Mask acne atau maskne yaitu jerawat yang muncul di area wajah yang tertutup masker, seperti hidung, dagu atau pipi bagian bawah. Sama seperti jerawat lainnya, jerawat ini juga akan meninggalkan bekasnya.

Baca Juga:

Maskne itu sendiri disebabkan karena penggunaan masker terlalu lama yang menyebabkan wajah bergesekan dengan masker yang akan memicu munculnya iritasi, serta peradangan pada kulit. Karena penggunaan masker tidak dapat kita tinggalkan, maka kulit akan menjadi semakin meradang dan jerawat mudah tumbuh.

Penggunaan masker yang tidak tepat, seperti penggunaan masker berulang kali bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri.Kondisi wajah yang lembab dan berkeringat saat memakai masker bisa jadi sarana untuk bakteri dan kuman berkembang biak.

Baca juga : 

Cara-mencegah-maskne.jpg

Bagaimana Cara Mencegah Maskne?

Keberadaan maskne pada wajah tentu akan membuat anda tidak nyaman dan membuat rasa percaya diri menurun. Namun, jangan khawatir karena maskne ini bisa dicegah sehingga kulit anda akan tetap sehat dan cantik tanpa keberadaan jerawat. Yuk simak cara mencegah maskne di bawah ini.

Memakai Masker dengan Bijak

Saat ini memakai masker dianjurkan. Namun, pastikan anda menggunakan masker dengan bijak supaya tidak muncul jerawat. Jika dalam keseharian anda menggunakan masker bedah, pastikan masker tersebut tidak digunakan dengan berulang kali ataupun selama seharian. Apabila masker sudah terasa lembab, anda harus mengganti masker. Saat anda melakukan kegiatan di luar rumah, pastikan anda selalu menyediakan 2 hingga 3 masker cadangan.

Tidak hanya masker bedah, namun masker kain pun sama seperti itu. Hindari menggunakan masker kain yang telah dipakai sebelum anda mencucinya. Untuk masker kain anda bisa mencucinya dengan air panas dengan tujuan membunuh kuman yang terdapat pada masker.

Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

Setelah anda seharian menggunakan masker dan beraktivitas di luar rumah, pastikan anda membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda. Menggunakan jenis sabun yang tidak cocok dengan kulit anda justru akan memicu munculnya jerawat.

Selain itu, anda bisa memilih sabun pembersih wajah dengan kandungan ceramide untuk mencegah kulit kering dan teriritasi. Sabun dengan kandungan ini juga akan melindungi kulit bagian atas dari kerusakan. Tentunya hal ini sangat penting untuk mencegah kulit iritasi yang disebabkan karena adanya gesekan dengan masker yang anda gunakan.

Memakai Pelembab

Agar kulit wajah tetap terhidrasi dan tidak kusam, anda dapat mengoleskan pelembab pada wajah. Pastikan anda memilih pelembab dengan bahan ringan, serta tidak mengandung minyak banyak. Jika diperlukan anda bisa memilih pelembab yang dapat menyejukan dan menenangkan kondisi kulit merah akibat bergesekan dengan masker.

Memakai Tabir Surya

Selain pelembab, pastikan anda juga menggunakan tabir surya. Anda harus memakai tabir surya 15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. Gunakan tabir surya khusus untuk wajah dengan kandungan SPF 30. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hiperpigmentasi kulit yang disebabkan paparan sinar matahari. Selain itu, anda juga dapat memilih tabir surya yang mengandung titanium dan zinc. Dimana kedua kandungan ini dapat membantu mencegah iritasi kulit wajah yang disebabkan karena menggunakan masker.

Jangan Memakai Makeup Tebal

Wanita biasanya tidak bisa terlepas dari makeup. Meskipun memakai masker anda tetap bisa menggunakan makeup.  Namun, pastikan anda memakai makeup ringan. Sedangkan jika anda sedang berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan makeup. Karena makeup akan membuat pori-pori anda tersumbat dan memicu munculnya jerawat atau menjadikan jerawat makin parah.

Lihat juga : 

Itulah beberapa cara mencegah jerawat saat menggunakan masker. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Loading...

Loading...