Selain jerawat, masalah yang kerap kali menimpa wajah dan membuat banyak orang geram yaitu kulit wajah berminyak dan kusam.

Dengan kulit wajah seperti itu maka penampilan seseorang bisa terhambat, bahkan ia tidak akan merasa percaya diri lagi. Bahkan ketika memakai make up pun tidak akan bertahan lama karena kandungan minyak yang berlebih tersebut.

Baca Juga:

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan berminyak. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam. Untuk mengetahuinya anda bisa simak pembahasan di bawah ini.

3.Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan alami

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak dan Kusam Dengan Bahan Alami Secara Cepat dan Tepat

1. Pisang

Selain enak dikonsumsi dan mengandung banyak vitamin, buah pisang juga ternyata dipercaya sangat efektif dalam mengatasi kulit wajah yang berminyak dan kusam. Buah pisang mengandung potasium, dimana kandungan tersebut mampu menghilangkan segala kotoran yang menempel pada wajah serta dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. Agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak dan kusam, anda bisa menggunakan buah pisang sebagai masker yang digunakan selama 2 hari sekali serta dijadikan sebagai makanan penutup.

2. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Cara memanfaatkan buah lemon untuk mengatasi kulit wajah yang kusam dan berminyak sangat mudah. Caranya yaitu, siapkan buah lemon secukupnya saja. Lalu peras airnya. Aplikasikan perasan air lemon tersebut pada wajah anda secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat. Selain jeruk lemon, anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan jeruk nipis.

3. Tomat

Buah dan sayur ini biasanya kita jadikan sebagai bumbu masakan atau dijadikan jus. Namun, selain itu ternyata tomat pun sangat bermanfaat untuk kecantikan. Buah tomat mengandung banyak vitamin C. Dimana buah berbentuk bulat dan berwarna merah ini mampu mengatasi kulit wajah yan berminyak dan kusam. Anda bisa memanfaatkan buah tomat dengan dibuat menjadi masker. Dimana cara membuat masker tomat untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak dan kusam cukup sederhana dan praktis. Anda bisa menghaluskan buah tomat dengan dicampur madu secukupnya. Lalu gunakan masker tersebut secara rutin setiap malam sebelum tidur. Namun, jika anda merasa menggunakan masker tomat terlalu susah, maka untuk cara lain anda bisa mengiris tomat, kemudian dioleskan pada seluruh wajah anda setiap malam hari dan bilas ketika pagi hari. Dengan menggunakan masker tomat ini, maka wajah bersih dan cerah akan anda dapatkan.

4. Seledri

Selama ini kita mengenal bahwa seledri sangat baik untuk merawat rambut. Namun, selain itu seledri juga sangat efektif merawat atau mengatasi kulit wajah yang berminyak, berjerawat, dan kusam. Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak dan kusam, anda bisa menjadikan seledri sebagai masker.

Siapkan seledri secukupnya lalu buat jus. Kemudian, campurkan madu secukupnya saja. Oleskan atau aplikasikan masker seledri ini pada kulit wajah anda, diamkan selama kuran lebih 30 menit. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal anda bisa meminum jus ini.

5. Kentang

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, ada salah satu bahan yang sangat efektif namun masih belum banyak digunakan yaitu kentang. Kentang memiliki kandungan vitamin E dan C, dimana kandungan tersebut mampu mengurangi minyak pada wajah. Cara menggunakannya pun sangat simple, anda hanya tinggal mengoleskan irisan kentang pada wajah anda. Diamkan selama 30 menit, lalu setelah itu bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

6. Mentimun

Sayuran yang satu ini ternyata efektif mengurangi wajah berminyak dan kusam. Untuk memanfaatkannya anda cukup memarut timun, lalu aplikasikan pada wajah anda sampai mengering. Baru setelah itu cuci wajah sampai bersih dengan air dingin.

Itulah cara mengatasi kulit wajah yang berminyak dan kusam secara alami atau tradisional. Selamat mencoba.

Loading...

Loading...