Cara Mencegah Radang Gusi Pada Ibu Hamil Permasalah seputar gigi dan mulut sering terjadi selama masa kehamilan. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut sepanjang masa kehamilan. Hasil riset penelitian yang dilakukan oleh sebuah institusi gigi nasional di Amerika menunjukan pada tahun 2008 sekitar 18% wanita hamil mengalami gangguan gusi berupa gusi yang membengkak dan berwarna merah terang kebiruan. Pembengakakan ini ditandai pula dengan gusi yang berdarah secara spontan sewaktu ibu hamil menyikat giginya. Peradangan gusi pada masa kehamilan atau gravidarum gingivitis memang seringkali dialami oleh wanita pada periode masa kehamilannya, terutama saat memasuki bulan ke dua atau bulan ketiga dan mencapai puncaknya antara trimester kedua dan trimester ketiga, kemudian kembali mengalami penurunana saat bulan ke-9. Artikel menarik lainnya: Ibu Hamil

Meski disebut-sebut sebagai peradangan gusi pada kehamilan, namun sebenarnya kondisi peradanagn ini penyebab utamanya bukanlah disebabkan oleh kehamilan. Sama halnya pada para penderita radang gusi pada umumnya, penyebab utama timbulnya peradangan tersebut disebabkan karena adanya plak atau karang gigi. Hanya saja, yang terjadi pada ibu hamil gusi mereka cenderung lebih sensitif. Hal ini sebabkan karena adanya perubahan hormonal yang juga mempengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Dimana kondisi seperti ini akan memicu ibu hamil mengalami pendarahan gusi pada mada kehamilannya, terlebih lagi pada ibu hamil yang memiliki plak dan karang pada giginya.

Baca Juga:

Peradangan yang ditimbulkan memang tidak menimbulkan rasa sakit yang berarti, namun hal ini bukan berarti ibu hamil dapat mengabaikannya. Sebab menurut sebuah penelitian, ibu hamil yang memiliki permasalahan pada gusi atau gusi yang terinfeksi akan dapat menularkan pada janinnya melalui plasenta. Nah untuk itu, penting sekali segera mengatasi peradangan pada gusi sebelum menyebar dan dampaknya semakin parah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah peradangan pada gusi selama masa kehamilan.

  1. Rajinlah menyikat gigi minimal dilakukan dua kali dalam sehari, yakni satu kali setelah sarapan dan satu kali sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang lembut dan lakukan dengan pola melingkar sewaktu menyikat gigi usahakan agar tidak mneyakiti bagian gusi dan gigi.

  2. Bersihkan plak dan karang gigi. Pembersihan terhadap plak dan karang gigi bisa anda lakukan di dokter gigi untuk hasil yang lebih maksimal.

  3. Gunakan obat kumur untuk mencegah penimbunan plak pada permukaan gigi. Hanya saja untuk ibu hamil sebaiknya gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol atau untuk lebih amannya lagi anda bisa mengkonsultasikannya ke dokter.

  4. Kurangi konsumsi makanan yang asam dan manis sebab makanan ini dapat beresiko merusak gigi.

Demikianlah beberapa cara mencegah radang gusi pada ibu hamil.

Loading...

Loading...