Salah satu masalah yang kerap kali muncul saat bulan Puasa yaitu bau mulut. Bau mulut yang tidak sedap tentunya membuat tidak nyaman dan merasa tidak percaya diri saat bergaul dengan orang lain. Namun, anda jangan khawatir, bau mulut saat puasa bisa dicegah dengan cara mudah dan efektif. Berikut ini cara mudah dan efektif mencegah bau mulut saat puasa.

Cara-mencegah-balu-mulut-saat-puasa.jpg

Baca Juga:

Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut saat puasa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini penyebab bau mulut saat puasa yang penting untuk diketahui.

  • Di dalam mulut kita terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa makanan menjadi gas sulfur yang dapat menyebabkan bau mulut.
  • Saat berpuasa produksi saliva akan mengalami penurunan. Sehingga hal ini akan menyebabkan bakteri mudah berkembang biak dan bau mulut pun akan muncul.
  • Penyebab bau mulut pun bisa datang dari dalam tubuh seperti diabetes atau maag. ( Artikel lainnya : Tips Cerdas Merawat Tubuh Agar Tetap Cantik Selama Puasa  )

Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa yang Efektif dan Mudah

Beberapa cara bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa. Adapun cara mencegah bau mulut saat puasa adalah seperti berikut ini.

  1. Minum air putih dengan cukup atau sebanyak 8 gelas ketika sahur dan buka puasa penting untuk dilakukan. Minum air yang cukup dapat membantu anda mencegah bau mulut yang tidak sedap saat siang hari. Air putih dapat membantu meningkatkan saliva atau air liur sehingga kebersihan mulut dapat terjaga.
  2. Cara mencegah bau mulut yang satu ini memang sering kita lakukan setiap hari, yakni menggosok gigi. Saat menggosok gigi anda harus pastikan bahwa anda menggosok gigi beserta lidah dengan sempurna. Cara ini dapat membantu mengurangi bau mulut saat puasa dengan efektif. Menggosok gigi dengan baik dan benar akan membantu membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk yang menjadi penyebab bau mulut tidak sedap saat puasa.
  3. Minum teh hijau yang tidak diberikan gula baik saat sahur atau buka puasa dapat membantu mencegah bau mulut. Di dalam teh hijau terkandung polyphenol yang bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang terdapat dalam mulut, serta saluran pernafasan. Meminum teh hijau pun baik untuk peroko karena akan membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada rongga atau gangguan pernafasan.
  4. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau kurang sedap seperti petai, durian atau jengkol.
  5. Kurangi merokok atau hindari merokok baik saat sahur atau berbuka puasa. Tidak merokok dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah bau mulut saat sahur.
  6. Hindari konsumsi makanan yang memiliki tekstur lengket seperti es kirm, cokelat, biskuit dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit dibersihkan dan dapat menempel pada gigi dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan bau mulut.
  7. Untuk hasil mulut yang lebih bersih sebaiknya gunakan obat kumur.
  8. Untuk membersihkan gigi secara maksimal hingga pada sela-sela gigi, anda bisa menggunakan dental floss atau benang gigi. ( Baca juga : Tips Kulit Bebas Jerawat Selama Bulan Ramadhan)
  9. Melakukan olahraga ringan dengan teratur baik menjelang buka puasa atau sesudah buka puasa bisa anda lakukan. Selain bermanfaat untuk kesehatan, olahraga pun dapat membantu melepaskan zat-zat yang beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau mulut. Selain itu, penting untuk menghindari tidur dalam waktu yang lama karena dapat memicu munculnya bau mulut yang tidak sedap.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Loading...

Loading...