Cara Mengatasi Gusi Berdarah Menjaga dan merawat gigi merupakan pekerjaan penting yang harus selalu dilakukan untuk membuat kesehatan gigi tetap terjaga secara optimal. Berbicara mengenai kesehatan gigi dan mulut, maka selalu diidentikan dengan gusi. Gusi merupakan tempat tumbuhnya gigi yang tidak luput dari gangguan seputar gusi. Banyak orang yang seringkali mengalami masalah dengan gusi diantaranya gusi yang bengkak akibat terselipnya makanan diantara gigi akibat gigi berlubang yang tersimpan pada gigi yang kemudian dikeluarkan menggunakan tusukan atau dicongkel menggunakan tusuk gigi. Namun tanpa disadari hal ini dapat mengenai gusi dan semakin memperluas penyebaran kuman dan bakteri yang berkembang yang pada akhirnya timbullah sakit gigi.

 

Baca Juga:

Umumnya masalah yang paling sering dihadapi pada para penderita sakit gigi bermula dari gusi. Permasalahan yang paling banyak menimpa gusi adalah gusi berdarah. Gusi berdarah bisa terjadi kapanpun dan dimanapun dan parahnya lagi, seringkali orang mengabaikan kondisi seperti ini. Gusi berdarah bisa diakibatkan karena beberapa faktor seperti kekeliruan sewaktu menggosok gigi, kebiasaan mencongkel kotoran pada gigi menggunakan tusuk gigi dan kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, penumpukan plak yang terus dibiarkan akan menjadi menumpuk dan mengeras yang pada akhirnya menimbulkan pendarahan pada gusi dan bahkan pada kondisi terburuk hal ini akan dapat mengakibatkan nyeri rahang dan gusi yang disebut dengan periodontitis.

Nah, bagi anda yang sudah terlanjur mengalami gusi berdarah, tak perlu khawatir cara dan tips berikut ini akan membantu anda mengatasinya. 

  • Hindari penggunaan tembakau dan hentikan kebiasaan merokok yang dapat memperparah kondisi gusi berdarah yang anda alami.

  • Jika darah terus keluar pada gusi, kontrol pendarahan dengan cara menekan bagian gusi yang berdarah dengan menggunakan kasa atau kapas dengan perlahan, hingga darah yang dikeluarkan berhenti.

  • Konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium. Kekurangan vitamin C akan mungkin memunculkan berbagai permasalahn pada mulut, untuk itu cukupi kebutuhan vitamin C dengan konsumsi makanan. Sementara itu kalsium akan membantu dalam memperbaiki kerusakan gigi yang berkelanjutan akibat cedera gusi.

  • Apabila timbulnya gusi berdarah diakibatkan sebagai dampak dari kurangnya kebutuhan vitamin dalam tubuh, maka segera cukupi kebutuhan vitamin dari tubuh anda dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta konsumsi vitamin jika diperlukan.

Hidari menyikat gigi terlalu keras, sebab hal ini akan melukai gusi dan memungkin pendarahan bisa terjadi.
Demikian beberapa cara dalam mengatasi gusi berdarah. Jangan abaikan setiap keluhan kesehatan yang terjadi dengan tubuh anda, segera atasi sebelum keluhan tersebut menjadi lebih parah.

Loading...

Loading...