Cara Menenangkan Pikiran Sebelum Tidur Agar Nyenyak - Ada hari dimana kita sulit tertidur padahal sudah lama berbaring di kasur. Penyebab yang paling sering terjadi yaitu karena memiliki banyak pikiran. Padahal tidur merupakan kebutuhan penting setiap orang. Tidur nyenyak dan berkualitas saat malam hari akan membuat tubuh bugar ketika esok harinya.

Baca Juga:

Hanya saja berbagai hal dapat membuat kita sulit tidur, salah satunya yaitu karena memiliki banyak pikiran atau stres. Sangat penting untuk menenangkan pikiran agar pola tidur tidak terganggu, sehingga insomnia dapat dicegah dan kesehatan tubuh tetap terjaga. Nah, berikut ini beberapa cara menenangkan pikiran sebelum tidur yang dapat anda lakukan agar tidur nyenyak dan nyaman.

Baca juga : 

Cara-Menenangkan-Pikiran-Sebelum-Tidur.jpg

Cara Menenangkan Pikiran Sebelum Tidur Agar Nyenyak

Ketika banyak pikiran biasanya kita tidak dapat fokus dalam melakukan berbagai hal, begitupun ketika hendak tidur. Pikiran yang tidak bisa tenang akan mengganggu waktu tidur. Agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak, caranya yaitu dengan menenangkan pikiran. Nah, berikut ini cara menenangkan pikiran sebelum tidur yang dapat anda coba.

Rileks

Cara menenangkan pikiran sebelum tidur yang ampuh yaitu membuat tubuh dan pikiran rileks. Cara yang dapat anda lakukan salah satunya yaitu meditasi. Dengan meditasi pikiran akan menjadi tenang. Meditasi itu sendiri merupakan latihan yang dapat dilakukan untuk membuat pikiran dan tubuh rileks. Anda bisa melakukan kegiatan ini pada suasana tenang.

Caranya yaitu silakan duduk bersila dan pusatkan pikiran anda. Kemudian ambil napas dalam-dalam, lalu keluarkan dengan perlahan. Anda bisa melakukan cara ini dengan berulang sampai merasa lebih tenang. Lakukan kegiatan ini setiap hari sebelum tidur selama satu hingga dua jam.

Mandi dengan Air Hangat

Mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat sebelum anda tidur akan dapat membantu membuat tubuh rileks. Air hangat yang anda gunakan untuk mandi akan membuat tubuh tenang dengan melepaskan hormon endorfin.

Berendam dengan menggunakan air hangat juga akan dapat membangkitkan semangat sebab aliran darah ke kulit menjadi meningkat. Terlebih lagi jika setelah selesai mandi suhu kamar anda nyaman dan sejuk maka anda akan semakin merasa ngantuk. Udara sejuk akan menurunkan suhu internal tubuh, kemudian secara otomatis akan dapat membuat anda mengantuk.

Menulis

Untuk menenangkan pikiran sebelum tidur agar tidur nyenyak, anda juga bisa menulis buku harian. Terlebih lagi jika anda sedang stres atau mengalami banyak masalah. Tidak perlu menulis buku harian panjang lebar, anda cukup mencurahkan perasaan anda yang dirasa mengganggu. Setelah menulis biasanya pikiran akan menjadi tenang.

Rutin Melakukan Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur akan menurunkan hormon kortisal, serta epinefrin dalam tubuh. Namun sebaliknya, hormon antidepresan dan hormon norepinefrin kadarnya akan meningkat. Selain itu, melakukan olahraga juga akan dapat memicu hormon endorfin dan serotonin meningkat. Sehingga cara ini termasuk salah satu cara ampuh yang akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks.

Selain itu, olahraga juga akan dapat membantu mengatasi stres yang anda alami. Anda dapat melakukan olahraga minimal dua jam sebelum tidur. Ini dilakukan supaya suhu tubuh anda bisa kembali normal. Dengan seperti itu tubuh akan menjadi rileks dan tidur akan menjadi lebih nyenyak.

Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Dengan menerapkan rutinitas sebelum tidur pikiran akan menjadi lebih tenang. Melakukan rutinitas tidur juga akan membuat tubuh menyadari bahwa aktivitas selanjutnya yaitu tidur. Oleh karena itu, melakukan rutinitas sebelum tidur menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat pikiran lebih tenang sebelum tidur, juga akan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Anda bisa melakukan rutinitas apa saja sebelum tidur seperti mendengarkan musik, membaca buku, melakukan rileksasi atau peregangan dan lain sebagainya. Lakukan rutinitas yang nyaman dan mudah dilakukan.

Membuat Jadwal Tidur dengan Teratur

Buatlah jadwal tidur yang sama dalam setiap harinya agar anda dapat tidur dengan cukup dan berkualitas. Agar mendapatkan waktu tidur yang sama dalam setiap harinya, anda dapat berhenti melakukan aktivitas 1 jam sebelum tidur. Kemudian anda dapat tidur di kamar yang suasananya nyaman dan sejuk.

Hindari gadget sebelum tidur, lalu matikan lampu kamar tidur anda. Walaupun anda merasa belum ngantuk, namun anda bisa tetap pejamkan mata. Nantinya anda akan tertidur dengan sendirinya.

Membuat Suasana Tidur Nyaman

Cara efektif lainnya yang dapat dilakukan untuk membantu menenangkan pikiran sebelum tidur yaitu dengan membuat suasana tidur yang nyaman. Anda dapat mengatur suasana kamar tidur dengan suhu udara yang tepat, menggunakan kasur yang nyaman hingga buat suasana sekitar sunyi. Dengan suasana tidur yang mendukung maka akan membuat anda menjadi lebih rileks sehingga akan mudah terlelap. Tubuh anda akan terbiasa dengan suasana kamar yang merupakan suasana ketika tidur.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang menyenangkan. Cara ini juga diketahui akan dapat mengatasi stres dan membantu menghilangkan pikiran negatif. Terapi dengan musik akan menyembuhkan masalah tidur apabila dilakukan dengan konsisten. Sebelum tidur anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan seperti suara alam, musik klasik atau insturmen.

Musik tanpa lirik akan membuat anda fokus untuk mengikuti irama dan mengatur laju nafas. Bahkan mendengarkan musik atau lagu yang liriknya positif akan membuat pola pikir anda berubah.

Mendengarkan Podcast

Menjelang tidur buat suasana kamar nyaman dengan mematikan lampu kamar. Kemudian anda dapat mencoba mendengarkan podcast dengan pembahasan hal-hal ringan. Hal ini akan mengalihkan perhatian anda dari hal-hal yang membuat stres . Selain podcast anda juga dapat mendengarkan musik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Relaksasi Otot

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk menenangkan pikiran sebelum tidur yaitu dengan relaksasi otot. Ketika berbaring di tempat tidur buatlah otot tubuh lebih rileks. Mulai dari otot jari-jari kaki, kemudian naik sampai ke ujung kepala.

Untuk melakukan cara ini anda dapat berbaring dengan nyaman di tempat tidur, kemudian arahkan fokus anda pada tiap bagian tubuh. Anda bisa merasakan setiap bagian tubuh anda yang mulai tenang ketika sedang berbaring. Dengan perlahan tubuh anda akan menjadi rileks dan siap untuk tidur.

Itulah beberapa cara menenangkan pikiran sebelum tidur yang dapat anda lakukan agar tidur nyenyak dan nyaman. Namun, jika sudah mencoba cara-cara di atas namun tetap merasa banyak pikiran, cemas hingga sulit tidur anda dapat berkonsultasi pada ahlinya. Pasalnya stres atau insomnia yang dibiarkan akan dapat berdampak buruk.

Loading...

Loading...