Cara Mencegah Jerawat bagi Laki-Laki

Jerawat tidak saja dialami oleh perempuan, tetapi juga bisa dialami oleh laki-laki. Jerawat yang dialami perempuan dan laki-laki tidak memiliki perbedaan. Keduanya sama-sama diakibatkan oleh penumpukan minyak di dalam pori-pori kulit yang diikuti oleh bakteri akibat kelenjar sebasea yang aktif berproduksi. Nah penumpukan ini biasanya masih berbentuk kecil dan sering disebut komedo. Jika komedo ini dibiarkan, maka akan terjadi pembengkakan disekitar pori-pori karena bakteri yang berkembang. Jadi jika dibiarkan, komedo ini akan tumbuh menjadi jerawat yang sering kita ketahui ciri-cirinya berbentuk bulat, kemerahan bahkan ditengahnya tumbuh nanah putih atau kekuningan. Ada beberapa cara yang patut Anda coba agar terhindar dari jerawat. Yuk kita simak!

Pertama, rajin lah mencuci sprei, sprei bantal, dan selimut. Beberapa pria jarang sekali mengganti bajunya setelah melakukan aktifitas diluar. Bahkan beberapa pria memilih untuk tidur siang langsung tanpa mencuci muka atau mengganti pakaianya padahal ia baru saja pulang beraktifitas dari luar. Tahukah Anda bahwa banyak kuman dan bakteri yang menempel di sprei terutama bantal yang tidak hanya berasal dari baju Anda tetapi dari keringat dan debu yang berasal dari rambut. Jika Anda jarang mencuci sprei atau bantal Anda, kuman dan bakteri akan lebih mudah menempel di wajah Anda. Satu hal lagi, jangan lupa Anda mencuci kaki Anda sebelum memutuskan untuk pergi ke atas kasur. Hal ini karena banyak bakteri dan kuman yang menempel di kaki Anda. Jika Anda tidak mencuci kaki Anda, mungkin saja bakteri dan kuman menempel di guling, sprei, selimut bahkan kasur Anda.

Kedua, rajinlah mencuci helm Anda. Ya, bagi laki-laki yang sering menggunakan motor dalam melakukan aktifitasnya baik ke sekolah, kantor atau pergi jalan-jalan pasti tidak bisa dipisahkan dengan helm. Nah, karena helm sering sekali berinteraksi dengan polusi knalpot, maka jangan lupa Anda untuk sering mencuci helm. Teruatama helm yang berbentuk full face yang lebih mudah terkena bakteri karena bahanya yang lembab. Anda bisa membersihkanya sendiri atau pergi ke tempat pembersih helm.

Ketiga, kurangi bergadang. Hal ini dikarenakan, kulit butuh waktu yang cukup untuk melakukan regenerasi sel. Jika Anda sering begadang, maka Anda akan membatasi waktu kulit untuk melakukan regenerasi sel. Akibatnya regenerasi sel tidak akan berjalan dengan optimal dan produksi minyak akan semakin banyak dan menumpuk di pori-pori kulit. Akibatnya jerawat akan tumbuh dengan mudah.

Terakhir, sering berolahraga. Dengan berolahraga, pori-pori kulit Anda akan terhindar dari jerawat. Hal ini dikarenakan minyak akan terangkat dan terhindar dari penyumbatan di pori-pori kulit. Selain terhindar dari jerawat, olahraga ternyata memiliki banyak manfaatnya. Tubuh Anda akan semakin bugar dan sehat. Silahkan lakukan olahraga yang sesuai hobby Anda seperti futsal, basket, berenang, bahkan fitness. Selamat mencoba!

Loading...

Loading...

Popular Tags (2)