Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas yang Ampuh - Kulit wajah yang kering terjadi karena kulit kehilangan kelembabannya. Kondisi ini tentunya akan mengganggu penampilan. Jika tidak ditanangi dengan benar, akibatnya wajah akan kusam, kasar dan bersisik. Untuk mengatasi kondisi ini anda perlu melakukan perawatan yang tepat dengan menggunakan produk perawatan untuk kulit kering.

Selain itu anda juga bisa mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dengan cara alternatif lainnya, yakni dengan perawatan alami dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebelum mengetahui cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas, ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab kulit kering.

Baca Juga:

Penyebab Wajah Kering

Cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-1.jpg

Beberapa hal dapat menyebabkan kulit wajah kering. Untuk mengetahui apa saja penyebab wajah kering, anda bisa langsung simak pada pembahasan di bawah ini.

Mandi dengan Menggunakan Air Panas

Mandi terlalu lama dengan menggunakan air panas dapat menyebabkan kulit kering. Mandi dengan air panas akan menghilangkan minyak alami yang terdapat pada kulit. Dibandingkan dengan air panas, lebih baik mandi dengan menggunakan air hangat. Kemudian anda bisa mengeringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk.

Menggunakan Sabun yang Terlalu Banyak

Seperti halnya air panas, sabun juga akan dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. Terlebih lagi jika menggunakan sabun yang terlalu banyak. Sebaiknya hindari menggunakan sabun dengan pewangi tambahan. ( Baca juga : Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan )

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh, terlebih lagi sinar matahari pagi. Namun, tahukah anda ternyata sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering. Untuk mencegah efek sampingnya, anda bisa menggunakan tabir surya sebelum ke luar rumah.

Menggunakan Obat-Obatan

Jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kulit kering. Beberapa jenis obat yang dimaksud yaitu obat penurun kolesterol, obat tekanan darah tinggi, obat jerawat dan antialergi.

Menggosok Kulit

Saat mandi menggosok kulit dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Namun, kegiatan ini justru akan dapat menyebabkan kulit kering. Terlebih lagi jika anda menggunakan alat bantu seperti flanel, spon, ataupun menggunakan batu. Gesekan yang terjadi pada kulit akan dapat menyebabkan kulit kering.

Faktor Genetik

Kulit kering juga disebabkan karena faktor genetik. Jika anda memiliki jenis kulit kering, anda bisa melihat saudara-saudara kandung anda, karena bisa jadi terdapat faktor genetik yang menyebabkan kulit kering.

Usia yang Semakin Bertambah

Usia yang semakin bertambah biasanya akan mempengaruhi kelembaban kulit, dimana kelembaban kulit akan semakin berkurang. Dimana hal ini akan dapat membuat kulit menjadi kering

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-2.jpg

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, berikut ini beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang dapat anda coba.

Jangan Mandi dengan Air Panas Terlalu Lama

Setelah seharian menjalankan aktivitas, anda mungkin memilih mandi dengan menggunakan air panas dalam waktu yang cukup lama. Mandi air panas memang akan membuat anda merasa santai. Namun sebenarnya terlalu lama mandi dengan menggunakan air panas tidak baik juga untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab mandi dengan menggunakan air panas akan menyebabkan minyak terangkat lebih cepat pada kulit. Pada kulit minyak diproduksi agar kulit tetap lembab. Jika anda mandi terlalu lama dengan menggunakan air panas akan menyebabkan kulit kering.

Menggunakan Pelembab

Ketika kulit wajah anda kering, maka disarankan untuk menggunakan krim pelembab yang lebih tebal. Sebaiknya hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit anda semakin kering. Alangkah lebih baik jika anda menggunakan pelembab yang mengandung bahan yang menenangkan seperti misalkan ceramide, asam hyaluronic, urea, squalene, shea butter, lidah buaya dan oatmeal.

Cermat dalam Memilih Produk Wajah

Pembersih wajah memang salah satu hal yang dibutuhkan dalam membersihkan wajah. Dengan pembersih wajah segala kotoran yang menempel pada kulit akan terangkat. Hanya saja, tidak semua produk wajah cocok untuk setiap jenis kulit. Maka dari itu, pastikan anda menggunakan produk pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit anda. Bagi anda yang mengalami masalah kulit wajah kering, sebaiknya pilih produk pembersih wajah yang lembut, serta tanpa menggunakan pengharum. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari iritasi yang akan dapat menyebabkan kondisi wajah anda semakin kering.

Setelah mencuci wajah, anda harus segera menggunakan pelembab wajah. Alangkah lebih baik apabila anda menggunakan pelembab bentuk salep atau krim, jika dibandingkan dengan pelembab bentuk lotion.

Rawat Kulit dengan Baik

Kulit wajah yang kering dapat menyebabkan kulit mengelupas. Pengelupsan kulit tersebut bisa saja menjadi upaya bagi kulit untuk melepaskan sel kulit mati. Anda harus hati-hati dan perlakukan kulit dengan baik supaya proses pengelupasan kulit pun berjalan dengan baik.  Saat kulit anda sedang mengelupas, hindari menarik kulit dengan paksa. Pastikan pengelupasan kulit ini berlangsung dengan alami.

Olive Oil

Cara mengatasi wajah kering juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang diketahui dapat mengatasi kulit kering yaitu olive oilk. Olive oil atau kita lebih sering menyebutnya dengan minyak zaitun mengandung antioksidan yang banyak, serta asam lemak yang baik bagi kulit. Minyak zaitun akan menenangkan kulit serta dapat membantu mengatasi kulit kering. Tidak hanya pada wajah, namun seluruh tubuh anda. Simak cara mengatasi kulit wajah kering dengan minyak zaitun seperti di bawah ini.

  • Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan minyak zaitun secukupnya saja.
  • Kemudian silakan aplikasikan pada wajah anda yang kering dengan menggunakan jari.
  • Setelah itu berikan pijatan lembut dan gerakan memutar.
  • Anda dapat melakukan cara ini dengan rutin, sekitar 3 kali sehari hingga kondisi wajah anda mulai membaik.

Selain cara tersebut, anda juga bisa mengatasi kulit wajah kering menggunakan minyak zaitun dengan cara seperti berikut ini.

  • Silakan campurkan minyak zaitun dengan garam sebanyak 2 sendok makan. Aduk kedua bahan ini hingga merata.
  • Kemudian anda bisa mengaplikasikannya pada wajah agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Terakhir anda bisa membilas wajah dengan menggunakan air hingga bersih.

Madu

Selain minyak zaitun, madu juga terkenal khasiatnya untuk kesehatan kulit. Madu dipercaya sebagai pelembab alami yang dapat mengunci kelembaban kulit sehingga akan menjadikan kulit lebih lembut dan halus. Bahan alami yang satu ini cocok untuk mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Pada madu terkandung minyak, air, enzim dan fruktosa yang akan membuat kelembaban kulit tetap seimbang, serta peradangan dan infeksi akan berkurang. Nah, berikut ini cara menggunakan madu untuk mengatasi kulit wajah kering.

  • Silakan siapkan madu secukupnya saja. Kemudian sebelum anda mandi, aplikasikan madu dengan merata pada wajah anda. Lalu anda bisa memijat wajah dengan lembut.
  • Setelah itu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Lalu anda bisa membilas wajah dengan bersih.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mengatasi kulit kering dengan madu.

  • Silakan campurkan madu sebanyak 2 sendok teh dan yoghurt sebanyak 2 sendok makan. Aduk kedua bahan ini hingga tercampur merata.
  • Selanjutnya silakan aplikasikan pada wajah anda dengan merata.
  • Tunggu selama beberapa saat hingga mengering. Jika sudah kering, silakan bilas wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Lidah Buaya

Selain memiliki manfaat yang bagus untuk rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Pada lidah buaya terkandung antifungal, antiseptik, serta akan memberikan sensasi sejuk pada kulit. Gel lidah buaya ini akan dapat mengatasi kulit kering, iritasi, gatal serta mencegah kulit pecah-pecah. Untuk mengetahui cara mengatasi kulit kering dengan menggunakan gel lidah buaya, anda bisa simak di bawah ini.

  • Sediakan lidah buaya secukupnya saja. Kemudian cuci lidah buaya hingga bersih.
  • Setelah itu, silakan belah lidah buaya dan manfaatkan bagian gelnya.
  • Selanjutnya oleskan gel lidah buaya pada kulit anda yang kering dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.
  • Setelah lidah buaya kering pada wajah, anda bisa membilasnya wajah dengan menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan cara ini dengan rutin atau sekitar 2 kali sehari

Kompres Wajah dengan Menggunakan Air Dingin

Cara mengatasi wajah kering dengan menggunakan air dingin tentunya sangat mudah. Caranya yaitu dengan merendam kain bersih di dalam air dingin. Kemudian letakan kain tersebut pada kulit anda yang kering dan mengelupas. Sebaiknya hindari menggosok wajah dengan keras. Anda bisa mengompres kulit yang kering selama kurang lebih 5 hingga 10 menit.

Alpukat, Pepaya dan Pisang

Ketiga buah ini selain mengandung serat yang bermanfaat untuk pencernaan, juga memiliki manfaat yang bagus untuk kulit, terutama mengatasi kulit kering. Anda bisa mencegah kulit kering dengan menggunakan masker yang terbuat dari ketiga buah ini. Berikut ini cara membuat masker untuk mengatasi kulit kering.

  • Langkah pertama kali silakan sediakan buah alpukat, pepaya dan pisang secukupnya saja.
  • Kemudian campurkan ketiga buah ini dalam satu wadah. Aduk semua buah-buahan hingga merata. Lalu anda bisa menghaluskannya dengan cara ditumbuk.
  • Apabila buah-buahan sudah halus, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah anda yang kering. Diamkan selama sekitar 15 menit atau hingga masker benar-benar kering pada wajah.
  • Setelah kering, silakan bilas wajah anda dengan menggunakan air hangat. Agar hasilnya optimal anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Apel

Selain enak disantap dan bermanfaat untuk kesehatan, buah apel juga ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kulit. Buah apel dapat meremajakan kulit dan membuat kulit tetap sehat. Buah apel mengandung tannin dan zat kalium yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak akan mudah kering. Selain itu, buah apel juga akan menjadikan kulit tetap bercahaya.

  • Anda bisa menggunakan buah apel untuk mengatasi kulit kering dan menjadikan kulit tetap sehat. Untuk mengetahui caranya anda bisa simak di bawah ini.
  • Silakan sediakan buah apel secukupnya saja. Kemudian parut apel.
  • Hasil dari parutan buah apel tersebut dioleskan pada bagian wajah anda  yang kering. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, silakan bilas wajah anda dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Minyak Almond

Minyak almond juga diketahui bagus untuk kulit karena akan menjadikan kulit tetap sehat dan bebas kering. Selain bahan-bahan di atas, minyak almond juga efektif untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Cara memanfaatkan minyak almond untuk mengatasi kulit kering sangat mudah. Anda cukup menyiapkan minyak almond secukupnya saja. Kemudian aplikasikan atau oleskan minyak almond pada bagian kulit wajah anda yang kering. Untuk mendapatkan hasil yang optimal anda bisa menggunakan minyak almond sebelum mandi.

Eksfoliasi

Eksfoliasi dilakukan untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati pada wajah. Kulit yang kering dan mengelupas dapat disebabkan karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sehingga untuk mengangkat sel kulit mati harus melakukan eksfoliasi. Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk melakukan eksfoliasi pada kulit. Beberapa bahan alami yang biasanya digunakan di antaranya yaitu garam, gula pasir atau baking soda. Bahan alami ini akan dapat membantu mengangkat sel kulit mati dengan optimal.

Mentimun

Mentimun sejak dulu sering dijadikan sebagai bahan untuk masker wajah. Selain akan membuat kulit wajah lebih segar, mentimun juga akan menenangkan, serta membuat kulit wajah tetap dalam keadaan lembab. Untuk mengatasi wajah kering dengan menggunakan mentimun sangat mudah.

  • Anda tinggal menyiapkan mentimun secukupnya saja. Lalu cuci bersih mentimun.
  • Setelah itu, iris tipis mentimun. Kemudian anda bisa menempelkannya pada wajah anda.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Jika sudah 30 menit, anda bisa mengangkat potongan mentimun yang terdapat pada wajah anda.

Masker Oatmeal

Oatmeal memiliki tekstur kasar yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati pada kulit, sekaligus melembabkan wajah. Bagi anda yang membutuhkan masker alami sekaligus sebagai scrub, anda bisa mencoba membuat masker oatmeal. Untuk mendapatkan hasil yang optimal anda bisa mencampurkan oatmel dengan susu murni dan madu. Aduk semua bahan-bahan ini hingga merata dan berbentuk pasta. Setelah itu, silakan gosokan masker pada wajah dengan merata dan perlahan menggunakan gerakan melingkar. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Jika sudah anda bisa langsung membilas wajah hingga bersih.

Pepaya

Cara-mengatasi-kulit-wajah-kering-3.jpg

Selain memiliki khasiat yang bagus untuk pencernaan, pepaya juga dapat membantu merawat kulit kering. Buah pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang akan meningkatkan hidrasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah pepaya akan mencerahkan kulit wajah yang kusam. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal menyiapkan buah pepaya secukupnya saja. Anda bisa menghaluskannya dengan menggunakan blender atau ditumbuk. Jika sudah halus, anda bisa langsung mengaplikasikannya pada wajah anda yang kering. Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah hingga bersih. ( Lihat juga : Makanan Untuk Memutihkan Kulit )

Susu

Selain dapat membantu mencerahkan kulit, kandungan pada susu murni seperti asam laktat dan lemak dapat membantu mengangkat sel kulit mati, serta melembabkan kulit wajah. Sebagai perawatan kulit kering, pertama anda bisa menyiapkan susu murni semangkuk. Setelah itu, ambil kapas dan celupkan ke dalam susu. Selanjutnya silakan oleskan kapas yang sudah direndam di dalam susu pada wajah dengan merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir anda bisa membilas wajah sambil diberikan pijatan lembut.

Itulah beberapa perawatan untuk kulit kering dan cara mengatasi kulit wajah kering dengan alami. Perlu anda ingat, jika anda memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya jangan lakukan perawatan sembarangan. Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Loading...

Loading...