Cara Mendapatkan Kembali File Overwritten (Tertimpa)

Pernahkah anda mengedit sebuah dokumen? Dan tiba-tiba ditengah-tengah paragraph anda secara tidak sengaja menghapus seluruh paragraph tersebut? Anda tentu panik jika hal ini terjadi karena tidak tahu bagaimana mengembalikan dokumen pada keadaan semula. Dan tidak ada hal lain yang lebih buruk dibandingkan saat anda harus kembali mengetik ulang. Semuanya mungkin tidak akan terasa berat jika anda masih mengingat persis isi dokumen sebelumnya.

Namun apa jadinya jika dokumen tersebut adalah dokumen penting yang harus segera diserahkan pada atasan anda sementara anda sendiri tidak persisi mengingat isi keseluruhan dari dokumen tersebut? Hah.. tentunya ini akan menjadi masalah yang besar untuk anda. Namun tenang, tidak untuk saat ini, karena kini system operasi Windows dan Mac menyediakan cara untuk bisa kembali mendapatkan editan sebelumnya. Yang artinya ini akan sangat menghemat waktu dan pikiran anda. Ingin tahu bagaiamana cara menggunakannya? berikut kami bisikan cara-caranya.

Baca Juga:

Metode 1 : Untuk Windows 8

1.    Aktifkan History file. Untuk dapat memuat versi dari file atau folder, Anda harus mengaktifkan History file terlebih dahulu, yang mengharuskan anda memiliki hard drive eksternal atau akses ke folder jaringan. Windows akan menggunakannya untuk menyimpan versi file Anda dan memungkinkan dokumen untuk pulih dari penyimpanan yang buruk dan dokumen yang tertimpa.

  • Buka Control Panel. Anda dapat menekan tombol Windows + X dan pilih Control Panel dari menu, atau ketik "Control Panel" sementara pada halaman Start dan pilih dari hasil pencarian.
  • Klik pada menu System and Security link. Menu Ini biasanya terdapat pada pilihan pertama di jendela Control Panel.
  • Klik File History link. Dalam daftar pilihan, Anda akan melihat File History. Klik link untuk membuka layar konfigurasi.
  • Aktifkan File History. Jika hard drive eksternal Anda terpasang tombol Turn On akan tersedia untuk bisa di klik. Jika Anda ingin mengubah lokasi ke drive jaringan, klik tombol Select Drive di menu sebelah kiri dan kemudian klik “Add network location”. “Add network location”.
  • Pilih apakah Anda ingin HomeGroup untuk dapat terhubung ke drive atau tidak. Jika Anda memiliki beberapa komputer di HomeGroup Anda dan Anda ingin mereka semua menyimpan backup mereka ke lokasi pusat, klik Yes, jika tidak apa-apa untuk klik No.

2.    Mengkonfirgurasi pengaturan advanced File History dengan cara klik link “Advanced settings” dibagian kiri menu.

  • Ubah dan sesuaikan berapa lama file akan digunakan dengan menggunkanan menu “Keep saved versions”. Defaultnya adalah "Forever".
  • Ubah seberapa sering salinan disimpan dengan menggunakan tombol menu “Save copies of files”. Defaultnya adalah “Every Hour”.

3.    Restore file yang dihapus atau ditimpa Arahkan ke folder di mana file atau folder telah dihapus. Pastikan bahwa tab Home dipilih.

  • Klik tombol File History. Tombol ini terletak di bagian Terbuka tab Home.
  • Gulir ke versi yang ingin Anda restore . Setelah Anda membuka jendela File History, Anda akan diberikan snapshot dari folder itu. Gunakan tombol panah di bagian bawah jendela untuk menggulir kembali ke versi sebelumnya dari folder sampai Anda menemukan file yang ingin Anda restore.
  • Klik tombol Restore berwarna biru. Tombol ini terletak di antara panah navigasi. Mengklik tombol ini akan mengembalikan file atau folder yang dipilih ke lokasi semula.

4.    Restore versi lama dari file. Jika Anda tidak sengaja menghapus sekelompok teks yang Anda sekarang tidak bisa kembali, Anda dapat mengembalikan versi lama dari file menggunakan File History.

  • Pilih file yang ingin Anda putar kembali.
  • Klik tombol File History di tab Home.
  • Gulir kembali melalui versi, periksa isi file. Untuk dokumen, File History akan menampilkan isi dari file tersebut sehingga Anda dapat dengan mudah melihat versi yang Anda ingin anda restore
  • Klik tombol Restore. Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengganti file yang saat ini tersedia.

Methode 2 : Untuk Windows 7

Arahkan ke folder yang digunakan untuk menampung file atau folder yang Anda ingin merestore. Klik kanan dan kemudian klik pada menu “Restore previous versions ". Jika folder berada di atas drive, misalnya C: \, klik kanan drive dan kemudian klik " Restore previous versions”.

  • Anda akan melihat daftar versi sebelumnya tersedia dari file atau folder. Daftar ini akan menyertakan file disimpan pada cadangan (jika Anda menggunakan Windows Backup untuk membuat cadangan file Anda) serta restore point, jika kedua jenis file tersebut tersedia.
  • Restore point yang sering diambil sehari-sehari,  jadi jika Anda mengubah file beberapa kali setelah titik pemulihan gambar diambil, perubahan tersebut tidak akan tersedia dalam menu " Restore previous versions ".
  • Untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file atau folder yang merupakan bagian dari perpustakaan, klik kanan file atau folder di lokasi menyimpan, bukan di perpustakaan. Misalnya, untuk mengembalikan versi gambar yang disertakan dalam Gambar perpustakaan tetapi disimpan dalam "My Pictures" folder, klik kanan "My Pictures" folder dan kemudian klik pada menu " Restore previous versions ".
  • Pilih versi untuk mengembalikan. Anda akan melihat daftar semua versi sebelumnya tersedia yang dapat Anda kembalikan. Pilih salah satu yang Anda inginkan dan klik tombol Restore untuk kembali ke lokasi semula.
  • Anda dapat mengklik tombol Open untuk melihat file sebelum mengembalikannya.
  • Pindahkan file target. Tarik file atau folder yang ingin Anda restore ke lokasi lain, seperti desktop atau folder lain. Versi dari file atau folder yang disimpan ke lokasi yang Anda pilih.
Loading...

Loading...