat memperpanjang volume sistem jika Anda login ke komputer Anda sebagai administrator.

3.    Akses aplikasi Computer Management. Aplikasi Computer Management akan memungkinkan Anda untuk memanipulasi volume sistem komputer Anda.

  • Klik pada "Start" menu dalam taskbar komputer Anda dan buka "Control Panel."
  • Klik pada menu “System and Maintenance," kemudian klik menu "Administrative Tools." Nama menu akan tergantung pada versi sistem operasi Windows apa yang digunakan pada komputer Anda "System and Maintenance" mungkin juga bernama "System and Security."
  • Klik pada "Computer Management" dari daftar pilihan yang disediakan. Komputer Anda kemudian akan mengambil beberapa saat untuk memuat aplikasi.

4.    Akses konsol Management Disk.

  • Klik pada "Storage" dalam aplikasi Computer Management, kemudian buka "Disk Management." Komputer Anda kemudian akan memberikan Anda informasi sistem  volumenya.

5.     Disini anda bisa memperluas dan mengatur system volume pada disk komputer anda dengan cara :

  • Sorot drive yang ingin Anda perluas sistem volumenya, dengan mengklik pada drive tertentu di bawah kolom "Volume".
  • Klik kanan pada drive, kemudian pilih "Extend Volume." Perpanjang Volume Wizard akan muncul pada layar Anda.
  • Klik tombol "Next" untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dari wizard, kemudian masukkan jumlah megabyte (MB) Anda ingin sistem diperpanjang oleh sebelah kolom yang bertuliskan "Pilih jumlah ruang di MB."
  • Klik "Next" lagi untuk menyelesaikan proses perpanjangan volume sistem.
  • Klik pada tombol "Finish" ketika Extend Volume Wizard telah berhasil memperbesar volume sistem anda.
  • Tutup jendela Computer Management. Anda kemudian akan memiliki ruang tambahan pada partisi  courtesy sistem anda partisi lainnya di komputer yang patisinya tidak digunakan sepenuhnya.
Loading...

Loading...