Lidah terbakar karena mengonsumsi makanan panas? Kondisi ini tentunya tidak nyaman bahkan bisa jadi membuat anda malas makan. Nah, lidah terbakar ini bisa diatasi dengan cara alami yang mudah. Berikut beberapa cara mengatasi lidah terbakar karena mengonsumsi makanan panas.

Cara-mengatasi-lidah-terbakar-makanan-panas.jpg

Baca Juga:

Cara Mengatasi Lidah Terbakar Karena Makanan Panas

Untuk pertolongan pertama, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah terbakar seperti berikut ini.

Berikan Sesuatu yang Dingin

Memberikan sesuatu yang dingin akan membantu mengurangi sensasi terbakar pada lidah karena makanan panas. Sepotong es batu bisa anda manfaatkan. Namun, selain itu anda juga dapat mengonsumsi makanan dingin yang lainnya.

Sebaiknya pilih makanan yang mudah untuk ditelan seperti frozen yoghurt atau es krim. Kemudian diamkan selama beberapa menit makanan tersebut pada mulut anda. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pembengkakan, serta agar lidah memiliki waktu agar pulih.

Minum Air Putih

Minum air putih dingin dapat anda lakukan sebagai pertolongan pertama. Dengan minum air putih dingin maka rasa panas karena lidah terbakar akan menjadi netral. Luka yang ditimbulkan karena lidah terbakar akan menyebabkan lidah kering karena kelembabannya hilang. Sehingga rasa sakit pada lidah kerap kali tidak kunjung hilang dan justru menimbulkan sariawan.

Nah, untuk membantu mengatasinya anda dapat menyediakan air putih dan rajin minum agar kondisi mulut anda tetap lembab. Jika anda merasa mulut terasa perih dan kering, maka segeralah minum air putih. Mengonsumsi minuman atau makanan panas bisa saja akan mempengaruhi kondisi tenggorokan anda. Dengan minum air putih maka rasa sakit tenggorokan anda juga akan berkurang.

Hindari Jenis Makanan Tertentu

Sensasi lidah terbakar yang anda rasakan setelah beberapa waktu akan mulai berkurang. Namun, kondisinya belum sepenuhnya pulih. Untuk menghindari kondisi semakin parah, sebaiknya anda menghindari konsumsi beberapa makanan tertentu. Sebaiknya anda hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas karena akan dapat mengiritasi mukosa mulut, rasa sakit menjadi bertambah parah, peradangan pada lidah menjadi semakin parah, serta proses pemulihan akan tertunda.

Selain makanan pedas, sebaiknya anda jauhi juga makanan yang bersifat asam seperti lemon, jeruk, nanas, cuka dan tomat. Kopi atau teh hangat juga sebaiknya anda hindari dulu.

Baca juga : 

Berkumur Menggunakan Air Garam

Berkumur dengan menggunakan air garam juga bisa anda lakukan untuk membantu meredakan luka pada mulut akibat terbakar makanan panas. Air garam tidak akan menyebabkan membran mukosa teriritasi. Cara membuatnya sangat mudah yaitu mencampurkan segelas air dengan 1 sendok teh garam, aduk hingga merata. Berkumur selama 30 detik.

Menggunakan Madu dan Susu

Bahan alami lainnya bisa anda manfaatkan untuk mengatasi lidah terbakar, seperti susu dan madu. Dengan minum susu akan melapisi lidah dan sensasi terbakar akan lebih ringan. Selain itu, madu juga memiliki efek yang sama, serta dapat membuat sirkulasi darah pada mulut meningkat untuk membantu mengatasi lidah terbakar.

Nah, dalam masa pemulihan anda sebaiknya mengonsumsi aneka makanan yang kaya akan kandungan zat besi yang dapat ditemukan pada daging, bayam dan lain sebagainya. Kandungan zat besi akan banyak memproduksi sel darah merah yang akan meregenerasi sel lidah rusak.

Konsultasi Pada Dokter

Sakit akibat lidah terbakar akan mengganggu kenyamanan. Jika cara alami tidak membantu meringankan, anda dapat berkonsultasi pada dokter apalagi jika disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti pembengkakan, demam dan kemerahan.

Itulah beberapa cara mengatasi lidah terbakar karena mengonsumsi makanan panas. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Loading...

Loading...