Dipungkiri atau tidak puasa yang dijalankan selama satu bulan penuh memberikan perubahan yang cukup besar dan signifikan pada gaya hidup seseorang. Kebiasaan menahan lapar dan haus ketika puasa serta perubahan lainnya seperti pola tidur dan aktivitas sehari-hari. Tentunya memberikan perubahan selama menjalankan ibadah puasa.

Nah, setelah puasa berakhir tentunya pola makan dan gaya hidup seseorang akan kembali seperti sebelumnya. Dengan makan tiga hari sekali dan bebas menyantap makanan apa saja yang mereka inginkan tanpa terbatas waktu. Bahkan tak sedikit orang yang justru mengakhiri ibadah puasa ini dengan seolah berusaha 'balas dendam' dengan makan banyak ketika lebaran dan setelahnya.

Baca Juga:

Akibatnya hal semacam ini akan dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Tak heran bila tubuh terasa berat dan sesak pun seringkali sulit dihindari. Lantas bagaimana mengatasi masalah semacam ini? Bisakah permasalahan semacam ini dihindari? Nah, jawabannya akan dapat anda simak dibawah ini dengan mudah dan sederhana.

Ketahui Penyebab Kenaikan Berat Badan Setelah Puasa

Menahan diri untuk tidak makan sesuka hati usai menjalankan ibadah puasa mungkin sulit untuk dilakukan. Betapa tidak, selain waktunya yang tepat dan kita diperbolehkan untuk tidak menahan lapar. Aneka makanan yang dihidangkan pada saat puasa dengan jumlah yang banyak seringkali menggoda untuk disantap.

Hal inilah yang seringkali menjadi kendala untuk kita bisa mengontrol makanan apa saja yang masuk kedalam tubuh kita. Menu khas lebaran pada umumnya adalah jenis makanan yang tinggi akan kandungan gula dan lemak. Sehingga hal inilah yang membuat kalori yang masuk kedalam tubuh menjadi berlebihan takarannya.

Belum lagi ditambah dengan waktu libur yang panjang yang membuat seseorang berada didalam rumah. Jadi tak heran bila seringnya kegiatan yang dilakukan adalah menikmati makanan yang tersedia di meja. Bahkan tak jarang, olahraga pun dilupakan dan yang ada dipikiran adalah bagaimana caranya mengosongkan perut agar makanan baru bisa masuk untuk dinikmati.

Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran

Nah, menghadapi masalah kenaikan berat badan yang besar tentu hal ini menjadi mimpi buruk untuk siapa saja. Khususnya untuk para wanita dimana kenaikan berat badan akan dapat mengurangi kecantikan penampilan. Untuknya, penting sekali mengetahui cara mencegah kenaikan berat badan usai lebaran. Dibawah ini adalah beberapa hal yang akan dapat anda simak.

Hentikan Makan Sebelum Kenyang

Salah satu cara untuk menghindari kenaikan angka berat badan setelah lebaran adalah dengan mengenali rasa kenyang anda dengan cara makan secukupnya. Hindari kebiasaan berhenti makan setelah perut kenyang. Sebab kondisi ini membuat ruang didalam perut terisi dengan sepenuhnya. Akibatnya, ketika anda kekenyangan maka anda akan cenderung malas untuk bergerak.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang makan makan dengan terus menerus mengasup makanan kedalam tubuhnya dan baru berhenti setelah ia kenyang, cenderung akan makan dalam jumlah yang berlebihan. Kondisi ini dikarenakan mereka kurang mampu dalam mengetahui kapan tubuh mereka memberikan sinyal kenyang.

Nah, untuk mencegah masalah semacam ini maka perhatikan dengan baik untuk tidak menunggu sinyal tubuh. Melainkan pegang kendali makan pada diri anda sendiri. Selain itu, makan yang cukup tidak selalu makan dengan memuaskan hasrat lapar anda sampai habis. Namun makan dengan porsi yang cukup dan perhatikan kandungan gizi dari makanan yang anda konsumsi.

Kendalikan Porsi Makan Anda

Memang tidak mudah untuk menjaga porsi makan tetap sama sebagaimana anda ketika sedang puasa. Makan berlebihan pada saat puasa mungkin tidak akan berimbas terlalu buruk sebagaimana saat anda tidak puasa.

Sebab ketika puasa, jadwal makan seseorang terbatas. Jadi mau tidak mau hal ini membuat porsi mereka makan ketika buka dan sahur meskipun terasa banyak namun bila dibandingkan dengan konsumsi makanan harian, jumlah tersebut akan jauh lebih sedikit.

Meski ada banyak godaan dari opor ayam, gulai, sambal goreng kentang, kue nastar keju dan aneka hidangan lainnya yang begitu menggoda. Namun pastikan untuk menjaga porsi makan anda. Bukan tidak boleh menyantap semua hidangan tersebut.

Namun penting untuk anda perhatikan agar tidak keasikan mengkonsumsinya dalam jumlah yang tidak terkendali. Hanya untuk mencicipi saja tentu boleh dan sah-sah saja. Yang jadi masalah adalah ketika anda mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang sesuka hati anda.

Sementara itu, untuk membantu anda mengendalikan porsi makan ini salah satu triknya adalah dengan menggunakan piring yang kecil. Terbatasnya ruang pada piring yang kecil memungkinkan anda untuk makan dalam jumlah yang lebih kecil.

Perhatikan Jenis Makanan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada umumnya jenis makanan khas yang disajikan ketika lebaran kebanyakan adalah makanan yang berlemak dan tinggi akan kandungan gula. Hal inilah yang membuat makanan lebaran ketika dikonsumsi secara berlebihan akan tentu menyebabkan masalah.

Untuknya, guna menghindari kenaikan berat badan setelah lebaran dan puasa maka perhatikan dengan baik masalah ini agar anda senantiasa memperhatikan jenis makanan anda di rumah.

Hindari mendominasi menu makanan anda dengan sajian yang berlemak dan berkalori tinggi. Bila anda ingin makan dalam porsi yang lebih besar maka pastikan sebagai besar menu yang dikonsumsi adalah makanan sehat seperti sayur dan buah yang tidak memiliki kandungan lemak dan kalori berbahaya.

Usahakan Tidur yang Cukup

Kurangnya waktu tidur yang cukup adalah salah satu pemicu kenaikan berat badan yang tinggi. Hal ini dikarenakan seseorang yang terjaga sampai larut malam akan cenderung lapar dan hal inilah yang mendorong mereka untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan berkalori dibandingkan sebelumnya.

Selain itu, penting diketahui bahwa kebiasaan kurang tidur akan dapat meningkatkan hormon penyebab rasa lapar dengan mudah. Akibatnya seseorang akan cenderung memilih makanan mereka sesuka hati mereka. Belum lagi waktu pada malam hari menyebabkan mereka tidur setelah menyantap makanan.

Sementara itu, tubuh memerlukan waktu beberapa saat untuk mengolah makanan yang dimasukkan kedalam tubuh menjadi energi. Langsung tidur setelah menyantap makan akan membuat tubuh sulit melakukan proses yang satu ini. Akibatnya, makanan yang dikonsumsi ketika malam hari malah menumpuk dan membentuk lemak yang besar didalam tubuh.

Tetap Bergerak

Waktu libur yang panjang dan masa cuti yang cukup lama setelah lebaran cenderung membuat seseorang bermalas-malasan di rumah. Mereka pun enggan untuk berolahraga dengan alasan masih suasana lebaran dan mereka ingin menikmati momen-momen ini. Dalam waktu yang bersamaan, konsumsi makanan seringkali tak terkontrol dan tidak diperhatikan dengan baik.

Akibatnya, masalah inilah yang seringkali memicu kenaikan berat badan yang besar pada seseorang. Nah, untuk alasan inilah penting sekali untuk senantiasa tidak melewatkan olahraga dan kegiatan fisik setidaknya hal ini akan memberikan anda tubuh yang bugar dan segar.

Loading...

Loading...