Cara Mencegah Gigi Keropos dan Berlubang

Cara Mencegah Gigi Keropos dan Berlubang Kerusakan gigi bisa menghampiri siapa saja tanpa adanya batasan usia. Selain pola makan yang salah, kurangnya asupan mineral dan kalsiun dapat menjadi salah satu pemicunya.Salah satu kerusakan gigi yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah masalah gigi keropos.
Gigi yang keropos atau erosi gigi terjadi dan bermula dari gigi yang berlubang (caries) yang tidak segera ditangani.

Karies gigi terjadi akibat adanya ketidakseimbangan proses pelepasan mineral (deminerlisasi) dari gigi dnegan pengembalian mineral dalam gigi. Adanya hubungan sebab-akibat terjadinya karies, diidentifikasikan sebagai faktor resiko karies. Nah, berikut ini ada beberapa faktor yang dianggap sebagai pemicu karies diantaranya: 

  1. Kandungan fluor yang terdapat dalam makanan dan minuman yang berlebihan dapat berakibatkan pada fluorosis (gigi dengan bercak berwarna putih).

  2. Kurangnya atau menurunnya produksi air liur. Air liur berfungsi sebagai penertal asam dan membersihkan sisa-sisa makanan yang ada dalam mulut. Jika produksi air liur menurun maka resiko timbulnya karies akan semakin meningkat.

  3. Keadaan mulut yang kotor. Plak yang tidak dibersihkan atau sisa-sia makanan yang masih tertinggal di sela gigi akan memicu timbulnya karies pada gigi semakin mudah terjadi.

  4. Setiap kali seseorang mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan karbohidrat, maka beberapa bakteri penyebab karies di rongga mulut akan mulai memproduksi asam sehingga terjadi pelepasan mineral dari gigi yang berlangsung selama 2-30 menit setelah makan.

Nah, dengan demikian, untuk mencegah dan mengatasi agar gigi keropos dan berlubang tidak terjadi, anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini. 

1. Jagalah Kebersihan Gigi

Menjaga kebersihan gigi adalah salah satu cara paling ampuh dalam mencegah dan menghindari masalah pada gigi. Untuk menjaga kebersihan gigi anda bisa melakukannya dengan rajin menggosok gigi sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Terutama pastikan jika anda selalu menggosok gigi setelah makan dan sebelum hendak tidur. Kesehatan gigi yang terjaga akan menghindarkan gigi dari berbagai keluhan termasuk dengan bau mulut akibat sisa makanan yang menyelip pada gigi yang membusuk dan membuat aroma nafas tidak segar.

2. Berkumurlah Dengan Obat Kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur berfungsi untuk membersihkan mulut dan gigi dari bakteri yang masih disisakan oleh pasta gigi. Selain itu, membersihkan gigi menggunakan obat kumur akan membantu mencegah terbentuknya plak dan karang gigi.

3. Kurangi Konsumsi Makanan yang Dapat Menyebabkan Gigi Berlubang

Untuk menghindari sebuah penyakit salah satu cara paling efektif adalah dengan menghindari segala penyebabnya. Demikian pula dengan menegah gigi keropos dan berlubang. Hindari makanan yang dapat menyababkan gigi berlubang dan keropos seperti coklat permen dan kue serta minuman yang bersifat asam seperti soda atau jus asam.

Itulah dia beberapa mencegah gigi keropos dan berlubang. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)