Melahirkan merupakan sebuah momen yang menegangkan sekaligus membahagiakan karena ketika itu anak yang selama ini dinantikan akan hadir ke dunia ini untuk menyempurnakan hidup. Klik di sini--->Persalinan Normal

Ketika sudah terlihat tanda-tanda melahirkan, ibu hamil tentunya akan merasa sangat bahagia. Segala persiapan persalinan mulai disiapkan. Namun, setelah melahirkan, justru ada beberapa masalah yang biasanya dialami oleh wanita. Dimana selain berat badan bertambah, rambut juga akan menjadi rontok. Bahkan rambut pun akan semakin rontok ketika menyusui.

Baca Juga:

Sebenarnya anda jangan merasa khawatir, karena masalah tersebut bisa dirawat dan diatasi dengan cara mudah dan alami. Nah, di bawah ini cara merawat dan mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dan ketika menyusui.

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK SETELAH MELAHIRKAN

Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok Pasca Melahirkan dan Ketika Menyusui dengan Alami dan Aman

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan dan ketika menyusui yaitu dengan melakukan diet sehat. Anda bisa melakukan diet sehat ini dengan mengkonsumsi aneka macam buah dan sayuran. Kandungan senyawa flavonoid dan antioksidan yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan atau keutuhan folikel rambut. Tidak hanya itu, kedua senyawa tersebut pun dapat membantu dalam mempercepat rambut tumbuh. Oleh sebab itu, anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan demi untuk menjaga keutuhan rambut anda.

2. Perlakukan Rambut dengan Lembut

Setelah melahirkan dan ketika menyusui, anda jangan memperlakukan rambut anda dengan kasar. Perlakukan rambut anda dengan lembut untuk menghindari trauma pada kulit kepala. Salah satu faktor penyebab rabut rontok yaitu karena adanya trauma pada kulit kepala.

3. Sisir dengan Benar

Merawat rambut setelah melahirkan yaitu menyisirnya dengan benar. Ketika rambut anda dalam keadaan basah, maka akan lebih baik jika anda menyisirnya dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Hal ini dilakukan demi menjaga agar rambut tidak tertarik keluar.

4. Lidah Buaya

Selain melakukan perawatan di atas, anda juga bisa mengatasi rambut rontok setelah melahirkan atau ketika menyusui dengan menggunakan bahan alami. Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa anda gunakan. Untuk sementara waktu, cobalah ganti shampo yang biasa anda gunakan dengan menggunakan lidah buaya. Caranya seperti anda mengggunakan shampo seperti biasa. Lalu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini sekitar dua atau tiga hari sekali. Lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut, kulit kepala dan efektif mengatasi rambut rontok.

5. Jeruk Nipis

Selain lidah buaya, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan atau ketika menyusui. Caranya yaitu, siapkan jeruk nipis secukupnya saja. Lalu potong jeruk nipis tersebut menjadi beberapa bagian. Kemudian, gosokan jeruk nipis tersebut pada kulit kepala anda dan rambut anda. Diamkan selama 15 menit agar kandungannya meresap. Lalu bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

6. Alpukat

Selain enak dikonsumsi, buah alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok ketika menyusui. Caranya yaitu, tumbuk buah alpukat secukupnya sampai benar-benar halus. Lalu aplikasikan atau gunakan buah alpukat yang sudah halus ini sebagai pengganti shampo. Bilas rambut anda sampai bersih dengan menggunakan air.

7. Jeruk Lemon dan Talur Ayam

Perasan air jeruk lemon dengan talur ayam juga efektif dalam mengatasi rambut rontok. Caranya yaitu, campur air perasan jeruk lemon dengan telur ayam. Lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit kepala atau rambut anda. Diamkan beberapa saat, lalu anda bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Itulah cara merawat atau mengatasi rambut rontok setelah melahirkan atau ketika menyusui, anda bisa memilih salah satu dari cara di atas untuk bisa diaplikasikan di rumah. Pilihlah cara yang lebih mudah dan praktis menurut anda. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...