Cara Mencegah Gigi KeroposKerusakan pada gigi bisa menghampiri siapa saja tanpa mengenal batasan usia. Selain pola makan yang salah, kurangnya asupan mineral dan kalsium juga dapat menjadi penyebab timbulnya masalah dan kerusakan pada gigi. Nah, salah satu masalah gigi yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah masalah pengeroposan gigi.

Gigi keropos lebih banyak dialami bukan karena disebabkan oleh bakteri dan kuman. Namun, diakibatkan karena mineral dan kalsium dalam tubuh yang kurang tercukupi. Kasus pengeroposan gigi umumnya lebih banyak ditemukan pada anak-anak, gigi keropos disebabkan akibat banyaknya plak yang menumpuk akibat sisa makanan dan susu yang bersarang pada gigi.
Anak-anak cenderung lebih menyenangi mengkonsumsi makanan yang manis seperti permen, ice cream dan masih banyak lagi kemudian diperparah dengan kurangnya perhatian orang tua dalam menjaga kebersihan gigi anak, hal inilah yang membuat pengeroposan lebih rentan terjadi pada anak-anak, bahkan tak jarang pengeroposan ini berakhir dengan gigi berlubang.
Jika dibiarkan terus berlalu, gigi keropos akan menjadi sumber penyakit. Bukan hanya sakit gigi yang mungkin terjadi, beberapa keluhan penyakit lain mungkin tengah menanti. Untuk itu penting sekali menjaga dan memelihara kesehatan gigi agar keluhan tidak terjadi dengan gigi anak dan juga gigi anggota keluarga anda. Nah, dibawah ini ada beberapa cara untuk mencegah gigi keropos sebelum terjadi, yakni dengan melakukan perawatan non invasif yang dapat membantu proses terjadinya remineralisasi gigi.

Baca Juga:

1. Lakukan Pembersihan Gigi

Melakukan pembersihan gigi bukan hanya bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengeroposan gigi, namun juga bermanfaat untuk menangkal segala keluhan gigi. Lakukan pembersihan gigi sesuai dengan frekuensi pembersihan yang telah ditetapkan yakni dua kali dalam sehari yang bisa dilakukan saat pagi hari dan malam hari sebelum menjelang tidur untuk menghindari penumpukan plak dan kotoran sisa makanan agar tidak menumpuk di gigi yang akan menggergoti gigi dan membuatnya menjadi keropos.

2. Konsumsi Lebih Banyak Air Minum

Konsumsi air minum yang baik minimal 2 liter setiap harinya akan membantu mencegah pengeroposan gigi. Sebab cairan tubuh yang cukup akan memproduksi air liur yang baik dan membaut aliran air liur lebih banya. Hal ini berfungsi sebagai pembersihan alami untuk gigi anda dan sebagai penetral rongga mulut yang asam.

3. Gunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Penggunaan pasta gigi berfluoride akan bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya dari pengeroposan.

4. Modifikasi Pola Makan

Pengaturan frekuensi makan dapat mempegaruhi proses terjadinya karies gigi. Makanan yang dapat memicu pengeroposan gigi seperti makanan dengan kandungan karbohidrat (kentang dan camilan manis) serta minuman asam akan memerlukan waktu lebih lama untuk dapat bersih dari mulut. Untuk itu, sebaiknya sebijak mungkin lakukan pengaturan pada pola makan anda.

Demikian beberap cara untuk mencegah pengeroposan. Alangkah lebih bijak jika anda melakukan pencegahan sebelum ancaman tersebut terjadi.

Loading...

Loading...