Beberapa wanita yang sedang hamil mengalami masalah timbulnya jerawat di wajah. Anehnya, jerawat yang dialami ibu hamil ini ternyata tidak mereka alami pada saat masih puber namun justru ada pada saat kehamilan. Situasi seperti ini sering sekali terjadi. Akibatnya ibu hamil merasa kurang percaya diri dan mengalami stress karena kulit menjadi kusam dan tidak cerah lagi. Hati-hati ya Ladies, kalo Anda memutuskan untuk menggunakan cream atau obat dari dokter untuk mengatasi jerawat, lebih baik Anda berfikir dua kali. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan yang mampu membuat kulit anda menjadi lebih sensitif dari biasanya. Salah-salah, cream dan obat dari dokter malah memicu jerawat semakin meradang. Baca Juga: Tanda-Tanda Kehamilan

Baca Juga:

Berikut ini ada beberapa tips yang patut Anda coba untuk mencegah timbulnya jerawat pada saat hamil. Simak Yuk!

  1. Rajin membersihkan kulit wajah. Meskipun saat hamil, bumil menjadi sangat malas untuk bergerak atau melakukan aktifitas, tapi jangan malas untuk membersihkan wajah ya. Karena jika Anda malas membersihakn wajah, jerawat akan lebih mudah muncul. Maka bersihkanlah wajah Anda minimal 3 kali sehari. Cucilah dengan menggunakan sabun muka atau milk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Atau sesekali Anda cuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat melauli kapas. Jangan digosok namun ditepu-tepuk saja. Begitu pula jika Anda ingin mencuci wajah dengan air dingin atau es batu. Jangan digosok namun ditepuk-tepuk saja.
  2. Banyak mengkonsumsi buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang berkhasiat menjaga kesehatan kulit wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan terhindar dari kusam. Namun, jika Anda berniat untuk mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk pil siap minum atau vitamin C sekali seduh, alangkah lebih baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan. Hal ini dikarenakan, ditakutkan kandungan vitamin C dalam pil atau minuman sachet mengandung zat-zat kimia yang berbahaya yang beresiko bagi Anda ataupun bagi si buah hati.
  3. Olahraga teratur. Berolahraga dalam konteks ini bukan berarti melakukan olahraga yang berat seperti mendayung, gulat atau basket namun berolahraga yang dikhususkan untuk ibu hamil seperti jogging atau lari pagi dan berenang. Berolahraga secara teratur dipercaya dapat mencegah tumbuhnya jerawat pada saat hamil. Karena berolahraga mampu meningkatkan sirkulasi aliran darah ke seluruh tubuh termasuk kulit sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan terhindar dari jerawat.
  4. Berfikir positif. Hal ini adalah cara yang paling penting dalam mencegah jerawat saat Anda dalam masa kehamilan. Jangan terlalu berfikir keras tentang takut akan tumbuh jerawat karena hal ini hanya akan membebani Anda. Berfikirlah positif dan bersyukur atas segala yang telah tuhan beri. Daripada terlalu mecemaskan jerawat lebih baik Anda bersykur atas kehadiran sang buang hati dan fokus pada kesehatan sang baby.
Loading...

Loading...