Cara Mengatasi Ketombe Untuk Wanita Berjilbab Beberapa permasalahan rambut kerap kali muncul meski rambut telah diarawat dan dijaga kesehatannya. Jangankan untuk rambut yang tertutupi jilbab, untuk rambut terbuka saja, beberapa keluhan seperti rambut rontok, kusam, lepek dan ketombe kerap kali menjadi ancaman yang terus mengintai. Rasa gatal dan tidak nyaman kerap kali dirasakan oleh sebagian besar wanita yang berjilbab. Apalagi jika akar permasalahannya bukanlah ketombe.

Permasalahan seperti ini umum sekali dijumpai pada wanita yang menggunakan jilbab, sebab saat rambut tertutup, maka suhu dikepala akan menaik dan memanas, sementara itu sirkulasi udara menjadi terhambat akibat kepala yang ditutup, yang pada akhirnya udara menjadi terjebak didalam dan membuat produksi keringat menjadi tertimbun dan membuat daerah sekitaran kepala menjadi lembab. Ketika kulit kepala terasa lembab, hal ini akan semakin memudahkan ketombe untuk lebih menyebar.
Namun demikian, permasalahan ketombe tidaklah menjadi halangan untuk seorang wanita muslim menggunakan jilbab, sebab hijab atau jilbab merupakan identitas untuk wanita muslim. Sebenarnya ada berbagai cara untuk mengatasi ketombe yang dapat dilakukan oleh seluruh wanita. Mengatasi permasalahan ketombe dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari perawatan salon hingga perawatan sendiri dirumah. Nah, kali ini ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi ketombe yang bisa anda lakukan dirumah untuk anda wanita berjilbab.

Baca Juga:

1. Jangan Mengenakan Hijab Sewaktu Rambut Masih Basah

Sebaiknya setelah mencuci rambut atau berkeramas, pastikan terlebih dahulu rambut anda benar-benar kering. Rambut yang masih setengah basah kemudian langsung ditutup dengan jilbab maka hal ini akan semakin mudah memunculkan ketombe. Untuk itu, keringkan dulu rambut hingga benar-benar kering menggunakan handuk kering yang bersih. Hindari pula penggunaan mesin pengering rambut dan mesin-mesin lain yang memproduksi suhu panas, karena mesin-mesin ini hanya akan merusak rambut.

2. Rajin Mengganti Kerudung Ninja (Inner)

Umumnya wanita berjilbab selalu menggunakan kerudung ninja (inner) untuk melapisi jilbab yang dikenakannya. Nah, sebaiknya rajinlah mengganti inner ini, sebab menggunakan inner yang kotor akan merangsang datangnya jamur dan kotoran penyebab ketombe. Alhasil, ketombe akan semakin mudah berkembang dan membuat kulit kepala terasa gatal.

3. Keramas Secara Teratur

Jarang berkeramas atau terlalu sering keramas adalah hal yang tidak baik. Sebab jarang berkeramas akan membuat kotoran dikulit kepala dan rambut akan berkombinasi dengan minyak atau keringat sehingga memicu timbulnya ketombe. Sementara itu, terlalu sering keramas akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok. Untuk itu, rutinlah berkeramas sesuai waktu keramas.

Itulah dia beberapa cara merawat dan mengatasi ketombe untuk wanita berjilbab. Meski keluhan rambut muncul, hal ini bukan berarti membuat hijab anda menjadi terhalang, sebab ada begitu banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah rambut.

Loading...

Loading...