Cara Mendapatkan Kembali File yang Telah Dihapus dari USB atau Hard Drive

Kasus seperti ini biasanya banyak dialami oleh hampir sebagian besar para pengguna komputer. Biasanya para pengguna komputer akan menghapus file/ dokumen penting yang sudah tidak terpakai lagi. File/dokumen tersebut biasanya akan dikirimkan terlebih dahulu ke Recycle bin sebelum akhirnya bisa dihapus secara permanen saat anda menghapus file-file buangan di Recycle bin. Namun bagaimana jika suatu saat anda membutuhkan kembali file tersebut, sedangkan file tersebut sudah anda bersihkan darI Recycle bin. Jika sudah begini, apa yang hendak dikata anda harus merelakan file/dokumen tersebut hilang untuk selamanya. Namun tenang, hal tersebut tidak akan terjadi jika anda sudah membaca tutorial kami berikut. Karena kali ini kami akan bisikan bagaimana cara mendapatkan kembali file yang telah dihapus dari usb atau hard drive. Dan berikut adalah cara-caranya.

1.    Berhentilah menggunakan drive. Kemungkinan untuk memulihkan file anda inginkan secara signifikan jika anda terus mengakses dari data yang anda coba untuk pulihkan. Tambahkan atau hapus lebih banyak data bisa merusak data dari file yang anda hendak anda pulihkan. Untuk memaksimalkan kemungkinan tersebut, maka jangan pernah menyimpan atau mengunduh file/aplikasi/dokumen yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga:

2.    Cari program pemulihan file. Ada banyak program yang menawarkan produk untuk memulihkan file diantaranya program berbayar dan program yang gratis. Disini anda bisa menentukan untuk menggunakan salah satu program untuk memulihkan file anda. Dan apalbila anda menginginkan sebuah program yang gratis, berikut kami rekomendasikan beberapa nama programnya :

  •  Puran File Recovery
  • Glary Undelete
  • Recuva
  • Restoration

3.    Jikia memungkinkan, download salah satu program dengan versi portable atau standalone (mandiri). Jangan mendownload dari drive yang akan anda pulihkan. Biasanya, men-download versi portabel dari program pada komputer lain dan salin ke USB drive. Ini akan memastikan bahwa tidak ada data yang ditulis ke drive yang hendak dipulihkan.

  • Program portable tidak perlu diinstal, dan dapat dijalankan dari USB drive atau di lokasi lain.
  • Tidak semua program file-recovery menawarkan versi portabel.

4.    Jalankan program pemulihan file. Jika Anda memiliki program file recovery portable, masukkan drive USB di komputer yang ingin anda pulihkan, dan Run program. Jika anda telah menginstal program file recovery, maka selanjutnya Run program.

  • Kebanyakan program akan dapat pulih dari kedua hard drive dan USB drive, sehingga Anda tidak perlu men-download program terpisah untuk masing-masing.

5.     Cari pada program pemulihan di mana bisa memindai. Jika Anda mencoba untuk memulihkan file dari hard drive, pastikan bahwa Anda memiliki drive yang benar dipilih. Jika memulihkan file dari USB drive, pastikan drive dimasukkan dan kemudian pilih dari daftar.

6.    Cari pada program jenis file apa yang dicari. Tidak semua program pemulihan akan meminta untuk ini, dan tidak perlu bahkan jika mereka melakukannya, tetapi dapat mempercepat pencarian jika Anda mempersempit lapangan.

7.    Telusuri daftar file dipulihkan. Beberapa program akan memungkinkan Anda untuk melihat file yang akan dipulihkan. Carilah file yang Anda butuhkan dan ikuti instruksi khusus program tentang bagaimana untuk mengembalikannya.

  • Beberapa program akan dapat mengembalikan file ke lokasi semula.
  • Sebagian besar file tidak akan dipulihkan 100%. Hal ini karena seluruh file tidak selalu disimpan ke tempat yang sesuai pada disk, sehingga sebagian file mungkin tertimpa. Dengan demikian file yang tidak terpulihkan 100% tidak akan dapat dibuka.
Loading...

Loading...