Cara Mengatasi Gigi yang Hitam

Cara Mengatasi Gigi yang Hitam Terkadang, kita tidak menyadari setitik noda hitam pada gigi akibat gigi yang keropos atau yang dalam bahasa kedokteran disebut dengan gigi kares. Ketidaksadaran inilah yang membuat kita sering mengabaikan segala keluhan yang terjadi pada gigi, termasuk noda hitam pada gigi. Yang pada akhirnya noda hitam tersebut terus menggerogoti gigi indah anda dan menjadi semakin membesar.

 Nah, apabila terus-menerus dibiarkan seperti demikian, gigi yang hitam kemungkinan akan menjadi rapuh dan mudah patah. Hasilnya anda akan dibuat tidak percaya diri tampil dengan gigi yang keropos berwarna hitam. Jika sudah begini, jangankan untuk tertawa berbicara berdekatan dengan oranglain saja anda tentu akan merasa minder. Apalagi jika gigi hitam tersebut adanya dibagian depan gigi anda. Yang mana hal ini tentu saja akan membuat gigi yang hitam akan mudah terlihat dan disaksikan orang lain ketika anda membuka mulut. Warna gigi yang hitam dapat disebabkan oleh berbagai macam pemicu seperti diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat yang membuat tumpukan bakteri serta kuman yang menjadikan gigi kehilangan warna alaminya. Selain itu, konsumsi makanan terntentu juga akan berpengaruh pada pembentukan gigi berwarna hitam dan gigi berlubang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi gigi yang hitam.

1. Sikat Gigi dengan Benar

Menyikat gigi adalah salah satu kegiatan paling mudah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. untuk itu, sikatlah gigi sekurang-kurangnya dua kali dalam sehari antara pagi dan malam sebelum tidur. Namun hal yang paling penting adalah jangan melewatkan sikat gigi sebelum tidur di malam hari. Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan pada gigi. Sebab saat kita tidur aktivitas tubuh akan menjadi melemah begitupun dengan tingkat kesadaran kita yang akan menurun. Apabila gigi tidak terlebih dahulu dibersihkan maka bakteri dan sisa makanan akan lebih mudah untuk bereaksi dan lebih mudah menghancurkan gigi kita.

2. Hindari Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Berwarna

Salah satu penyebab warna hitam dan kuning pada gigi adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna sehingga membuat warna gigi menjadi memudar. Untuk itu, hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu perubahan warna gigi.

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Noda yang dapat mengakibatkan gigi menguning dan berwarna hitam dipicu karena adanya noda yang tertinggal di dalam lapisan plak atau tarter. Nah, dengan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi akan dapat membantu untuk membuang lapisan kotoran-kotoran yang tertinggal pada gigi dan permukaannya.

4. Hindari Merokok

Penyebab paling besar terhadap perubahan warna pada gigi disebabkan oleh asap rokok. Jika anda adalah seorang perokok, maka sebaiknya kurangi secara perlahan dan hindari kebiasaan merokok untuk menghindari warna hitam pada gigi.

Itulah dia beberapa cara untuk mengatasi warna hitam pada gigi.

Loading...

Loading...