Cara Mengatasi Gigi Keropos

Cara Mengatasi Gigi KeroposMemiliki gigi yang indah dan sehat tentu menjadi kebanggan untuk siapa saja yang memilikinya dan untuk mereka yang belum memiliki gigi seindah demikian, memiliki gigi yang indah, putih, bersih dan sehat tentunya menjadi sebuah impian yang selalu diidam-idamkan. Betapa tidak, gigi yang sehat, indah, putih dan bersih akan senantiasa membuat senyuman seseorang terlihat lebih menawan dan membuat mereka terlihat bergitu memukau dengan gigi yang berkilau. Selain itu, memiliki gigi yang putih dan bersih tentu akan membuat seseorang lebih percaya diri berdekatan dan berinteraksi dengan orang lain.

Namun, kejadian serupa tidaka akan dialami jika gigi anda mengalami keluhan seperti gigi kuning, sakit gigi atau bahkan gigi keropos.
Gigi keropos atau rapuh berkaitan dengan karies gigi. Karies gigi terjadi akibat adanya ketidakseimbangan pada proses pelepasan mineral atau yag disebut dengan deminerlisasi dari gigi dengan pengembalian mineral yang ada pada gigi. Sementara itu, faktor yang memicu timbulnya keropos pada gigi bisa dipicu akibat kandungan fluor dalam makanan dan minuman yang terlalu berlebihan, kondisi mulut dan gigi yang kotor, tumpukan bakteri dan lain sebagainya. Nah, untuk mengatasi gigi keropos yang sudah terlanjur terjadi, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda ikuti.

1. Kontrol Plak

Dengan menyikat gigi secara rutin dapat mencegah gigi dari ancaman serangan plak gigi yang akan merusak, caranya yakni dengan melalui penyikatan gigi secara teratur minimal sehari dua kali dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Adapun aturan waktu untuk menyikat gigi bisa anda lakukan dengan gosok gigi pertama dilakukan dipagi hari dan sikat gigi kedua dilakukan saat malam hari sebelum tidur. Penting sekali menggosok gigi sebelum tidur, sebab ketika tidur aliran saliva (air liur) akan terhenti dan mengurangi jumlahnya sehingga tidak tersedia kemampuan penetral air liur. Dengan demikian ketika tidak adanya plak, fluoride akan semakin efektif pada struktur gigi dan berkurangnya jumlah air liur tidak akan beresiko.

2. Berikan Fluoride

Fluoride yang terkandung pada pasta gigi terkadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan fluoride yang diperlukan oleh rongga mulut. Untuk itu, anda bisa mencukupinya dari gel, obat kumur dan varnish.

3. Lakukan Penambalan Pada Gigi yang Sudah Terlanjur Berlubang

Ketika anda mendapati gigi anda sudah terlanjur berlubang akibat keropos, maka cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penambalan gigi ke dokter.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi gigi berlubang. Gigi yang sehat, kuat dan berkilau tentu menjadi dambaan untuk siapa saja. Untuk itu, akan lebih bijak jika segera mengatasi keluhan yang terjadi pada gigi agar keluhan tersebut tidak segera parah.

Loading...

Loading...