Cara Mengatasi Gusi Berdarah Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Gusi Berdarah Pada Ibu Hamil Gusi berdarah merupakan salah satu tanda seseorang mengalami radang gusi atau yang juga disebut sebagai gingivitis. Gusi berdarah muncul dengan gejala berupa gusi yang berwarna kemerahan, membengkak, mudah berdarah dan terkadang disertai dengan gigi yang goyang. Area yang mengalami gingivitis ini biasanya terdapat dibagan gigi geligi dibagian depan dan sela-sela gigi. Dan tahukah anda, sebuah penelitian menunjukan bahwa 30%-100% wanita beresiko mengalami gusi berdarah pada periode kehamilannya. Wanita hamil memiliki tingkat hormon esterogen dan progesteron yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Nah, meningkatnya kedua hormon ini berakibat pada kenaiikan suplai darah pada gusi, sehingga ketika gusi mendapatkan respon penekanan yang sedikit kuat maka gusi akan menjadi lebih sensitif, sehingga mudah terjadi peradangan pada gusi.

 Radang gusi yang terjadi pada wanita hamil berupa gusi berdarah ini sebenarnya memiliki penyebab yang sama seperti yang dirasakan oleh penderita lain yang tidak sedang hamil, yakni adanya akumulasi bakteri. Kuman-kuman yang menumpuk pada gigi dan sekitarnya akan menghasilkan reaksi peradangan pada gusi sehingga gusi berdarah akan dengan mudah terjadi. Nah, sebenarnya salah satu cara paling efektif dalam mengatasi gusi berdarah dan gangguan mulut lainnya saat periode masa kehamilan adalah dengan selalu menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulutnya. Sementara untuk mengatasi gingivitis atau radang gusi yang sudah terlanjur terjadi adalah dengan melakukan cara dibawah ini.

1. Pembersihan Karang Gigi

Karang gigi atau yang disebut dengan kalkulus adalah penyebab utama timbulnya radang gusi dan gusi berdarah. Untuk mengatasi hal ini terjadi maka pembersihan terhadap karang gigi adalah cara yang paling ampuh untuk dilakukan terutama pada ibu hamil. Hanya saja, pembersihan karang gigi akan lebih baik jika dilakukan oleh ahlinya. Anda bisa mengunjungi dokter gigi untuk membersihkannya. Pembersihan karang atau plak gigi bisa dilakukan kapan saja pada periode masa kehamilan. Artikel menarik lainnya: Ibu Hamil

2. Perawatan Gigi yang Bermasalah

Segera mengatasi segala permasalahan yang terjadi pada gigi akan lebih baik dibandingkan dengan menundanya. Hanya saja, perawatan gigi yang bermasalah pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada trimester kedua periode kehamilannya.

3. Kontrol Plak dengan Menggunakan Sikat Gigi dan Rutin Melakukan Flossing

Menyikat gigi dan melakukan flossing setelah meenyikat gigi adalah metode perawatan yang harus senantiasa terus dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk membersihkan gigi dari bakteri dan sisa makanan yang terselip pada sela gigi yang dapat menimbulkan plak atau karang gigi. Dimana tumpukan plak dan karang gigi adalah sumber utama timbulnya masalah pada gigi seperti gusi berdarah.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi gusi berdarah pada ibu hamil. Penanganan segera terhadap setiap keluhan yang terjadi pada mulut dan gigi adalah hal yang bijak dilakukan sebelum menyebar dan dampaknya menjadi lebih parah.

Loading...

Loading...