Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Cara Mengatasi Gigi Sensitif Gigi yang sehat, kuat dan putih bersih tentu menjadi impian untuk setiap orang. Hanya saja, beberapa keluhan siap menanti jika anda tidak cermat dalam memperhatikan kesehatan gigi. Seperti salah satu masalah yang biasa dijumpai pada gigi adalah gigi yang sensitif. Gigi sensitif adalah suatu kondisi yang dapat ditemukan dalam mulut dimana gigi teramat sensitif terhadap rangsangan, perubahan suhu, makanan manis, asam dan dingin.

Pada para penderita gigi sensitif mereka akan cenderung lebih sensitif bahkan pada rangsangan raba, hal ini disebabkan karena adanya penyusutan gusi, penyakit gusi atau peradangan pada pulpa gigi.
Penyebab sensitifitas gigi pada setiap orangnya akan berbeda-beda. Hanya saja terlepas dari faktor usia, sensitivitas gigi hampir dimiliki oleh setiap orang, namun tingkatan sensitifitasnya berbeda-beda.
Dibandingkan dengan gigi biasa, para penderita gigi sensitif kerapkali harus lebih berusaha keras hanya untuk sekedar menyantap es krim atau sup panas. Nah, apabila anda adalah salah satunya, maka sebaiknya tidak meremehkan masalah ini, sebab jika tidak segera ditangani masalah ini akan menjadi lebih besar dan membuat anda semakin tersiksa. Nah, berikut ini ada beberapa obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gigi sensitif.

1. Gunakan Pasta Gigi Khusus

Untuk para penderita gigi sensitif mereka dianjurkan unutk memilih dan menggunakan pasta gigi yang khusus dibuat untuk gigi yang sensitif. Sebab produk ini umumnya memiliki kandungan khusus yang dapat mencegah tubulus dentin, sehingga saraf pada gigi tidak mudah terangsang. Cara menggunakan pasta giginya pun cukup unik, yakni dengan tidak menggunakan sikat gigi melainkan dengan meletakan pasta gigi pada ujung jari kemudian usapkan pada area gigi yang ngilu dengan sedikit ditekan dengan lembut.

2. Lakukan Flossing

Flossing adalah tindakan pembersihan gigi dari kuman dan sisa-sisa makanan setelah makan. Masalah gigi sensitif bisa juga disebabkan akibat tumpukan makanan yang tersimpan di sela gigi, dengan melakukan flossing kotoran ini akan dibersihkan hingga ke sela dengan demikian menyikat gigi akan terasa lebih mudah.

3. Gunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi akan berfungsi membersihakn kuman dan kotoran yang di sisakan oleh pasta gigi.

4. Hindari Minuman Sitrat dan Minum Soda

Minuman ini merupakan sumber penyumbang timbulnya gigi sensitif. untuk itu hindari konsumsi terhadap minuman tersebut.

5. Kunjungi Dokter Gigi

Bagaimanapun untuk mengetahui dan mengatasi dengan tepat setiap keluhan dan masalah pada gigi adalah dengan menyerahkannya pada ahli gigi. Untuk itu, lebih baik kunjungi dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Itulah dia beberapa tips alami untuk mengatasi masalah gigi sensitif, selamat mencoba.

Loading...

Loading...